^ TOP BACK

Statistik Online

We have 43 guests and no members online

Pengunjung

Flag Counter

Statistik Situs

441903
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
23
205
228
440050
4972
6340
441903

Your IP: 54.92.163.188
Server Time: 2018-07-23 00:08:26

Live Traffic

Login Form

Choose Language

English French German Italian Portuguese Russian Spanish

standar 4.1. Sistem Pengelolaan Sumber Daya Manusia

1.1.  Sistem Pengelolaan Sumber Daya Manusia

 

Jelaskan sistem pengelolaan sumber daya manusia yang meliputi perencanaan seleksi/perekrutan, penempatan, pengembangan, retensi, dan pemberhentian dosen dan tenaga kependidikanuntuk menjamin mutu penyelenggaraan program akademik, serta remunerasi, penghargaan, dan sanksi, termasuk informasi tentang ketersediaan pedoman tertulis dan konsistensi pelaksanaannya.

 

 

Sistem pengelolaan sumberdaya manusia yang meliputi system seleksi, penempatan, pengembangan, retensi, dan pemberhentian dosen dan tenaga kependidikan mengacu dan berpedoman padaperaturan Yayasan dan peraturan Universitas yang transparan dan akuntabel berbasis pada meritokrasi tentang kepegawaian yang tertuang pada SOP Nomor Dokumen :UNTAG-PM-12.2  tentangKepegawaian. Dokumen formal sistem pengelolaan sumber daya manusia di UNTAG 1945 Samarinda mencakup:

 

(1)   Perencanaan pegawai,

        Perencanaan dan Pengembangan Dosen dan Tenaga Kependidikan mencakuppengadaan, pemberdayaan, pengembangan, penilaian, remunerasi, pemutusan hubungan kerja, penciptaan lingkungan kerja yang ergonomis sehingga diperolehPeta Potensi serta Tantangan Dosen dan Tenaga Kependidikan yang tertuang pada SOP Nomor Dokumen :UNTAG-PM-12.2/01 tentangPerencanaan Dosen dan Tenaga Kependidikan.

 

(2)   Rekrutmen, seleksi, dan pemberhentian pegawai :

a.Rekruitmen dan seleksi dilaksanakan secara terbuka dan diseleksi berdasarkan kualitas dan kompetensi dari calon sehingga tidak  memunculkan inefisiensi baik di program studi maupun universitas dikemudian hari. Dan tertuang pada SOP Nomor Dokumen :UNTAG-PM-12.2/03tentangRekrutmen dan SeleksiDosen dan Tenaga Kependidikan

b.  Pemberhentian pegawai  dilakukan melalui prosedur standar yakni diberikan teguran secara lisan, peringatan I dan II kemudian terakhir adalah pemberhentian yang disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku di Yayasan dan Universitas. Serta tertuang pada SOP No. UNTAG-PM-12.2/07tentangPemberhentian  Dosen dan Tenaga Kependidikan.

 

(3)   Orientasi dan penempatan pegawai,

Orientasi dan penempatan terhadap Dosen dan Tenaga Kependidikan akan disesuaikan sesuai dengan kebutuhan program studi, fakultas dan universitas sehingga sesuai dengan kopetensi keahliannya. Dan tertuang pada SOP No. UNTAG-PM-12.2/02tentangPenempatan Dosen dan Tenaga Kependidikan.

 

(4)   Pengembangan karir,

Pengembangan karirsumberdaya Dosen dilaksanakan dengan mewajibkan seluruh dosen untuk studi lanjut ke jenjang S3 dan dengan tetap meningkatkan kepangkatan fungsionalnya melalui kegiatan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Sedang untuk Tenaga Kependidikan melalui pelatihan dan kursus yang berkaitan dengan bidang manajemen sehingga kompetensi untuk berbagai jabatan strukturan bias terpenuhi. Serta tertuang pada SOP No. UNTAG-PM-12.2/11tentangPengembangan Karir dan Mutasi Pegawai.

 

(5)   Remunerasi, penghargaan, dan sanksi,

        Remunerasi, penghargaan, dan sanksi yang diterapkan baik terhadap Dosen maupun Tenaga Kepegawaian dilaksanakan secara terbuka dan dapat dipertanggungjawabkan berdasarkan retensi, presensi dan prestasi kinerjanya dalam melaksanakan tupoksi. Mekanisme pemberian remunerasi, penghargaan dan sangsi tertuang pada SOP No. UNTAG-PM-12.2/08tentangPemberian Penghargaan/Sanksi Dosen dan Tenaga Kependidikan.

 

Contoh SOP Perencanaan Dosen dan Tenaga Kependidikan.adalah sebagai berikut       

 

UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 SAMARINDA

Jl. Ir. H. Juanda No.80 SamarindaTelp. (0541) 743390

Kalimantan Timur 75124, Indonesia http://untag-smd.ac.id

No. Dokumen:

UNTAG-PM-12.2/01

Prosedur Mutu

PERENCANAAN DOSEN DAN TENAGA KEPENDIDIKAN

DOKUMEN

 ISO 9001:2008/IWA 2

TERINTEGRASI DENGAN

AIPT BAN PT

Tgl Berlaku:

17-8-2014

Revisi :

01

Hal :

3 dari 3

         

 

Alur Proses Perencanaan Dosen dan Tenaga Kependidikan

 

Kondisi

organisasi

 

1.      Rektor dan Pembantu Rektor Imempelajari kondisi organisasi (visi, misi, desain struktur, kepemimpinan, sumber daya organisasi)

 

 

Kondisi dosen

 

2.      Pembantu Rektor I mengidentifikasi keadaan dosen saat ini seperti identitas, penguasaan kompetensi dan jumlah dosen.

 

 

Identifikasi

 

3.      Perencanaan kebutuhan dosen di masa yang akan datang

 

 

Perencanaan

 

4.      Perencanaan dosen mencakup pengadaan, pemberdayaan, pengembangan, penilaian, remunerasi, pemutusan hubungan kerja, penciptaan lingkungan kerja yang ergonomis

 

   

Suasana Seleksi Penerimaan Dosen Baru.

Tes Micro Teaching Bagi Dosen Baru

Gambar 4.1 Penerimaan Dosen Baru.

 

Sesuai dengan SOP diatas pemberhentian dosen dan tenaga kependidikan adalah sebagai berikut :

 

 

UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 SAMARINDA

Jl. Ir. H. Juanda No.80 SamarindaTelp. (0541) 743390

Kalimantan Timur 75124, Indonesia http://untag-smd.ac.id

No. Dokumen:

UNTAG-PM-12.2/07

Prosedur Mutu

PEMBERHENTIAN DOSEN DAN TENAGA KEPENDIDIKAN

DOKUMEN

 ISO 9001:2008/IWA 2

TERINTEGRASI DENGAN

AIPT BAN PT

Tgl Berlaku:

17-8-2014

Revisi :

00

Hal :

3 dari 3

         

 

Alur Proses Pemberhentian Dosen dan Tenaga Kependidikan

Surat pemberitahuan/

surat pengajuan

 

1.     Surat pemberitahuan kepada Dosen/Tenaga Kependidikan tentang batas usia pensiun, penyederhanaan/perampingan organisasi, melakukan pelanggaran/tindak pidana penyelewengan dari Kepegawaian atau surat pengajuan pengunduran diri dikarenakan sakit atau alasan lain kepada Kepegawaian.

 

 

Proses 

 

2.   Berkas yang telah dinyatakan lengkap dan memenuhi persyaratan maka berkas akan diproses lebih lanjut oleh Kepegawaian

 

 

Disetujui

 

3.   Dokumen yang telah siap diserahkan ke pimpinan terkait yang berwenang untuk ditandatangani dan dibuatkan surat pengantar

 

 

Penerbitan SK pemberhentian

 

4.   SK Pensiun/pengunduran diri yang telah selesai dikirimkan ke Kepegawaian dan atau pegawai yang bersangkutan, tembusan ke biro Keuangan dan atau lembaga lain terkait.