^ TOP BACK

Statistik Online

We have 8 guests and no members online

Pengunjung

Flag Counter

Statistik Situs

2225908
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
394
695
2292
2213235
23057
28417
2225908

Your IP: 3.129.13.201
Server Time: 2024-04-24 08:51:51

Live Traffic

Live Website Traffic

Login Form

Choose Language

English French German Italian Portuguese Russian Spanish

3.3 Evaluasi Lulusan

3.3. Evaluasi Lulusan

 

3.3.1  Evaluasi Kinerja lulusan oleh Pihak Pengguna Lulusan

 

Adakah studi pelacakan (tracer study) untuk mendapatkan hasil evaluasi kinerja lulusan dengan pihak pengguna? Ada,

 Jika ada, uraikan metode, proses dan mekanisme kegiatan studi pelacakan tersebut.  Jelaskan pula bentuk tindak lanjut dari hasil kegiatan ini

 

Metode, proses dan mekanisme kegiatan studi pelacakan mengacu pada SOP Nomor Dokumen :UNTAG-PM-11/16 tentang Tracer Study :

 
 

 

UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 SAMARINDA

Jl. Ir. H. Juanda No.80 SamarindaTelp. (0541) 743390

Kalimantan Timur 75124, Indonesia http://untag-smd.ac.id

No. Dokumen:

UNTAG-PM-11/07

Prosedur Mutu

TRACER STUDY

DOKUMEN

 ISO 9001:2008/IWA 2

TERINTEGRASI DENGAN

AIPT BAN PT

Tgl Berlaku:

17-8-2014

Revisi :

00

Hal :

3 dari 3

   Alur Proses Tracer Study

 
 

Pengumuman 

 

1.         Bagian Kemahasiswaan mengumumkan waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan kepada alumni melalui berbagai media

 

 

Pelaksanaan 

 

2.         Lulusan mendaftarkan diri dan mengikuti kegiatan yang diselenggarakan dan mengisi angket penelusuran alumni

 

 

Entry data

 

2.         Angket penelusuran alumni diserahkan kepada Bagian Kemahasiswaan untuk dientri ke dalam database lulusan

 

 

Laporan

 

3.         Bagian Kemahasiswaan menyerahkan rekapitulasi data lulusan kepada Rektor melalui Pembantu Rektor III

 

 

Tindak lanjut

 

4.         Setelah diotorisasi Pembantu Rektor III, rekapitulasi data lulusan diserahkan kepada Dekan untuk di tindaklanjuti.

 

 

 

Metode:

      Pelacakan alumni dilakukan dengan metode kuesioner, reuni, visitasi ke tempat alumni bekerja;  jumlahresponden ditentukan secara sederhana yakni dengan memilih lembaga/instansi yang memanfaatkan/memperkerjakan tenaga dari alumni.

Proses :

     Penyusunan dan penggalian data melalui kuesioner  bertujuan untuk merekam data dan informasi terkait dengan kinerja lulusan yang bekerja di instansi atau lembaganya, upaya pelacakandilakukan secara hati-hati diawali dengan inventarisasi sebaran alumni, hal ini dianggap penting untuk mendapatkan informasi yang benar dan akurat terkait dengan  alumni, pengguna alumni, kinerja alumni dan lain-lain. Sebagai tindak lanjutnya didapatkan informasi-informasi penting dan akurat terkait bobot dari pengisian kuesioner.

 Mekanisme Pelaksanaan:

Pengambilan data dilakukan dengan melakukan kunjungan ke pimpinan, direktur atau atasan dari lembaga yang menggunakan tenaga kerja dari alumni program studi Kehutanan untuk melakukan pendataan dan diskusi melalui pengisian kuesioner yang telah disusun sesuai sasaran dan keperluan. Tindak lanjutnya akan diperoleh data-data terkait penggunaan tenaga dari alumni, sehingga dapat diketahui bagaimana kinerja, kualitas lulusan, kelemahan lulusan, penguasaan keilmuan dan sebagainya sehingga dapat digunakan sebagai patokan program studi dalam peningkatan kualitas pendidikan.

 

Hasil studi pelacakan dirangkum dalam tabel berikut:

Nyatakan angka persentasenya(*)  pada kolom yang sesuai.

 

No.

Jenis Kemampuan

Tanggapan Pihak Pengguna

Rencana Tindak Lanjut oleh Program Studi

Sangat Baik

Baik

Cukup

Kurang

(%)

(%)

(%)

(%)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

1

Integritas (etika dan moral)

91,25

8,75

0,00

0,00

-  Menganjurkan agar setiap dosen selalu menyampaikan materi softskill dalam setiap awal atau akhir perkuliahan

-  Mendorong/memfasilitasi kegiatan pengajian rutin/ perayaan hari besar keagamaan

2

Keahlian berdasarkan bidang ilmu (profesionalisme)

86,25

13,75

0,00

0,00

-   Mendorong/memfasilitasi mahasiswa untuk ikut aktif dalam pertemuan ilmiah seperti seminar/lokakarya

-  Menjalin kerjasama dengan instansi/perusahaan terkait sebagai wadah bagi mahasiswa untuk meningkatkan pengetahuannya  melalui kegiatan PKL/magang.

3

Bahasa Inggris

82,50

12,50

5,00

0,00

-  Setiap lulusan diwajibkan mengikuti program toefl

-  mengaktifikan kegiatan Waroeng Redwhite Conversation English Club pada hari-hari tertentu untuk melatih kemampuan ber-Bahasa Inggris

4

Penggunaan Teknologi Informasi

73,75

13,75

12,50

0,00

 

-   Tersedianya hotspot area mendukung untuk menciptakan kebiasaan mengakses informasi global

-   Pemberian Tugas, konsultasi skripsi dan diskusi via e-mail

5

Komunikasi

 

87,5

 

8,75

3,75

 

0,00

 

-   Memperbanyak tugas membuat paper/karya ilmiah dan presentase di kelas

-   Memberi waktu /kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya memberikan pendapat dan /saran dalam setiap perkuliahan 

6

Kerjasama tim

91,25

8,75

0,00

0,00

-  Memberikan tugas kuliah dan praktik secara berkelompok dan menyajikan juga secara berkelompok

-  Mengikuti Praktik Kerja Lapangan

7

Pengembangan diri

87,50

12,50

0,00

0,00

-   Melibatkan mahasiswa dalam kegiatan penelitian dan Pengabdian Masyarakat dosen.

-   Mengikutsertakan dalam pelatihan / pertemuan ilmiah

Total

600,00

78,75

21,25

0,00

 

Rata-rata

85,71

11,25

3,04

 

 

 

Catatan :  Sediakan dokumen pendukung pada saat visitasi ( catatan sangat baik dan baik 85 % )

(*) persentase tanggapan pihak pengguna = [(jumlah tanggapan pada peringkat) : (jumlah tanggapan yang ada)] x 100

 


3.3.2  Rata-rata waktu tunggu lulusan untuk memperoleh pekerjaan yang pertama = 3 bulan (Jelaskan bagaimana data ini diperoleh)

          Data diperoleh melalui angket/kuisioner, pertemuan temporer dengan alumni dan berdasarkan data bahwa mahasiswa sebelumnya sudah bekerja di instansi pemerintahan maupun swasta

 

3.3.3 Persentase lulusan yang bekerja pada bidang yang sesuai dengan keahliannya = 91,25 % (Jelaskan bagaimana data ini diperoleh)

Data diperoleh melalui angket/kuisioner, pertemuan temporer dengan alumni dan berdasarkan data bahwa sebagian besar mahasiswa sudah bekerja di instansi pemerintahan maupun swasta sebelum masuk kuliah di Fakultas Pertanian Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda.