^ TOP BACK

Statistik Online

We have 33 guests and no members online

Pengunjung

Flag Counter

Statistik Situs

441882
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
2
205
207
440050
4951
6340
441882

Your IP: 54.92.163.188
Server Time: 2018-07-23 00:00:26

Live Traffic

Login Form

Choose Language

English French German Italian Portuguese Russian Spanish

Standar 3.1. Mahasiswa

3.1  Mahasiswa

Mahasiswa program jalur akademik (S-1, S-2, S-3), profesi (profesi, spesialis 1, spesialis 2), dan vokasi (D-1, D-2, D-3, D-4).

 

3.1.1 Jelaskan sistem rekruitmen dan seleksi calon mahasiswa baru untuk program       sarjana, magister, doktor dan/atau diploma  yang diterapkan pada institusi ini       serta ketersediaan pedoman tertulis tentang rekrutmen dan seleksi mahasiswa baru.

 

Sistem rekruitmen dan seleksi  penerimaan mahasiswa baru termuat dalam dokumen mutu  yang tertuang dalam peraturan rektor, buku pedoman, pola seleksi serta pengambilan keputusan penerimaan berdasarkan rapat panitia penerimaan mahasiswa baru yang dilaksanakan secara berkelanjutan sertamemuat unsur-unsur berikut:

                         

a.  Kebijakan Penerimaan Mahasiswa Baru.

Sistem rekrutmen dan seleksi penerimaan calon mahasiwa baru mengacu pada dokumen SPMI dengan Nomor Dokumen :UNTAG-PM-11/15 tentang Sistem Rekrutmen dan Seleksi Penerimaam Calon Mahasiswa Baruyang bisa dilihat pada website spmb.untag-smd.ac.id.antara lain :

1)  Jalur penjaringan dilakukan melalui seleksi berkas, tes tertulis,    psikotes dan tes narkoba

2)  Jalur penelusuran prestasi bidang olah raga, seni, akademik dilakukan melalui seleksi berkas,   psikotes dan tes narkoba

3)  Jalur kerjasama dilakukan berdasarkan nota kesepakatan dengan mitra

 

b.  Kriteria Penerimaan Mahasiswa Baru

Persyaratan diterimanya calon mahasiswa baru memenuhi kriterian antara lain :

1)     Lulusan dan tamatan SLTA (SMU/SMK) dan yang sederajat

2)     Khusus untuk program UPER dan ijazah Paket C,  yang dapat mendaftar dan mengikuti tes masuk apabila ijazahnya dikeluarkan oleh pemerintah dan sudah ada, bukan surat keterangan lulus

3)     Bagi Warga Negara Asing (WNA) harus mendapatkan ijin dari Dirjen Dikti

4)     Lulus ujian masuk PT

5)     Lulus psikotes

6)     Lulus Tes Narkoba

7)     Memenuhi syarat Adminitrasi

 

c.   Prosedur Penerimaan Mahasiswa Baru

Proses seleksi mahasiswa baru dilakukan melalui  beberapa tahapan seleksi yaitu seleksi berkas, tes tertulis,  psikotes dan tes narkoba.

1)      Seleksi  jalur penjaringan calon mahasiswa, merupakan sistem seleksi UNTAG 1945 Samarinda yang diharapkan mampu memprediksi kemampuan mahasiswa dalam mengikuti materi kuliah pada  program studi yang dipilih, mampu menyelesaikan kuliah tepat waktu dan memiliki kemampuan finasial yang memadai. Calon mahasiswa hanya dapat memilih satu pilihan program studi. Langkah awal dilakukan seleksi berkas, bagi yang memenuhi persyaratan dapat mengikuti tes tertulis, psikotes dan tes narkoba. Tes tertulis dan psikotes dilakukan secara terpusat, sedangkan tes narkoba dilakukan oleh lembaga yang sudah ditunjuk dan dipercaya oleh UNTAG 1945 Samarinda. Tata cara pendaftaran dapat dilihat di www.untag-smd.ac.id

2)     Jalur penelusuran prestasi bidang olah raga, seni, akademik merupakan sistem seleksi UNTAG 1945 Samarinda pada calon mahasiswa yang memiliki prestasi pada bidang olah raga, seni, akademik pada tingkat kabupaten, propinsi, regional,  nasional dan  internasional. Seleksi dilakukan melalui seleksi berkas dan setelah lulus mengikuti psikotes dan tes narkoba tanpa mengikuti tes tertulis.

 

d.  Instrumen Penerimaan Mahasiswa Baru

1)  Instrumen penerimaan mahasiswa baru terdiri dari kepanitian penerimaan mahasiswa baru yang ditetapkan dengan SK Rektor,

2)  Formulir pendaftaran mahasiswa baru (dapat diperoleh secara online maupun offline),

3)  Dokumen tes tertulis akademik,

4)  Dokumen hasil/lulus tes tertulis (online dan offline),

5)  dokumen tes narkoba,

6)  dokumen tes psikologi,

7)  Formulir pendaftaran ulang (bagi mahasiswa yang lulus).

 

e.   Sistem Pengambilan Keputusan

Sistem pengambilan keputusan didasarkan pada Surat Keputusan yang memuat tentang sistem penerimaan mahasiswa baru dan juga pengambilan keputusan dalam penerimaan mahasiswa baru, mahasiswa asing, mahasiswa pindahan dan mahasiswa pindah program studi. Pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru diawali dengan pertemuan yang dihadiri seluruh komponen pimpinan Universitas dan pimpinan Fakultas untuk membahas kebijakan yang akan diambil dalam rangka penerimaan mahasiswa baru. Hal ini dilaksanakan dalam suatu forum atau rapat yang dipimpin langsung oleh Rektor atau Wakil Rektor I bidang akademik.

 

 

3.1.2 Jelaskan kebijakan mengenai penerimaan mahasiswa yang memiliki potensi akademik dan kurang mampu secara ekonomi,  fisik, serta implementasinya.

 

Kebijakan mengenai penerimaan mahasiswa di UNTAG 1945 Samarinda yang memiliki pontensi akademik tetapi kurang mampu secara ekonomi serta cacat fisik dapat diakomodasi melalui jalur khusus. SOP penerimaan jalur khusus terdapat di dokumen SPMI dengan Nomor Dokumen : UNTAG-PM-11/19 tentang Sistem Rekrutmen dan Seleksi Penerimaam Calon Mahasiswa Baru Jalur Khusus. Antara lain sebagai berikut :

1)  Beasiswa Bidik Misi oleh dikti dimana peserta yang didaftar oleh Kepala Sekolah melalui laman : http://bidikmisi.dikti.go.id, yang menyatakan memenuhi persyaratan akan memperoleh Kode Akses Pendaftaran (KAP) dan PIN dan di sesuaikan dengan peraturan yang berlaku di PTS.

2)  Peserta yang diusulkan oleh Pejabat Pemerintah Daerah yang dinyatakan tidak mampu secara ekonomi tetapi berprestasi akdemiknya melalui Beasiswa UNTAG PEDULI KALTIM, dengan mengisi formulir pendaftaran dan melampirkan kelengkapan berkas, kemudian didasarkan oleh tim verifikasi.

3)   Khusus untuk calon mahasiswa memiliki kebutuhan khusus (kelainan/cacat fisik), UNTAG 1945 Samarinda tetap memberikan kesempatan kepada mereka untuk ikut seleksi, dan menyediakan alat bantu dan petugas khusus untuk mendampingi calon mahasiswa tersebut membacakan soal-soal dan ditempatkan pada ruangan khusus dengan pengawasan yang ketat oleh para pengawas yang telah ditetapkan oleh Rektor Untag 1945 Samarinda.

 

 

3.1.3 Jelaskan kebijakan mengenai penerimaan mahasiswa berdasarkan prinsip ekuitas (SARA-suku, agama, ras, antar golongan, gender, status sosial, dan politik).

 

 

Kebijakan mengenai mahasiswa berdasarkan prinsip ekuitas tertuang dalam panduan teknis penerimaan maba berdasarkan prinsip ekuitas melalui SK Nomor : 28/SK/2012 dan Nomor Dokumen : UNTAG-PM-11/24 tentang Sistem Rekrutmen dan Seleksi Penerimaam Calon Mahasiswa Baru Berdasarkan Prinsip Ekuitas, sebenarnya pernah dilaksanakan di UNTAG 1945 Samarinda  pada tahun 2008 menerima mahasiswa asal Timor-Timur, Ambon, Makassar  untuk menyelesaikan studinya di Untag akibat kerusuhan yang berkepanjangan. Selanjutnya Pembantu Rektor I Bidang Akademik mengeluarkan surat edaran berdasarkan SK Nomor : 28/SK/2012,  mengenai pelayanan kepada mahasiswa baru dengan baik , tanpa tekanan dan diskriminatif dalam hal perbedaan agama, suku, ras, politik dan sosial.

Selain itu, untuk pemerataan dalam jangkauan jenjang pendidikan tinggi Untag telah menyiapkan jalur UNTAG Peduli KALTIM bagi calon mahasiswa daerah tertinggal dengan melakukan pendataan seluruh sekolah untuk diundang melalui jalur UNTAG Peduli KALTIM. Jalur ini melakukan perekrutan dengan  melihat nilai hasil belajar (rapot) calon mahasiswa sejak kelas 1 SMU setiap tahunnya untuk dipertimbangkan dalam penentuan kelulusan calon mahasiswa tersebut. Begitu pula bagi mereka yang memiliki prestasi dalam olahraga dan seni minimal tingkat kabupaten akan diberi kesempatan mendaftar melalui jalur Prestasi Olahraga.

 

 

3.1.4 Jelaskan kebijakan mengenai penerimaan mahasiswa yang berdasarkan prinsip pemerataan wilayah asal mahasiswa, serta informasi mengenai jumlah provinsi asal mahasiswa.

 

 

Sistem rekrutmen dan seleksi calon mahasiswa mengacu pada Keputusan Rektor Nomor. 98b/SK/2017 tanggal 29 September 2017 dan Nomor Dokumen : UNTAG-67/SK/12tentang Peraturan Akademik untag 1945 Samarinda bahwa penerimaan mahasiswa baru program sarjana melalui 3 jalur penerimaan. Dari 3 jalur Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) undangan dan tulis yang memungkinkan calon mahasiswa dari berbagai daerah untuk melakukan pendaftarkan secara online dan offline. Sesuai dengan SK Rektor  tersebut terdiri dari :

1. Seleksi jalur undangan; seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi Akademik tanpa ujian tertulis dan. Atau keterampilan, melalui laman resmi SPMB di UNTAG 1945 Samarinda.

2.  Seleksi jalur tertulis; mekanismen seleksi masuk UNTAG1945 Samarinda melalui Ujian tertulis yang dilakukan di UNTAG1945 Samarinda.

3.   Seleksi jalur mandiri Kebijakan mengenai penerimaan mahasiswa berdasarkan prinsip pemerataan wilayah asal mahasiswa. UNTAG 1945 telah melakukan kebijakan tersebut melalui jalur mandiri yang disebut Sistem Penerimaan Berorientasi Lingkungan dengan memberikan informasi melalui surat menyurat khususnya sekolah yang terletak di daerah terpencil dalam wilayah Provinsi Kalimantan Timur. Kebijakan ini merupakan kebijakan dalam melaksanakan pemerataan wilayah asal calon mahasiswa agar dapat menempuh pendidikan di UNTAG 1945 Samarinda.

Sedangkan kebijakan  mengenai  jumlah provinsi asal mahasiswa UNTAG 1945 Samarinda memberikan kesempatan kepada seluruh sekolah yang berada di wilayah Timur Indonesia untuk mengikuti seleksi jalur mandiri yang ada di UNTAG 1945 Samarinda.

Adapun data calon mahasiswa UNTAG 1945 Samarinda berdasarkan asal wilayah pada mulai tahun 2009 dapat dilihat pada tabel berikut:

 

 

 

Tabel 3.1  Asal Daerah Mahasiswa Baru UNTAG 1945 Samarinda

 

No.

Daerah Asal

Jumlah

2013

2014

2015

2016

2017

1.

NAD

2

2

0

0

0

2.

Sumatera Utara

16

16

18

23

13

3.

Sumatera Barat

2

1

1

0

0

4.

Riau

0

1

1

1

1

5.

Jambi

0

1

2

0

0

6.

Sumatera Selatan

1

1

2

0

3

7.

Bengkulu

1

0

0

1

1

8.

Lampung

1

2

2

2

0

9.

Kep. Bangka Belitung

0

1

1

1

0

10.

Kep. Riau

1

0

0

0

0

11.

DKI Jakarta

8

7

2

2

2

12.

Jawa Barat

8

22

7

10

5

13.

Jawa Tengah

42

41

28

19

19

14.

Banten

6

2

3

3

0

15.

Jawa Timur

80

75

44

68

24

16.

D.I Yogyakarta

8

7

6

1

3

17.

Bali

1

2

0

3

1

18.

Nusa Tenggara Barat

0

5

3

2

0

19.

Nusa Tenggara Timur

8

19

15

19

8

20.

Kalimantan Barat

5

1

4

1

1

21.

Kalimantan Tengah

2

9

1

4

1

22.

Kalimantan Selatan

10

14

7

8

10

23.

Kalimantan Timur

1173

1645

1101

1243

1036

24.

Kalimantan Utara

8

16

19

7

11

25.

Sulawesi Utara

2

4

3

3

2

26.

Sulawesi Tengah

6

4

3

4

9

27.

Sulawesi Selatan

49

39

26

27

14

28.

Sulawesi Tenggara

3

6

2

5

1

29.

Gorontalo

1

1

0

1

0

30.

Sulawesi Barat

1

11

2

4

3

31

Maluku

2

0

0

1

0

32.

Maluku Utara

1

0

2

0

0

33.

Papua

1

1

0

0

0

34.

Papua Barat

0

1

0

0

0

35.

Malaysia

1

0

0

0

0

 

Jumlah

1450

1.957

1.305

1463

1.168

 

Jumlah Mahasiswa berdasarkan asal daerah mulai tahun 2014, 2015, 2016, 2017 dapat dilihat pada gambar dibawah ini:

 

 

 

 Gambar 3.1. Urutan 10 Besar Jumlah Mahasiswa Berdasarkan Asal Daerah

 

3.1.5  Profil Mahasiswa

 

Tuliskan data seluruh mahasiswa program jalur akademik (S-1, S-2, S-3), profesi (profesi, spesialis 1, spesialis 2), dan vokasi (D-1, D-2, D-3, D-4) dalam lima tahunterakhir dengan mengikuti format tabelberikut.

 

Tahun Akade-mik

Daya Tampung

Jumlah

Calon Mahasiswa

Jumlah

Mahasiswa Baru

Jumlah

Total Mahasiswa

(Student Body)

Ikut Seleksi

Lulus Seleksi

Regular bukan Transfer

Transfer(1)

Reguler bukan Transfer

Transfer(1)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

Program Akademik (S-1, S-2,S-3)

TS-4

 

1400

1321

1316

1212

107

4288

83

TS-3

 

1500

1609

1471

1371

100

5164

162

TS-2

 

2000

2138

1955

1819

136

6374

290

TS-1

 

1400

1645

1304

1255

49

6818

339

TS

 

1465

1841

1461

1408

53

7399

392

Jumlah

7765

8554

7507

7065

445

7399

392

Total Mahasiswa pada TS

NMR = 7399

NMT= 392

Catatan: TS:Tahun akademik penuh terakhir saat pengisian borang 

(1) Mahasiswa transfer adalah mahasiswa yang masuk ke institusi perguruan tinggi dengan mentransfer mata kuliah yang telah diperolehnya dari perguruan tinggi lain.

 

 

3.1.6  Jelaskan tata cara dan instrumen yang digunakan untuk mengetahui kepuasan mahasiswa terhadap layanan kemahasiswaan.

 

Tata cara dan Instrumen pengukuran kepuasan mahasiswa terhadap layanan kemahasiswaan yang digunakan oleh UNTAG 1945 Samarinda dilakukan melalui penyebaran kuesioner secara on line dan berkala pada setiap akhir semester berjalan. Sebelum kuesioner disebarkan kepada mahasiswa terlebih dahulu diuji  tingkat kesahihannya (validitas) untuk  mengukur ketepatan dan kecermatan suatu alat ukur (kuesioner)  dalam melaksanakan fungsi ukurnya: kehandalannya (reliabilitas) untuk mengukur apabila instrumen itu digunakan pada waktu yang berbeda atau berkali-kali akan menghasilkan hasil yang sama (konsisten); dan kuesioner mudah untuk dilaksanakan.

Tata cara dan instrument yang dilakukan dan digunakan untuk mengetahui kepuasan mahasiswa terhadap layanan kemahasiswaan di UNTAG 1945 samarindatelah diatur dan termuat dalam dokumen SPMI dengan Nomor Dokumen : UNTAG-PM-06/04tentang Prosedur Mutu Survey kepuasan Mahasiswa. Dan juga bisa dilihat pada website spm.untag-smd.ac.id.isi disesuaikan dengan SOP

adalah sebagai berikut :

1.     Membagikan kuesioner pada setiap pelaksanaan masukkan- masukkan yang terkait dengan pelayanan selalu dilakukan perbaikan-perbaikan

2.     Menyediakan kotak saran, sehingga masukkan-masukkan yang tekait dengan pelayanan selalu dilakukan perbaikan-perbaikan.

3.     Para Kepala Bagian (penalaran dan kesejahteraan) setiap saat melakukan wawancara secara langsung dengan mahasiswa yang mengikuti kegiatan dan melakukan pengurusan pada bagian kemahasiswaan terkait dengan kualitas pelayanan yang diterima oleh mahasiswa tersebut.

4.     Setiap kegiatan kemahasiswaan telah disediakan sistem operasional prosedur (SOP), sehingga hal ini membantu mahasiswa dalam mempersiapkan kegiatannya.

        Instrumen untuk mengukur kepuasan mahasiswa terhadap layanan kemahasiswaan diadopsi dari instrument pengukuran ‘SERVQUAL’ dari Leonard Berry ( 1990) yang terdiri 5 dimensi yaitu :

1. Keandalan

2. Jaminan/Kepastian

3. Aspek Keberwujudan (Sarana/Prasarana)

4. Empati

5. Daya Tanggap

 

 

3.1.7 Jelaskan hasil pelaksanaan pengukuran kepuasan mahasiswa menggunakan instrumen tersebut.

 

 

Pelaksanaan pengukuran kepuasan mahasiswa di UNTAG 1945 Samarinda dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa kuesioner yang telah diuji tingkat validitas dan reabilitasnya sehingga diharapkan memberikan hasil yang akurat dan komperhesip, prosedur mutu pelayanan kemahasiswaan telah diatur dan termuat dalam dokumen SPMI dengan Nomor Dokumen : UNTAG-PM-11tentang Kemahasiswaan.  Laporan tentang hasil survei kepuasan mahasiswa terhadap layanan kegiatan kemahasiswaan dianalisis dengan menggunakan metode statistika (skala likert) dan disimpulkan dengan baik. Laporan hasil kepuasan mahasiswa juga dilakukan audit mutu internal pada setiap akhir semester berjalan untuk melihat apakah pelaksanaannya sesuai dengan standar mutu yang telah ditetapkan atau tidak sebagai bahan temuan untuk rencana tindak lanjut (RTL).  Hasil RTL digunakan untuk perbaikan sistem manajemen layanan kegiatan kemahasiswaan pada peroide berikutnya

Pengukuran kepuasaan mahasiswadilakukan secara survey (dokumen SPMI dengan Nomor Dokumen : UNTAG-PM-06/04) dengan menggunakan koesioner pada setiap akhir semester secara on line dengan sampel 10 % dari jumlah mahasiswa yang meliputi pengukuran terhadap :

1.   Nilai kinerja Dosen (bisa dilihat pada dukumen SPMI : UNTAG-PM-06/05);

2.  Pelayanan kepada mahasiswa (bisa dilihat pada dukumen SPMI : UNTAG-PM-11/02sampaiUNTAG-PM-11/12; UNTAG-PM-11/14 sampaiUNTAG-PM-11/20 danUNTAG-PM-11/22sampaiUNTAG-PM-11/23);

3.  Kepuasan mahasiswa untuk softskill(bisa dilihat pada dukumen SPMI : UNTAG-PM-11/09).

 

 Hasil pengukuran tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan  dilakukan secara on line dimaksudkan agar dapat dengan mudah diakses oleh semua pemangku kepentingan sehingga mempercepat rencana tindak lanjut untuk perbaikan dan peningkatan pelayanan terhadap mahasiswa. Adapun prosedur mutu pelayanan terhadap mahasiswa yang telah diterealisasi antara lain :

 

1.   Prosedur Mutu Pelayanan Surat Ijin Kegiatan (UNTAG-PM-11/02)

2.   Prosedur Mutu Penerbitan Surat Tugas Dan Dispensasi Kuliah (UNTAG-PM-11/03)

3.   Prosedur Mutu Pelayanan Permohonan Bantuan Dana Kegiatan (UNTAG-PM-11/04)

4.   Prosedur Mutu Penyelenggaraan Kegiatan (UNTAG-PM-11/05)

5.   Prosedur Mutu Penghargaan (Nasional dan Internasional) (UNTAG-PM-11/06)

6.   Prosedur Mutu Mahasiswa Berprestasi (Seleksi) (UNTAG-PM-11/07)

7.   Prosedur Mutu Pelayanan Beasiswa (UNTAG-PM-11/08)

8.   Prosedur Mutu Pelayanan Softskill (UNTAG-PM-11/09)

9.   Prosedur Mutu Pelayanan Minat dan Bakat (UNTAG-PM-11/10)

10. Prosedur Mutu Pembuatan Kartu Mahasiswa (UNTAG-PM-11/11)

11. Prosedur Mutu Penggantian Kartu Mahasiswa (UNTAG-PM-11/12)

12. Prosedur Mutu Pelayanan Kesehatan (UNTAG-PM-11/14)

13. Prosedur Mutu Sistem Rekruitmen dan Seleksi calon Mahasiswa Baru(UNTAG-PM-11/15)

14. Prosedur Mutu Penerimaan Mahasiswa Pindahan (UNTAG-PM-11/16)

15. Prosedur Mutu Pendaftaran mahasiswa Lama (UNTAG-PM-11/17)

16. Prosedur Mutu Pendaftaran mahasiswa Baru (UNTAG-PM-11/18)

17. Prosedur Mutu Sistem Rekruitmen dan Seleksi calon Mahasiswa Baru jalur Khusus (UNTAG-PM-11/19)

18. Prosedur Mutu Evaluasi penerimaan Beasiswa Mahasiswa Baru (UNTAG-PM-11/20)

19.Prosedur MutuMotivasi Peningkatan Prestasi Mahasiswa (UNTAG-PM-11/23)

20. Prosedur Mutu Peningkatan Prestasi Non Akademik (UNTAG-PM-11/22)

 

 

3.1.8  Lengkapilah tabel berikut, untuk data pelayanan kepada mahasiswa dalam satu tahun terakhir.

 

No.

Jenis Pelayanan kepada Mahasiswa

Uraian Kegiatan

Frekuensi Pelaksanaan

Jumlah

Mahasiswa

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

1

Bimbingan dan konseling

1. Sosialisasi Konseling

2 Bln

Seluruh mahasiswa Untag melalui website dan jejaring sosial internet.

2. Bimbingan Konseling

1 Th

20 Mhs

2

Minat dan bakat (ekstra kurikuler)

1. Workshop PKM

1 Th

40 Mhs

2. Workshop PIKMA

1 Th

40 Mhs

3. Pestival Tari Borneo

1 Th

17 Mhs

4. POMNAS

1 Th

2 Mhs

3

Pembinaan soft skills

1. Workshop Kepemimpinan

1 Th

40 Mhs

2. Workshop Kewirausahaan

1 Th

40 Mhs

3. Workshop Microsoft

1 Th

1.000 mhs

4. Pelatihan Toefl

1 Th

700 Mhs

5. Pelatihan Myob Accounting

1 Th

31 Mhs

 

 

1.    Accurate

1 Th

200 Mhs

4

Beasiswa

1. PPA

1 Th

10 Mhs

2. Bidik Misi

1 Th

2 Mhs

3. Untag Peduli

1 Th

9 Mhs

4. Prestasi

1 Th

17Mhs

5. Kaltim Cemerlang

1 Th

40 Mhs

6. Bank Mandiri

1 Th

0 Mhs

7. BPM

1 Th

10 Mhs

8. Kabupaten/Kota

1 Th

40 Mhs

5

Kesehatan

1. Asuransi Kecelakaan

4 Th

Semua mhs

2. Penyuluhan Narkoba

1 Smt

Semua mhs

3. Tanggap darurat

1 Smt

40 Mhs

 

6.

Layanan Pusat Karier

1. Pelatihan Leadership

1 Th

40 Mhs

2. Pelat. Enterpreneurship

1 Th

40 Mhs

3. Pelat. Public Speaking

1 Th

40 Mhs

7.

Galeri Investasi

1. Sosialisasi Investasi PM

2 Bln

800 Mhs

2. Sekolah Pasar Modal

1 Bln

130 Mhs

3. Coaching KSPM

1 Th

130 Mhs

8.

Keagamaan

 

1. Peringatan Hari Besar Keagamaan

1 Th

1.000 Mhs

2. Kurban

1 Th

500 mhs

3. ESQ

1 Th

Seluruh Maba

 

 

 

 

 

 

 

Test Narkoba

Pelayanan Klinik

 

 

 

 

 

 

 

Acara Berbuka Puasa Bersama

Acara Halal Bi Halal

 

 

 

 

 

 

Pengajian Rutin

Penyembelihan Hewan Qurban

   

Galery Investasi

Kegiatan Pusat Karier

 

           Gambar. 3.2 Kegiatan Keagamaan

 

3.1.9  Jelaskan program layanan bimbingan karir dan informasi kerja bagi mahasiswa dan lulusan yang mencakup: (1) penyebaran informasi kerja, (2) penyelenggaraan bursa kerja, (3) perencanaan karir, (4) pelatihan melamar kerja, dan (5) layanan penempatan kerja.

 

UPT. Pelayanan Pusat Karir UNTAG 1945 Samarinda dibentuk berdasarkan surat keputusan Rektor Nomor : 34/SK/2017 Tentang Pembentukan dan Rincian Tugas Unit Pelaksanan Teknis Pengembangan Pusat Karir Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda, dengan visi yaitu berperan dalam terwujudnya lulusan yang professional, mandiri, dan berdaya saing tinggi di tingkat nasional pada tahun 2020.

Kebijakan kegiatan atau program kerja layanan pusat karier yang dilaksanakan oleh UNTAG 1945 Samarinda dilakukan secara terjadual dan direncanakan dalam rencana kegiatan dan anggara terhadap pemberian layanan bimbingan karier dan informasi kerja bagi mahasiswa serta lulusan, yang mencakup antara :

1.   Penyebaran informasi kerja :

       informasi lowongan pekerjaan baik menggunakan media sosial (fb, website, instagram dan media cetak seperti leaflet, surat kabar

2.   Penyelenggaraan bursa kerja secara berkala :

  a.  Job Expo yaitu forum yang dikemas untuk mempertemukan pencari kerja dan perusahaan pencari erja secara langsung. Dilaksanakan 3 hari dan minimal 2 kali dalam satu tahun.

b.  Bursa kerja online yaitu  bursa kerja yang dilaksanakana setiap saat selama ada perusahaan/instansi yang membutuhkan tenaga kerja untuk menjaga keberlanjutan layanan kepada mahasiswa dan alumni.

3.   Perencanaan karir

a. Career Clinic Servis/ Job Market yaitu kegiatan layaknya sebuah klinik sehingga pencari kerja dapat datang setiap saat untuk berbagai keperluan dalam mencari Informasi tentang lowongan pekerjaan serta layanan konsultasi psikologi bagi pencari kerja.

b. Interpreneurship Workshop yaitu kegiatan workshop keinterpreneuran bagi mahasiswa dan alumni sehingga mereka mempunyai bekal jiwa kemandirian dalam berusaha.

c.  Sosialisasi pengembangan karier dilakukan dengan cara tatap muka untuk menjelaskan secara detail visi misi, program kerja, target capaian dan hal-hal teknis yang akan dilakukan dalam hal pengembangan karier.

4.   Pelatihan melamar kerja

a. pelatihan public speaking yaitu pelatihan untuk membekali lulusan dengan soft competency guna mendukung keahliannya terutama dalam hal ketrampilan menjelaskan atau memaparkan gagasannya dengan baik di depan audien.

b. Pelatihan Leadership and management yaitu pelatihan untuk memberikan games-games bernuansa kepemimpinan, kebersamaan, manajemen, pengelolaan waktu dan lain-lain yang berkaitan dengan sumberdaya manusia bagi mahasiswa dan lulusan.

c. Toefl Preparation yaitu pelatikan yang ditujukan untuk meningkatkan kemampuan toefl bagi mahasiswa dan lulusan dalam rangka menghadapi dunia pasar bebas dan internasional.

5.   Layanan penempatan kerja

 Recruitment on Campus yaitu kegiatan yang bertujuan untuk menyalurkan lulusan diterima di dunia kerja secara langsung lewat kampus.

 

 

3.1.10 Jelaskan pelaksanaan program layanan bimbingan karir dan informasi kerja bagi mahasiswa dan lulusan yang mencakup: (1) penyebaran informasi kerja, (2) penyelenggaraan bursa kerja, (3) perencanaan karir, (4) pelatihan melamar kerja, dan (5) layanan penempatan kerja.

 

 

1. Sebagai tanggung jawab UNTAG 1945 Samarinda untuk menyesuaikan antara  kompetensi lukusan (kualitas SDM) dengan kebutuhan/persyaratan lapangan kerja yang tersedia, maka Untag 1945 Samarinda membentuk pusat layanan bimbingan karir dan informasi kerja bagi mahasiswa tahap akhir dan lulusan, yaitu berupa UPT. Layanan Pusat Karir melaluisurat keputusan Rektor Nomor : 34/SK/2017 Tentang Pembentukan dan Rincian Tugas Unit Pelaksanan Teknis Pengembangan Pusat Karir UNTAG 1945 Samarinda dengan berfungsi untuk memberikan layanan kepada mahasiswa tingkat akhir dan lulusan atau alumni untuk menambah keterampilan dan kompetensi yang dibutuhkan dunia kerja, sekaligus menjadi saran informasi dan wadah untuk menghubungkan lulusan dengan dunia kerja. Dalam pelaksanaan layanan informasi kerja, maka UPT. Layanan Pusat Karir secara intensif menyampaikan informasi kerja kepada alumni, dengan cara: melalui web Universitas, menyurat resmi kepada semua Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, memasang brosur pada papan pengumuman khusus, menyebarkan informasi lowongan kerja melalui pemasangan spanduk, menyebarkan informasi lowongan kerja melalui pemasangan spanduk, serta penyebaran brosur dan informasi pada semua lulusan ke instansi pemerintah mamupun perusahaan swasta setiap selesai wisuda, khususnya lulusan terbaik dari masing-masing fakultas se Untag.

2.  Pelaksanaan program layanan bimbingan karir dan informasi kerja dimaksudkan agar mahasiswa tahap akhir dan lulusan mendapatkan kemudahan dalam hal antara lain :

(a)   memperoleh informasi yang komprehensif tentang pasar kerja,

(b)   merencanakan karir yang realistik sesuai dengan kompetensi yang dimiliki,

(c)  dapat mengajukan lamaran kerja dengan baik dan benar sehingga lebih cepat diterima di dunia kerja.

Untuk melaksanakan kemudahan layanan bimbingan karir dan informasi kerja, maka UPT. Layanan Pusat Karir melaksanakan kerjasama dengan berbagai lembaga terkait (Job Offer) melalui berbagai kegiatan antara lain :

 a. Penyebaran informasi kerja baik melalui media elektronik maupun cetak;

 b. Penyelenggaraan bursa kerja secara berkala berupa Job Expo dan  bursa kerja online secara berkala;

 c. Menyelenggarakan Perencanaan karir melalui Carier Clinic Servis/Job Market, Interpreneurship Workshop, dan Sosialisasi pengembangan karir;

 d. Menyelenggarakan Pelatihan melamar kerja melalui pelatihan public speaking, Pelatihan Leadership and management, dan Toefl Preparation;

 e. Menyelenggarakan layanan penempatan kerja melalui kegiatan  Recruitment on Campus dan Walk-in Interview.

 

 

 

3.1.11  Sebutkan pencapaian prestasi mahasiswa dalam tiga tahun terakhir di bidang akademik dan non-akademik, antara lain prestasi dalam penelitian dan lomba karya ilmiah, PkM, olahraga, dan seni dalam tabel berikut.

              

 

No.

Nama Kegiatan

Waktu Penyelenggaraan

Tingkat*

Prestasi yang Dicapai

Propinsi/Wilayah

Nasional

Interna-sional

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

1

National Lecturer Series (Doddy Saleh )

2014

V

 

 

Peserta

2

National Lecturer Series (Faisal Rahman )

2014

V

 

 

Peserta

3

Workshop Penyusunan, Penulisan Proposal Program Kreativitas Mhs (2014) Doddy Saleh

2014

V

 

 

Peserta

4

Workshop Penyusunan, Penulisan Proposal Program Kreativitas Mhs (2014)

2014

V

 

 

Peserta

5

Workshop Penyusunan, Penulisan Proposal Program Kreativitas Mhs (2014)

2014

V

 

 

Peserta

6

Seminar Internasional “Development In Border Area With Leadership And Security Approach” (2014)

2014

 

 

V

Peserta

7

Kejuaraan Balap Sepeda Walikota Malang - cup Tahun 2014  ( Mochammad Fauzi Ibrahim )

2014

 

V

 

Juara III Criterium Men Youth

8

Kejuaraan  : "Cross Country Seri 1 Wilayah Indonesia Timur" Tahun 2014 ( Mochammad Fauzi Ibrahim )

2014

 

V

 

Juara III Men Beginner

9

Kejuaraan  : "Cross Country Seri 2 Wilayah Indonesia Timur" Tahun 2014 ( Mochammad Fauzi Ibrahim )

2014

 

V

 

Juara II Men Beginner

10

Kejuaraan   : "Cross Country Final " Tahub 2014 ( Mochammad Fauzi Ibrahim )

2014

 

V

 

Juara II Men Beginner

11

Funrace RC Boat Kalimantan 15 Okt 2014

2014

V

 

 

Juara III Bola Tangan Indoor Putri

12

Pekan Olahraga Propinsi (PORPROV) V Tahun 2014  ( Graschela ) Kalimantan Timur

2014

V

 

 

Juara II Bola Tangan Out Door Putri

13

Seminar Internasional “Development In Border Area With Leadership And Security Approach” (2014)

2014

 

 

V

Peserta

14

Pelatihan Ketrampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Menengah (LKMM-TM) ( 2014) Faisal Rahman

2014

 

V

 

Peserta

15

Pelatihan Ketrampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Menengah (LKMM-TM) ( 2014)

2014

 

V

 

Peserta

16

Kejuaraan Provinsi Tenis Meja  ( Awang Denny Perdana )

2014

V

 

 

Juara 1

17

Open Kejuaraan Tenis Meja PTMSI Se- Kukar ( Musli Hardadi )

2014

V

 

 

Juara 1 Ganda Putra Perorangan

18

Open Kejuaraan Tenis Meja PTMSI Se- Kukar ( Awang Denny Perdana )

2014

V

 

 

Juara 1 Ganda Putra Perorangan

19

PORPROV XIII Kaltim dan Kaltara Cabang Bola Basket ( Mohammad Sylvany Rozzak )

2014

V

 

 

Juara III Bola Basket Putra

20

PORPROV V cabang Squarsh ( Sayid Muhammad Nabil )

2014

V

 

 

Juara III

21

Kejuaraan Squarsh Se Kaltim ( Wiedly H.A Muhaling )

2014

V

 

 

Juara III  Open Putra

22

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Kopertis  ( Yustiana Tanti )

2014

V

 

 

Peserta

23

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Kopertis  ( Yustiana Tanti )

2014

V

 

 

Peserta

24

Delegasi : Seminar nasional Pengelolaan Hutan Produksi Lestari (2014)

2014

 

V

 

Peserta

25

Delegasi : Seminar Nasional Penatausahaan Hasil Hutan (2014)

2014

 

V

 

Peserta

26

Kejuaraan Hockey III 2014 (Muh. Natsir)

2014

 

V

 

Pelatih

27

Sertifikat for attending the unpires seminar on the 14th of december 2014 Jakarta

2014

 

V

 

Peserta

28

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Kopertis  ( Yustiana Tanti )

2014

V

 

 

Peserta

29

PON 2016 (Muh Natsir)

2016

 

V

 

Pelatih

30

Pengunjung Perpustakaan Teladan (Yosua AO)

2016

V

 

 

 

31

Funrace RC Boat Kalimantan 15 Okt 2014

2014

 

V

 

Juara III

32

Panitia Besar Pekan OLahraga Propinsi (PORPROV) V Kaltim 18 Nopember 2014

2014

 

V

 

Panitia

33

Kejuaraan Nasional Kockey, Jakarta 10-21 Desember 2014

2014

 

V

 

Juara II

34

Kejuaraan Nasional Hockey Jakarta 10-22 Desember 2014

2014

 

V

 

Juara

35

Kejuaraan Provinsi Kockey Tingkat Senior dan Yunior Samarinda 20-24 Agustus 2014

2014

V

 

 

Juara

36

Sukan Borneo V Wilayah Persekutuan Labuan Malaysia Labuan 2013

2014

 

 

V

Juara

37

Kejuaraan Kempo Antar Dojo Se Indonesia Timur 23-25 Mei 2014 Unhas Makasar

2014

 

V

 

Juara

38

Pekan Olahraga Propinsi (PORPROV) V Tahun 2014 Kalimantan Timur ( Awang Dendy Aidil Akbar )

2014

 

V

 

Juara III Ganda Campuran

39

Pekan Olahraga Propinsi (PORPROV) V Tahun 2014 Kalimantan Timur ( Misnadin )

2014

 

V

 

Juara II

40

Kenshi Senior High Surabaya 22-24 Agustus 2014

2014

 

 

V

Juara

41

Kejuaraan Kyuhensi Kempo Antar Remaja Piala Rektor UNIV SANATA DARMA YOGYA 2014

2014

 

V

 

Juara

42

Kejuaraan Gulat PORPROV V Samarinda ( Riandy Febrico )

2014

V

 

 

Juara 1 Emas

43

Indonesia Berdialog “Sumber Daya Alam Pilar Kekayaan Ekonomi Indonesia” 15-18 Desember 2014 Unlam Banjarmasin

2014

 

V

 

Juara

44

Diklat Character Building dan Kepemimpinan Pemuda , Samarinda Juni 2014

2014

V

 

 

Peserta

45

Karya Ilmiah 2014

2014

V

 

 

Juara II

46

Lomba Kebersihan Lingkungan 2014

2014

V

 

 

Duta Kebersihan

47

Kompetisi Bola Voli 2014

2014

V

 

 

Juara III

48

Lomba Tari Kreasi Daerah 2014

2014

V

 

 

Juara I

49

Lomba Tari Kreasi Daerah 2014

2014

V

 

 

Juara II

50

Lomba Tari Kreasi Daerah 2014

2014

V

 

 

Juara III

51

Lomba Tari Kreasi Daerah 2014

2014

V

 

 

Juara IV

52

English Speech Contest

2014

V

 

 

Juara III

53

English Speeling Contest

2014

V

 

 

Juara II

54

Lomba Menyanyi

2014

V

 

 

Juara III

55

Lomba Menyanyi

2014

V

 

 

Juara II dan III

56

Lomba Menyanyi

2014

V

 

 

Juara III

57

Panahan (Yulia Anggraini) Kejurnas Lampung

2014

 

V

 

Medali Emas

58

Gulat (Indra Ramadhani) Kejurnas Jember

2014

 

V

 

Medali Perak

59

Gulat (Iriansyah) Kejurnas Jember

2014

 

V

 

Medali Perunggu

60

Gulat (Hamka) Kejurnas Jember kelas 61 Kg

2014

 

V

 

Medali Emas

61

Gulat (Putri Melinda) Kejurnas Jember kelas 60 Kg

2014

 

V

 

Medali Emas

62

Kompetensi Kompak ( Kelompok Peningkatan Aktivitas Kerja Tahun 2014 (Ngabidin Nurcahyo)

2014

 

V

 

Juara 1

63

Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Menengah ( LKMM - TM )

2014

V

 

 

Peserta

64

Hut Provinsi Kaltim  ( Budi Dwi Prasetyo )

2014

V

 

 

Anggota Pramuka Penegak Putra Berprestasi

65

Bilyar (Maya Angraeni) Opent Banjarmasin

2014

 

V

 

Medali Perak

66

Kejuaraan Hockey III 2015 (Muh. Natsir)

2015

 

V

 

Pelatih

67

Seleksi Nasional Univesity English Championship se PTS Kaltim 6-8 Agustus 2015

2015

 

V

 

Juara III

68

Kejuaraan Federasi Hockey Indonesia Kaltim 24-28 Agustus 2015

2015

 

V

 

Juara III

69

Kejuaraan Nasional Hockey Jakarta 14-22 Nopember 2015

2015

 

V

 

Juara

70

Kejuaraan Nasional Hockey Bandung 25-29 Nopember 2015

2015

 

V

 

Juara

71

Kejuaraan Provinsi Kockey Tingkat Senior Penajam Paser Utara 20-24 Agustus 2015

2015

V

 

 

Juara

72

Dialog Nasional “Optimis Menatap MEA 2015” Surabaya

2015

 

V

 

Peserta

73

Kempo (Isna Suryani) Pra PON Bandung Kelas 45 Kg

2015

 

V

 

Medali Perak

74

Sail Tomini

2015

 

V

 

Peserta

75

Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa 2015

2015

V

 

 

Juara I

76

Turnamen Sepakbola Singapore 2015

2015

 

 

V

Juara I

77

Catur Competition 2015

2015

V

 

 

Juara III

78

Pemilu Daerah 2015

2015

V

 

 

Duta Pemilu

79

Lomba Pidato Bahasa (PORSENI) 2015

2015

V

 

 

Juara II

80

Lomba Pidato Bahasa Arab

2015

V

 

 

Juara I

81

Lomba Tari Daerah 2015

2015

V

 

 

Juara II

82

Raimuna Daerah 2015

2015

V

 

 

Peserta

83

Kempo (Muh. Cesar) Pra PON Bandung

2015

 

V

 

Medali Emas

84

Gulat (Suparanto) Pra PON Malang

2015

 

V

 

Medali Perak

85

Gulat (Aliansyah) Pra PON Malang

2015

 

V

 

Medali Emas

86

Gulat (Hamka) Pra PON Malang Kelas 60 Kg

2015

 

V

 

Medali Perunggu

87

Gulat (Putri Melinda) Pra PON Bandung kelas 60 Kg

2015

 

V

 

Medali Emas

88

Narornlumduan Games di Thailand Tahun 2015 ( Mochmammad Fauzi Ibrahim )

2015

 

 

V

Juara 1

89

Kejuaraan Bola Tangan Terbuka LBAK ( Lembaga Budaya dan Adat Kutai ) Tahun 2015 (Graschela)

2015

V

 

 

Juara 1

90

Bilyar (Maya Angraeni) Pra PON Cirebon

2015

 

V

 

Medali Perak

91

Temu Wicara Regional Wilayah X FKMTSI ( Sinta Agustina )

2015

V

 

 

Peserta

92

Temu Wicara Regional Wilayah X FKMTSI ( Okky Mardhani Gultom )

2015

V

 

 

Peserta

93

Babak Kualifikasi PON XIX Jabar cabang olahraga Squash ( Wiedly Muhaling )

2015

V

 

 

Atlet

94

Delegasi:Seminar nasional dan bakti Tani Nasional “Optimalisasi Peran Pemuda Dalam Sektor Pertanian Menuju Kemandirian Pangan dan daya Saing di Pasar Bebas. ( 2015) Doddy Saleh

2015

 

V

 

Delegasi

95

Delegasi:Seminar nasional dan bakti Tani Nasional “Optimalisasi Peran Pemuda Dalam Sektor Pertanian Menuju Kemandirian Pangan dan daya Saing di Pasar Bebas. ( 2015) Hendrikus Sosi

2015

 

V

 

Delegasi

96

Delegasi:Seminar nasional dan bakti Tani Nasional “Optimalisasi Peran Pemuda Dalam Sektor Pertanian Menuju Kemandirian Pangan dan daya Saing di Pasar Bebas. ( 2015) Faisal Rahman

2015

 

V

 

Delegasi

97

Kejuaraan Hockey III 2015 (Muh. Natsir)

2015

 

V

 

Pelatih

98

Kejurnas Bola tanan pantai Piala Bergilir Menpora Cup (Greschela)

2015

V

 

 

Juara 1

99

PON 2016 (Muh Natsir)

2016

 

V

 

Pelatih

100

Pengunjung Perpustakaan Teladan (Yosua AO)

2016

V

 

 

 

101

Borneo Science Camp 2016

2016

V

 

 

Presenter Terbaik

102

Ristekdikti Kopertis Wilayah XI ( Yustiana Tanti)

2016

V

 

 

Terbaik 2

103

Ristekdikti Kopertis Wilayah XI ( Yustiana Tanti)

2016

V

 

 

Peserta

104

PON XIX Provinsi Jawa Barat 2016 cabang Gulat ( Riandy Febrico)

2016

 

V

 

Peserta

105

Mahasiswa Berprestasi ( Yustiana Tanti )

2016

V

 

 

Juara II

106

PON XIX Provinsi Jawa Barat 2016 cabang Gulat ( Riandy Febrico)

2016

 

V

 

Peserta

107

Mahasiswa Berprestasi ( Yustiana Tanti )

2016

V

 

 

Juara II

108

Untag 1945 Smd Desain Bangunan Vertikal Garden ( Wahyu Mai Aji )

2016

V

 

 

Juara 1

109

Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat , Lomba Desain Vertical Garden ( Wahyu Mai Aji )

2016

V

 

 

Juara 1 Desain Vertical Garden

110

Untag 1945 Smd Desain Bangunan Vertikal Garden ( Sayid Muhammad Nabil )

2016

V

 

 

Juara 1 Desain Vertical Garden

111

Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat , Lomba Desain Vertical Garden ( Sayid Muhammad Nabil )

2016

V

 

 

Juara 1 Desain Vertical Garden

112

PON 2016 (Muh Natsir)

2016

 

V

 

Pelatih

113

Pengunjung Perpustakaan Teladan (Yosua AO)

2016

V

 

 

 

114

Mahasiswa Berprestasi KOPERTIS ( Yustiana Tanti )

2016

V

 

 

Juara II

115

Pekan Jurnalistik Politeknik Negeri Samarinda Tahun 2017 ( Ana Maria )

2017

V

 

 

Juara 1

116

Kejuaraan Nasional Cabang Olahraga Petanque Tahun 2017 (Nuraina Rahmarida)

2017

 

V

 

Juara 1 Beregu Putri

117

Lomba Debat Kostitusi MPR RI Tahun 2017 ( Fidelius Tomi Christian Pakalla )

2017

 

V

 

Juara III

118

Lomba Debat Konstitusi MPR RI Tahun 2017 ( Basse Murni )

2017

 

V

 

Juara III

119

The Beginning of Journalist tahun 2017 ( Ana Maria )

2017

V

 

 

Juara 1

120

English Speech Competition Tahun 2017 ( Ana Maria )

2017

V

 

 

Juara III

121

Pra Porprov VI Petanque Tahun 2017 ( Nur' Aina R. Rida )

2017

V

 

 

Single Women Juara II

122

Pra Porprov VI Petanque Tahun 2017 ( Nur' Aina R. Rida )

2017

V

 

 

Juara II Triple Mix 2 Putra 1 putri

123

Pra Porprov VI Petanque Tahun 2017 ( Nur' Aina R. Rida )

2017

V

 

 

Juara III Triple Woman

124

Juara II Lomba Parade Cinta Tanah Air Tingkat Provinsi Kalimantan Timur (Darmawan)

2017

V

 

 

Juara II

125

Juara II Lomba Parade Cinta Tanah Air Tingkat Provinsi Kalimantan Timur ( Wirawan Ivan Vito)

2017

V

 

 

Juara II

126

Parade Cinta Tanah Air Provinsi Kalimantan Timur ( Aditya Pratama Putra )

2017

V

 

 

Peserta

127

Parade Cinta Tanah Air Provinsi Kalimantan Timur ( Seloucus Gedzbal Patasik)

2017

V

 

 

Peserta

128

Parade Cinta Tanah Air Tingkat Provinsi Kalimantan Timur ( Iin Andriani )

2017

V

 

 

Peserta

129

Parade Cinta Tanah Air Tingkat Provinsi Kalimantan Timur ( Basse Murni)

2017

V

 

 

Peserta

130

Parade Cinta Tanah Air Tingkat Provinsi Kalimantan Timur ( Berlian Dwi Wahyuono )

2017

V

 

 

Peserta

131

Turnament 2017 Pu Badminton Open Juara II ( Andy Aditya Wijaya)

2017

V

 

 

Juara II

132

Turament 2017 Pu Badminton Open Juara II ( Aliev Cahaya Utama )

2017

V

 

 

Juara II

133

Mulawarman Badminton Cup 2017 Juara 2 ( Dela Sari )

2017

V

 

 

Juara II ( Ganda Campuran )

134

Mulawarman Badminton Cup 2017 Juara 2 ( Andy Aditya Wijaya )

2017

V

 

 

Juara II ( Ganda Campuran )

135

Mulawarman Badminton Cup 2017 Juara 1 ( Aliev Cahaya Utama )

2017

V

 

 

Juara1 ( Ganda Campuran )

136

Mulawarman Badminton Cup 2017 Juara 1 ( Andi Aditya Wijaya )

2017

V

 

 

Juara 1 Ganda Putra

137

Lomba PKM Kewirausahaan Dikti (Asman Mansyur)

2017

 

V

 

Pendanaan Dari DIKTI

138

Pemilihan Duta Generasi Berencana( Genre )

2017

V

 

 

Juara Harapan 2

139

Hari Anti Narkotika Internasional

2017

V

 

 

Juara 1

140

Kompetisi Debat ”Know Drugs = No Drugs”

2017

V

 

 

Juara 1

141

Lomba Senam

2017

 

 

 

Juara Harapan 2

142

National University Debating Championship (NUDC) ( Maria Angelika Pradaniputri )

2017

V

 

 

Peserta

143

Lomba Debat Konstitusi MPR RI Tahun 2017 ( Fidelius Tomi Christian Pakalla)

2017

 

V

 

Juara III

144

National University Debating Championship (NUDC) ( David Moza Saroinsong )semifinal

2017

V

 

 

Peserta semifinal

145

National University Debating Championship (NUDC) ( Maria Angelika Pradaniputri ) semifinal

2017

V

 

 

Peserta Semifinal

146

National University Debating Championship (NUDC) ( Humber Abdulah )

2017

V

 

 

Peserta semifinal

147

National University Debating Championship (NUDC) (David Moza Saroinsong )

2017

V

 

 

Juara 1

148

National University Debating Championship (NUDC) ( Humber Abdulah)

2017

V

 

 

Juara 1

149

National University Debating Championship (NUDC) ( Maria Angelika Pradaniputri )

2017

V

 

 

Juara 1

150

National University Debating Championship (NUDC) ( Widia Ernandha Dewi )

2017

V

 

 

Peserta

151

National University Debating Championship (NUDC) ( Siti Raudah Oktaviani )

2017

V

 

 

Peserta

152

National University Debating Championship (NUDC) ( Muhammad Apri Ramzani)

2017

V

 

 

Peserta

153

National University Debating Championship (NUDC) ( George Louis David Lento )

2017

V

 

 

Peserta

154

National University Debating Championship (NUDC) ( David Moza Saroinsong )

2017

V

 

 

Peserta

155

National University Debating Championship (NUDC) ( Humber Abdulah )

2017

V

 

 

Peserta

156

Ristekdikti Kopertis Wilayah XI ( Fricilia Okvianti Abdi )

2017

V

 

 

Terbaik 5

157

Ristekdikti Kopertis Wilayah XI ( Fricilia Okvianti Abdi )

2017

V

 

 

Peserta

Jumlah

NA=97

NB=54

NC=6

 

Catatan: Beri tanda √ pada kolom yang sesuai

 

3.1.12  Jelaskan upaya institusi untuk meningkatkan prestasi mahasiswa dalam bidang akademik dan non-akademik, antara lain prestasi dalam penelitian dan lomba karya ilmiah, PkM, olahraga, dan seni.  

 

 

Peningkatkan prestasi mahasiswa dalam bidang akademik dan non akademik secara keseluruhan menjadi tanggung jawab Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan dan kerjasama bersama para Wakil Dekan III setiap fakultas dan dibantu oleh Kepala Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan melalui Kabag Kemahasiswaan. Program  Peningkatan prestasi mahasiswa di bidang akademik dan non-akademik dituangkan  dalam Rencana Strategis (Renstra) Bidang kemahasiswaan yang pelaksanaannya secara terstruktur terdapat dalam RKAT.

Program peningkatan prestasi dilakukan  secara rutin baik melalui oleh universitas dan fakultas antara lain melalui :

(1).  Bimbingan Peningkatan Prestasi

        Pelaksanaan bimbingan peningkatan prestasi bidang akademik dilakukan  dengan mengadakan pelatihan, workshop, seminar, konseling serta keikutsertaan lomba kompetisi akademik (PKm, karya ilmiah, Mahasiswa Prestasi, debat Bahasa inggris, PCTA, Konstitusi dan hukum).  Sedang untuk bidang non akademik dilakukan melalui keikutsertaan dalam berbagai lomba (olahraga, seni, minat dan bakat).

        Upaya bimbingan peningkatan prestasi juga dilakukan dengan memberikan berbagai fasilitas penunjang kegiatan baik akademik maupun non akademik seperti lapangan olahraga, lab bahasa dan komputer, fasilitas kantor administrasi organisasi kemahasiswaan, ruang latihan seni dan berbagai event kegiatan kemahasiswaan baik olahraga, seni, minat, bakat dan keilmiahan.

(2).  Penyediaan dana kegiatan

Upaya peningkatan prestasi mahasiswa juga ditunjang dengan penyediaan dana kegiatan baik ditingkat universitas maupun fakultas yang tertuang dalam RKAT.  Untuk tingkat universitas pengelolaan dana dilakukan oleh Wakil Rektor III sedang untuk tingkat fakultas dikelola oleh Wakil Dekan III dan Senat Mahasiswa. Disamping itu juga disediakan dana pendamping berupa pemberian beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi. Mekanisme penentuan mahasiswa berprestasi sesuai dengan SOP Nomor Dokumen : UNTAG-PM-11/07tentang Mahasiswa Berprestasi dan bisa dilihat pada web site spm.untag-smd.ac.

(3).  Pemberian kesempatan untuk berprestasi

 Upaya peningkatan prestasi mahasiswa juga dilakukan melalui pemberian kesempatan kepada semua mahasiswa untuk mengembangkan minat dan bakatnya melalui pembentukan berbagai unit kegiatan kemahasiswaan baik di tingkat universitas maupun fakultas serta memberi motivasi melalui pemberian reward kepada setiap mahasiswa yang berprestasi baik melalui beasiswa gratis uang SPP maupun dana pembinaan prestasi. 

Adapun beberapa unit organisasi kemahasiswaan antara lain : senat, BPM, PIKMA, KSPM, Pataga, Paskib, Inggris club, PCTA, Paduan Suara, UKM Olahraga dan Seni. Sementara untuk meningkatkan prestasi di bidang olah raga Untag 1945 Samarinda melaksanakan MoU dengan KONI Provinsi Kalimantan Timur, sedang untuk bidang lainnya bekerja sama dengan instansi terkait seperti kantor Dispora, BKKBN, BNN, Taman Budaya  serta LSM.

 

Secara garis besar kalender kegiatan kemahasiswaan yang telah dilaksanakan dalam setiap tahun adalah sebagai berikut:

 

Jenis Kegiatan

Waktu

( Bulan )

I. PENALARAN DAN KEILMUAN

1

Kompetisi/lomba Bidang Ilmu dan Kemahasiswaan yang diusul oleh BEM Fakultas dan – Himpunan Jurusan serta Bagian

Januari - Desember

2

Lomba Olahraga Tradisonal dan Lingkungan Hidup Tingkat Untag/Wilayah/Nasional

April - Juli

3

Program Kewirausahaan Mahasiswa

Januari-November

4

Debat Bahasa Inggris Tingkat Untag / Wilayah/Nasional

Juni – Agustus

5

Pekan Ilmiah Mahasiswa (PIM) Tingkat Untag, Nasional di Samarinda, untuk PKM 5 Bidang dan PKM-GT / AI

Maret-Juli

6

Lomba Mahasiswa Berprestasi (MAWAPRES) Tingkat Untag dan Nasional

Juni - Agustus

7

Seleksi OSN Lomba Matematika, Fisika , Kimia dan Biologi Tingkat Untag, Wilayah dan Nasional

Juni - September

8

Seleksi OSN Lomba Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi Tingkat Untag, Wilayah dan Nasional

September

II. PELATIHAN DAN PEMBINAAN PENGEMBANGAN DIRI ( KARAKTER )

1

Pelatihan penyusunan proposal PKM dan KTI untuk mahasiswa dan dosen

Maret - April

2

Orientasi Pengembangan dan Pendampingan Kegiatan Kemahasiswaan (OPPEK) bagi dosen dan staf administrasi

Mei - Juni

3

Pengembangan Karakter ESQ Bagi Mahasiswa

Pebruari - September

4

Latihan Kepemimpinan Manajemen mahasiswa ( LKMM )

April - November

III. PEMBINAAN, PELAKSANAAN KEGIATAN BIDANG BAKAT, MINAT & KEMAMPUAN LAINNYA

1

Kegiatan Pembinaan Kemah : UKM, BEM, Seni dan Olah raga Untag

Januari - Desember

2

Kegiatan Pekan Seni untuk lomba : Paduan Suara Mahasiswa antar Fakultas Lomba Lagu Pop, Dangdut, Daerah, Band (Musik Jazz), lomba baca puisi dan pantun, dan lomba photografi

September

3

Pelaksanaan Kegiatan Lomba/Kejuaraan Olahraga (POM Tingkat Untag)

Maret - Nopember

4

Pelaksanaan Kegiatan Lomba/Kejuaraan Olahraga ( POMDA Kalimantan )

Juli - September

IV. PEMBINAAN, PELAKSANAAN DAN MENGIKUTI BIDANG KESEJAHTERAAN

1

Lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Untag & Nasional

Juni - September

2

Rapat MONEV bidang kemahasiswaan serta dialog kegiatan UKM dan BEM

Januari- Desember

3

Kegiatan Penanggulangan Bencana Alam (Insidentil)

Januari – Desember

4

Pelaksanaan Kegiatan Lomba/Kejuaraan Olahraga  POMDA Kalimantan)

Juli - September

VI. PELAKSANAAN BASIC STUDY SKILLS (BSS) BAGI MAHASISWA BARU

1

Kegiatan Basic Study Skills (BSS) Mahasiswa

Agustus  - September

2

Pelatihan Sistem Informasi Akademik dan Elearning

Mei-September

3

Pelatihan Microsoft Office

Mei-Desember

VI. KEGIATAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU (PMB)

1

Kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB)

Agustus - September

VII. PEMBUATAN BUKU PEDOMAN PEMBINAAN MAHASISWA BARU

1

Pembuatan Buku Pedoman Lembaga Kemah dan Pembiaan Mahasiswa Baru Untag

Maret - April

 

    

 

Mekanisme pemilihan Prestasi/reputasi mahasiswa dibidang akademik dan non-akademik sesuai SOP Nomor Dokumen : UNTAG-PM-11/07tentang Mahasiswa Berprestasi dan bisa dilihat pada web site spm.untag-smd.ac.

 

 

UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 SAMARINDA

Jl. Ir. H. Juanda No.80 SamarindaTelp. (0541) 743390

Kalimantan Timur 75124, Indonesia http://untag-smd.ac.id

No. Dokumen:

UNTAG-PM-11/07

Prosedur Mutu

MAHASISWA BERPRESTASI

DOKUMEN

 ISO 9001:2008/IWA 2

TERINTEGRASI DENGAN

AIPT BAN PT

Tgl Berlaku:

17-8-2014

Revisi :

00

Hal :

3 dari 3

         

 

Alur Proses Pemilihan Mahasiswa Berprestasi

Pengumuman

 

1.   Bagian Kemahasiswaan mengumumkan pemilihan mahasiswa berprestasi. Mahasiswa mendaftarkan diri kepada Bagian Kemahasiswaan untuk mengikuti pemilihan

             

 

 

Sosialisasi

 

2.   Bagian Kemahasiswaan melaporkan peserta pemilihan mahasiswa berprestasi kepada Program Studi. Program studi memberikan sosialisasi tahapan pemilihan

            

 

 

Penjurian

 

3.   Program studi mempersiapkan juri dan panelis untuk menguji dan menilai peserta

            

 

 

Hasil

 

4.   Mahasiswa yang memiliki nilai sesuai kriteria ditetapkan sebagai pemenang dan dilaporkan kepada Rektor.  Rektor menerbitkan SK Mahasiswa Berprestasi

 

 

   

Debat Bahasa Inggris Tingkat Perguruan Tinggi Se Kalimantan Timur

Duta Genre Putra dan Putri Tingkat Provinsi

   

Juara Debat Bahasa Inggris

Pelatihan Microsoft

 

Gambar 3.3. Mahasiswa Berprestasi