5.4 Sistem Pembimbingan Akademik
5.4.1 Tuliskan nama dosen pembimbing akademik dan jumlah mahasiswa yang dibimbingnya dengan mengikuti format tabel berikut:
Dosen pembimbing akademik dan jumlah mahasiswa yang dibimbing mengacu pada SK Dekan
No |
Nama Dosen Pembimbing Akademik |
Jumlah Mahasiswa Bimbingan |
Rata-rata Banyaknya Pertemuan/mhs/semester |
1. |
H. Abdul Kholik Hidayah |
12 |
3 |
2. |
Zikri Azham |
10 |
3 |
3. |
H. Ismail |
10 |
2 |
4. |
H. Ismail Bakrie |
10 |
3 |
5. |
Djumansi Derita |
9 |
2 |
6. |
HM. Taufan Tirkaamiana |
9 |
3 |
7. |
Jumani |
10 |
3 |
8. |
Sri Endayani |
9 |
3 |
9. |
Hj. Maya Preva Biantary |
10 |
3 |
10. |
Legowo Kamarubayana |
11 |
3 |
11. |
Heni Emawati |
9 |
3 |
12. |
H. Zuhdi Yahya |
7 |
2 |
Total |
116 |
|
Dokumen
1. Daftar Usulan Dosen Pembimbing Akademik unduh
2. Daftar Dosen Pembimbing Akademik unduh
5.4.2 Jelaskan proses pembimbingan akademik yang diterapkan pada Program Studi ini dalam hal-hal berikut:
No |
Hal |
Penjelasan |
1 |
Tujuan pembimbingan |
Membantu dan memudahkan mahasiswa terutama dalam melaksanakan kegiatan akademik selama masa studi. |
2 |
Pelaksanaan pembimbingan |
Pembimbing akademik diwajibkan melaksanakan pertemuan minimal empat kali pertemuan per semester untuk berkonsultasi terhadap masalah-masalah yang dihadapi oleh mahasiswanya |
3 |
Masalah yang dibicarakan dalam pembimbingan |
Pembimbing akademik memberikan nasehat dan membantu mahasiswa dalam menyusun rencana studinya, memilih mata kuliah yang akan diambil sesuai dengan kemampuan dan indeks prestasi yang diperolehnya, bimbingan karier, serta masalah yang ditemui dalam menempuh pendidikan yang pada akhirnya bermuara kepada peningkatan prestasi akademik mahasiswa. |
4 |
Kesulitan dalam pembimbingan dan upaya untuk mengatasinya |
-Mahasiswa merasa sungkan untuk membicarakan masalah yang dihadapinya kepada penasehat akademik sehingga perlu pendekatan dosen pembimbing secara personal. -Setiap Pembimbing Akademik (PA) diharuskan menyediakan waktu setiap minggunya untuk konsultasi dengan mahasiswa, disamping itu juga penasehat akademik harus lebih aktif menanyakan permasalah yang dihadapi bimbingannya dalam menempuh pendidikan. |
5 |
Manfaat yang diperoleh mahasiswa dari pembimbingan |
Mahasiswa lebih mudah melaksanakan dan mengatur rencana studi dan dapat menyelesaikan studi tepat waktu dengan kualitas lulusan yang sesuai target. |