^ TOP BACK

Statistik Online

We have 14 guests and no members online

Pengunjung

Flag Counter

Statistik Situs

428530
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
88
166
1143
424324
6672
52383
428530

Your IP: 54.80.183.100
Server Time: 2018-05-24 13:34:39

Live Traffic

Login Form

Choose Language

English French German Italian Portuguese Russian Spanish

Standar 1.3. Sosialisasi Visi, Misi, Tujuan, Sasaran dan Strategi Pencapaian

1.3   Sosialisasi visi, misi, tujuan, sasaran dan strategi pencapaian dan penggunaannya sebagai acuan dalam penyusunan rencana kerja institusi PT.

       

1.3.1 Uraikan sosialisasi visi, misi, tujuan, dan sasaran PT agar dipahami seluruh pemangku kepentingan (sivitas akademika, tenaga kependidikan, pengguna lulusan, dan masyarakat).

 

Agar visi, misi dan tujuan Universitas dipahami oleh stakeholders, khususnya personalia di universitas, maka Universitas mendokumentasikan visi, misi dan tujuan dalam Buku Pedoman Akademik, web dan media social lainnya. Sosialisasi visi, misi dan tujuan program dilakukan yaitu melalui sosialisasi internal (melalui rapat-rapat tingkat universitas dan fakultas dengan menyertakan dosen dan tenaga kependidikan dan pertemuan dengan mahasiswa pada saat sosialisasi mahasiswa baru dalam pelatihan TIK) dan Sosialisasi eksternal melalui seminar, kunjungan ke perusahaan, kunjungan ke sekolah, kerjasama dll. Adapun alur proses sosialisasi visi, misi, tujuan dan sasaran mengacu kepada SOP Nomor  Dokumen : UNTAG-PM-05/06tentang Prosedur Mutu Sosialisasi Visi, Misi, Tujuan dan Sasarandan bisa dilihat pada website spm.untag-smd.ac.id.

 

 

UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 SAMARINDA

Jl. Ir. H. Juanda No.80 SamarindaTelp. (0541) 743390

Kalimantan Timur 75124, Indonesia http://untag-smd.ac.id

 

 

No. Dokumen:

UNTAG-PM-05/06

Prosedur Mutu

SOSIALISASI VISI, MISI, TUJUAN DAN SASARAN

DOKUMEN

 ISO 9001:2008/IWA 2

TERINTEGRASI DENGAN

AIPT BAN PT

 

Tgl Berlaku:

17-8-2014

Revisi :

00

Hal

4 dari 4

             

 

Alur Proses Sosialisasi Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran

 

Pencetakan dan pendistribusian Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran

 

1.     Mencetak Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran yang dibagikan kepada seluruh unit terkait.

 

 

Membuat Banner/Spanduk

 

2.    Membuat banner/spanduk yang ditempel atau ditempatkan di tempat-tempat strategis di sekitar Kampus.

 

 

Pembahasan Rutin dalam rapat pimpinan

 

3.    Pembahasan Rutin pada setiap Rapat Pimpinan di setiap unit kerja.

 

 

 

Sosialisasi kepada Dosen dan karyawan Baru

 

4.    Sosialisasi kepada Dosen dan Karyawan baru pada saat orientasi

 

 

 

Sosialisasi kepada Mahasiswa Baru

 

5.    Sosialisasi kepada Mahasiswa baru pada saat orientasi

 

 

Evaluasi Rutin

 

6.    Evaluasi semesteran melalui Sistem Penjaminan Mutu Internal dan Audit Mutu Akademik Internal.

 

 

Evaluasi Tahunan

 

7.    Evaluasi tahunan melalui Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) yang membahas Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran.

 

Sosialisasi universitas juga dilakukan saat kunjungan ke sekolah-sekolah setingkat SMA, SMK/MAN yang berada di seluruh Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara, hal ini juga dilakukan pada kunjungan ke Kantor Dinas/UPTD. Selain itu sosialisasi juga dilakukan melalui leaflet, informasi yang dipajang di papan pengumuman, ruang dosen, ruang kelas, ruang pelayanan tata usaha, dan laboratorium, media cetak dan elektronik, medsos. Serta disebarkan melalui website Fakultas maupun Universitas sehingga dapat diakses oleh mahasiswa dan seluruh masyarakat; untuk tahun akademik 2015/2016 visi dan misi tercantum pada KTM dan kartu anggota perpustakaan universitas Serta tampilan wallpaper di laptop masing-masing Dosen, tenaga kependidikan dan Komputer di setiap unit kerja.

 

 

   

Sosialisasi di SMAN 1 Kabupaten Kutai Barat

 

Sosialisasi SMK Sanggata

   

Sosialisasi di SMKN Sangatta Kutai Timur

 

Sosialisasi di SMKN 5 Kabupaten Kutai Barat

   

Sosialisasi di Perusahaan IUPHHK – HA PT BFI

 

Sosialisasi Saat Kunjungan Lapangan ke Perusahaan IUPHHK – HT PT IHL

   

Wallpaper untuk Labtop dan PC

Kartu Mahasiswa

 

Gambar 1.4. Kegiatan Sosialisasi Visi dan Misi UNTAG 1945 Samarinda

 

 

 

1.3.2  Jelaskan bahwa visi, misi, tujuan, dan sasaran PT serta strategi pencapaiannya untuk  dijadikan sebagai acuan semua unit dalam institusi perguruan tinggi dalam menyusun rencana strategis (renstra) dan/atau rencana kerja unit bersangkutan.

 

 

 

Penjabaran Renstra pada setiap Unit Kerja dilakukan melalui penyusunan Rencana Kerja Anggaran Tahunan (RKAT) dapat dilihat pada Dokumen : UNTAG-PM-05/03tentang Prosedur Mutu Penyusunan RKAT Untag 1945 Samarinda yang bisa dilihat pada web site spm.untag-smd.ac.id. dan penyusunan program prioritas yang diajukan oleh pimpinan Universitas setiap tahun dengan pendekatan kombinasi antara bottom-up dan top-down. Penyusunan RKAT dan Program prioritas dilakukan dengan melibatkan berbagai unsur–unsur dan unit kerja yang terkait didalamnya. Mulai dari program studi dan fakultas yang kemudian dikompilasi pada tingkat universitas. Hal ini dilakukan tidak hanya bertujuan agar unsur-unsur dan unit kerja yang terkait mengetahui secara lebih mendalam apa yang telah disusun dan dibuat bersama, dan apa yang seharusnya dilakukan dalam mencapai target yang telah ditetapkan sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing, tetapi juga bertujuan melaksanakan manajemen yang bersifat transparan dan akuntabel serta mampu menstimulasi partisipasi aktif dari seluruh unsur yang terkait.

Monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan Renstra dilakukan melalui pengukuran capaian kinerja tahunan dari program-program strategis yang tercantum dalam Renstra. Pelaksanaan program kegiatan setiap unit kerja, yang telah disusun dalam RKAT dengan mengacu kepada Renstra, dievaluasi melalui proses penyusunan RKAT revisi tengah-tahunan yang dilakukan Pimpinan UNTAG 1945 Samarinda dan diajukan untuk dibahas dan disahkan oleh Senat. Selain itu, proses monitoring dan evaluasi pelaksanaan Renstra juga dilakukan secara terintegrasi oleh Satuan Penjaminan Mutu (SPM) dan Satuan Pengawas Internal (SPI) dengan mengacu pula pada indikator mutu yang ditetapkan dalam Kebijakan Mutu UNTAG 1945 Samarinda.

Secara skematik, keterkaitan antara visi, misi, tujuan, dan sasaran UNTAG 1945 Samarinda beserta strategi pencapaiannya dengan penyusunan rencana strategis di semua tingkatan di UNTAG 1945 Samarinda dapat digambarkan sebagai berikut. dapat dilihat pada : UNTAG-PM-05/02tentang Prosedur Mutu Penyusunan Renstra yang bisa dilihat pada website spm.untag-smd.ac.id.

 

 

Tingkat

Universitas

Fakultas/Lembaga/Unit Kerja

Prodi/Laboratorium

Proses

Renstra UNTAG 2013-2017

Renstra Fakultas 2013-2017

Rencana Pengembangan Prodi/Lab

Jati diri, Visi, Misi, Nilai)

Program Prioritas Tahunan

RKAT/RAB Universitas

Persetujuan/

pengesahan

Senat Universitas

Rapat Kerja Fakultas

RKAT/RAB Fakultas

Senat Fakultas

RKAT/RAB Prodi

Kelompok Kerja Dosen

Gambar 1.5. Keterkaitan Jati Diri, Renstra dan RKAT di Lingkungan UNTAG 1945 Samarinda