^ TOP BACK

Statistik Online

We have 2 guests and no members online

Pengunjung

Flag Counter

Statistik Situs

469846
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
236
345
968
463527
10393
7016
469846

Your IP: 54.224.247.42
Server Time: 2018-10-23 18:54:03

Live Traffic

Login Form

Choose Language

English French German Italian Portuguese Russian Spanish

Standar 6.3. Sistem Informasi

6.3  Sistem Informasi

 

6.3.1  Jelaskan sistem informasi dan fasilitas yang digunakan oleh perguruan tinggi untuk kegiatan pembelajaran (hardware, software, e-learning, e-library).

   

Proses pengembangan ICT (information and Communication Technology) di Untag 1945 Samarinda sepenuhnya diarahkan pada pencapaian visi Universitas. Sejalan dengan hal tersebut, maka arah pengembangan ICT kedepan adalah ICT-Based campus yaitu suatu sistem ICT yang terintegrasi. ICT-Based Campus akan menjadi semua model dimana sebuah komunitas menjadi cerdas dalam mencapai tujuan keistimewaaan akademisnya berkat pemanfaatan ICT. Keistimewaan akademis ini memampukan komunitas Untag 1945 Samarinda sebagai penyedia lingkungan belajar berkualitas untuk pengembangan kapasitas pembelajar yang inovatif dan proaktif serta sebagai institusi yang bertugas menerapkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya yang berguna bagi Kalimantan dan Indonesia secara umum.

Fungsi utama dari sistem ICT-Based Campus di Untag adalah menyediakan layanan informasi, komputasi, dan komunikasi secara terintegrasi pada semua anggota komunitas Untag 1945 Samarinda  dan masyarakat  luar yang memadai untuk membangun komunitas pengetahuan yang adaptif, kreatif dan mampu merajut realitas. Dalam pelaksanaannya, sistem ini menopang layanan inti akademis Untag 1945 Samarinda yakni pendidikan, penelitian, serta pemberdayaan masyarakat. Selain menangani administrasi pendidikan, sistem ini juga menyediakan subsistem yang menujang pembelajaran yang menunjang proses pembelajaran Student Center Learning (SCL). Selain itu, sistem ini juga menopang kebutuhan sistem informasi manajemen universitas yang meliputi manajemen keuangan, sumber daya manusia, manajemen aset dan penjaminan mutu.

Universitas 17 Agustus 1945 membentuk, Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (Infokom) sebuah lembaga yang ditunjuk untuk mengemban tugas dalam mewujudkan Untag 1945 Samarinda sebagai ICT-Based Campus. Sehingga fasilitas yang tersedia meliputi :

(1)   Komputer yang terhubung dengan jaringan luas/internet

Seluruh komputer di Untag1945 Samarinda telah terhubung ke jaringan baik dengan kabel dengan PTIK yang berfungsi sebagai backbone jaringan. Koneksi ke semua 6 fakultas dan unit kerja di lingkungan Untag 1945 Samarinda dengan koneksi yang menggunakan fibre optics. Setiap fakultas kemudian memiliki jaringan local yang terhubung ke unit-unit yang lebih kecil lagi ( jurusan atau program studi). Selanjutnya, disetiap program studi juga terdapat jaringan local baik dengan kabel maupun tanpa kabel (wireless). Untuk mewujudkan Untag sebagai ICT-based campus, setiap tahunnya meningkatkan kapasitas (bandwith) koneksi internet. saat ini kapasitas koneksi internet telah mencapai 50Mbps. Koneksi internet ini telah menjangkau hampir semua area dalam kampus.

 

(2)   software yang berlisensi dengan jumlah yang memadai.

Infokom Untag 1945 Samarinda dilengkapi dengan 6 server blade dengan kapasitas memori 4 TB dan kapasistas penyimpanan sebesar 32TB dengan system pengelolaan jaringan yang memanfaatkan juniper system. Infokom terus dilakukan pembenahan dan penambahan sarana dan prasarana untuk menunjang kelancaran operasional setiap unit kerja dengan hardware dan software yang berlesensi dari suteki

 

(3)   fasilitas e-learning yang digunakan secara baik,

Untuk menujang pembelajaran yang menunjang proses pembelajaran Student Center Learning (SCL) maka untag 1945 Samarinda juga telah mengembangkan layanan pembelajaran online (e-learning) yang di untag 1945 Samarinda lebih dikenal dengan sebutan eluntas yang menggunakan moodle. Mekanisme pembelajaran online telah diatur dan termuat dalam dokumen SPMI denganNomor Dokumen : UNTAG-PM-14-14tentangE-learning.

 

(4)   Akses on-line ke koleksi perpustakaan

Untuk menujang pembelajaran maka telah dikembangkan layanan Perpustakaan secara online dengan memanfaatkan OPAC (Online Public Access Catalogue) dengan laman: pusaka.untag-smd.ac.id/index.php, sehingga diharapkan semua dosen dan mahasiswa dapat dengan mudah mengakses sumber-sumber pembelajaran dengan mudah dan cepat.

 

Beberapa sistem layanan dibangun dengan menggunkan open source yang diskostumasi sesuai dengan kebutuhan universitas. Layanan yang dimaksud antara lain :

1.  hardware:

a.      layanan open journal untuk memfasilitasi penerbitan jurnal secara online,

b.      layanan webmail untuk para civitas akademik dengan menggunakan format This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.">This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. yang menggunakan zimbra,

c.      layanan pembelajaran online (eluntas) yang menggunakan moodle,

d.      skripsi.untag-smd.ac.id

e.      tracer.untag-smd.ac.id

 

2. software:

a.                     LCD-projector

b.                     Lab Komputer

c.     Server dan infrastruktur intra/internet WiFi).     

 

 

6.3.2 Jelaskan sistem informasi dan fasilitas yang digunakan oleh perguruan tinggi untuk kegiatan administrasi (akademik, keuangan, dan personil) serta aksesibilitasnya.

 

 

 Untag 1945 Samarinda telah memiliki beberapa sistem informasi dan fasilitas yang menunjang sistem pembelajaran dan administrasi baik secara langsung maupun tidak langsung. Kesemua sistem ini dapat diakses secara online dengan fasilitas computer yang terhubung melalui jaringan internet (jaringan kabel dan WiFi/hotspot); didukung oleh software basic data yang memadai (server dan infrastruktur intra /internet WiFi/hotspot) serta akses terhadap data yang relevan sangat cepat (kapasitas koneksi internet 50Mbps) dan telah dimanfaatkan oleh sivitas akademika baik dari dalam kampus maupun dari luar kampus. Sistem informasi yang menunjang proses pembelajaran dan administrasi dirinci sebagai berikut :

 

(1)  Sistem Informasi Manajemen Akademik (https://siakad.untag-smd.ac.id).

Sistem ini merupakan sistem yang menangani administrasi akademik seperti penerimaan mahasiswa baru, registrasi, tugas akhir, transfer, hasil belajar, dan sebagainya. Sistem ini telah dimanfaatkan oleh semua unit kerja di Untag. Sistem ini meliputi sistem penerimaan mahasiswa baru (https://siakad.untag-smd.ac.id/portalpmb), sistem informasi registrasi dan keuangan sudah terpadu di dalam siakad.untag-smd.ac.id, portal akademik untuk dosen dan mahasiswa (https://siakad.untag-smd.ac.id).

 

(2)   Learning Management System (http://eluntas.untag-smd.ac.id) .

Sistem merupakan sistem penunjang (komplemen) pembelajaran SCL dimana mahasiswa dapat berkomunikasi dengan dosen secara online. Sejak LMS (Learning Management System) Untag disiapkan pada tahun 2016, hingga Juli tahun 2017 terdapat 439 (36,43%) dari 1.205 matakuliah yang diupload di LMS Untag 1945 Samarinda telah digunakan dalam proses pembelajaran. Persentase ini belum mencapai target ini, maka pimpinan universitas melalui Infokom tetap giat melaksanakan pelatihan pemanfaatan elearning bagi dosen. Pelatihan ini dimaksudkan agar para dosen terus melakukan modifikasi dan update materi mata kuliah.

 

(3)   Sistem yang menujang penerbitan jurnal (http://ejurnal.untag-smd.ac.id)

Infokom Untag 1945 Samarinda menyiapkan sebuah server dan web site yang menjadi tempat untuk menyimpan semua jurnal (online) yang terbit dalam lingkungan universitas.

 

(4)   Sistem Informasi Manajemen Perpustakaan

Perpustakaan pusat universitas telah terbangun sistem katalog bahan pustaka online (http://pusaka.untag-smd.ac.id/index.php)

 

(5)   Sistim Informasi Sumberdaya Manusia

Sistim informasi manajemen SDM dilaksanakan melalui Sistem Tata Usaha dan Kepegawaian ( http://situ.untag-smd.ac.id) system ini didalamnya juga terdapat manajemen asset dan penggunaan ruang dan fasilitas di Untag 1945 Samarinda.

 

(6)   Sistim Informasi Manajemen Penjaminan Mutu

Sistem Penjaminan Mutu (http://spm.untag-smd.ac.id) system ini dugunakan untuk pengisian borang Fakultas dan Prodi serta Borang Institusi dipublis melalui laman tersebut.

 

(7) Sistim Informasi Manajemen Keuangan

Sistim informasi manajemen keuangan dilaksanakan melalui sistem informasi registrasi dan keuangan sudah terpadu di dalam siakad.untag-smd.ac.id, portal akademik untuk dosen dan mahasiswa (https://siakad.untag-smd.ac.id).

 

(8)  Sistim Informasi Manajemen Mahasiswa dan Alumni

Untuk sistem infomasi terkait dengan tingkat pelayanan dan kepuasan mahasiswa dan alumni telah dibangun sistem tracer studi (https://siakad.untag-smd.ac.id/logintracer.php)

 

6.3.3 Jelaskan sistem informasi dan fasilitas yang digunakan oleh institusi perguruan tinggi untuk pengelolaan prasarana dan sarana (hardware, software).

 

Sistem informasi untuk pengelolaan  prasarana dan sarana di lingkungan Untag 1945 Samarinda yang  secara garis besar memuat sistem input asset, mulai dari pencatatan, pengelolaan, pemeliharaan hingga penghapusan. Sistem ini juga memuat data setiap ruangan dan segala isinya. Sebagai contoh, informasi AC dapat diketahui jumlah  secara transparan, akurat dan cepat di lingkungan universitas dan unit kerja. Sistim informasi pengelolaan sarana dan prasarana dilengkapi dengan hardware dan software yang memadahi yang termuat dalam sistem informasi asset (http://situ.untag-smd.ac.id). Sedangkan untuk mengetahui penggunaan ruang kuliah (jadual kuliah) dapat melalui system informasi manajemen akademik (https://siakad.untag-smd.ac.id).

 

 

6.3.4 Jelaskan sistem pendukung pengambilan keputusan.

 

 

Sistem pendukung pengambilan keputusan yang dibangun di lingkungan Untag 1945 Samarinda dapat dikatakan sudah sangat lengkap, dimana telah  disiapkan menu Portal Manajemen Portal yang sudah terintegrasi dengan sistem sistemnya. Untuk saat ini, laporan data disiapkan pada Sistem Informasi Akademik dan Sistem Informasi SDM. Untuk system informasi akademik, tata usaha dan keuangan sudah terpadu dalam (https://siakad.untag-smd.ac.id) yang selanjutnya dapat disesuaikan dengan PDDIKTI dalam bentuk report bagi pimpinan, baik pada tataran universitas atau fakultas  sehingga pimpinan dalam mengambil keputusan untuk pengembangan jangka pendek dan jangka panjang dapat dilakukan lebih efektif dan bersifat obyektif karena berdasarkan data empiris dan riil di lapangan. Sedang untuk level operasional yaitu para kaprodi dan kepala unit kerja dapat dengan mudah memonitor data tersebut.

 

 

6.3.5 Jelaskan sistem informasi (misalnya website institusi, fasilitas internet, jaringan lokal, jaringan nirkabel) yang dimanfaatkan untuk komunikasi internal dan eksternal kampus.  Jelaskan juga akses mahasiswa dan dosen terhadap sumber informasi.

 

 

Siakad Untag 1945 Samarinda diharapkan dapat digunakan dengan baik tidak hanya untuk penyimpanan data secara elektronik saja tetapi mampu mendukung proses analisis yang diperlukan oleh seluruh sivitas akadmika. Ketersediaan akan memudahkan keputusan-keputusan yang diambil pun dapat lebih cepat dan tepat terhadap dinamika yang terjadi di Untag. 

          Sebagai contoh, siakad Untag 1945 Samarinda dibuat dan dibangun dengan baik agar meningkatkan produktivitas, menghilangkan kegiatan yang tidak memiliki manfaat, meningkatkan layanan, mengkoordinasikan setiap bagian dalam universitas serta peningkatan kualitas kebijakan dalam manajemen.

Dari sisi proses administrasi akademik, seorang dosen dapat mengetahui matakuliah yang akan diampu setiap semester. Dosen dapat memasukkan komponen penilaian setiap mata kuliah di siakad Untag 1945 Samarinda pada saat rapat team teching. Selain itu, serang dosen dapat melakukan penginputan nilai secara online . Begitu pula dengan fungsi dosen sebagai PA, siakad Untag, khususnya Portal Dosen dan Mahasiswa bimbingan dosen bersangkutan. Dosen dapat melakukan komunikasi secara online melalui portal eluntas dan membahas dengan mahasiswa bimbingannya tentang hal-hal yang terkait dengan progres dan kemajuan mahasiswa tersebut setiap saat. Tidak hanya pada awal semester. Semua kegiatan ini dapat dilakukan setiap waktu.

Adapun manfaat siakad Untag 1945 Samarinda bagi mahasiswa dapat dilihat dari kemudah mahasiswa melakukan transaksi pembayaran, mengakses dan mengisi KRS secara online dan dapat dapat mengakses nilai kuliah. Bahkan melalui Portal Dosen dan Mahasiswa, seorang mahasiswa dapat pula melihat berbagai even atau kegiatan yang disiapkan pada portal ini.

Dengan demikian, jelas sekali keuntungan siakad dan eluntas Untag 1945 Samarinda bagi mahasiswa dan dosen baik pada proses administrasi dan proses pembelajaran secara online.

 

1.   Website Universitas

Situs resmi Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda adalah http://www.untag-smd.ac.id yang merupakan media untuk publikasi informasi sivitas akademika Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda. Adapun untuk masing-masing Fakultas dan program studi, Biro, UPT dan Lembaga, website resminya adalah sebagai berikut:

a)                                      http://www.pertanian.untag-smd.ac.id (Fakultas Pertanian)

b)                                      http://www.ekonomi.untag-smd.ac.id (Fakultas Ekonomi)

c)                                      http://www.sospol.untag-smd.ac.id (Fakultas Sospol)

d)                                      http://www.hukum.untag-smd.ac.id (Fakultas Hukum)

e)                                      http://www.teknik.untag-smd.ac.id (Fakultas Teknik)

f)                                       http://www.psikologi.untag-smd.ac.id (Fakultas Psikologi)

 

UNTAG  1945 Samarinda juga memiliki website lembaga-lembaga dan UPT yang ada di lingkungan Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda yang terus dikembangkan, yaitu:

a)  http://lp2m.untag-smd.ac.id (LPPM)

b)   http://infokom.untag-smd.ac.id (Lembaga Infokom)

c)  http://lpm.untag-smd.ac.id (Lembaga Penjaminan Mutu)

d) http://baakpsi.untag-smd.ac.id (Biro Administasi Akademik Kemahasiswaan Perencanaan dan Sistem Informasi)

e)   http://ika.untag-smd.ac.id (Ikatan Alumni UNTAG)

f)    http://pkb.untag-smd.ac.id (Pusat Kajian Bahasa UNTAG)

g)    http://pusatkarir.untag-smd.ac.id (Pusat Karir UNTAG)

 

Untuk informasi terkait dengan jurnal ilmiah dan proses pembelajaran di lingkungan Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda dapat diakses melalui website berikut ini:

a)   https://siakad.untag-smd.ac.id (system informasi akademik UNTAG)

b)   http://ejurnal.untag-smd.ac.id (Jurnal yang terdiri dari semua fakultas)

c)  http://pusaka.untag-smd.ac.id/index.php (perpustakaan UNTAG)

d) http://situ.untag-smd.ac.id (sistem Tata Usaha/Simpeg)

e)   http://skripsi.untag-smd.ac.id (skripsi mahasiswa)

 

2.   Email

Untuk kemudahan pelayanan dan komunikasi melalui surat elektronik baik kalangan internal UNTAG 1945 Samarinda maupun kalangan eksternal, UNTAG1945 Samarinda menyediakan fasilitas layanan email dengan alamat This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. dan This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. melalui infokom.

Untuk tingkat Rektorat, Fakultas dan Unit Kerja lain di lingkungan Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda, berikut alamat emailnya:

a)      This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. (Rektor)

b)      This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. (PR1)

c)      This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. (PR2)

d)      This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. (PR3)

e)      This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. (yayasan)

f)       This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. (Fakultas Pertanian)

g)      This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. (Prodi Kehutanan)

h)      This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. (Prodi Agroteknologi)

i)        This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. (Fakultas Ekonomi)

j)        This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. (Prodi Manajemen)

k)      This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. (Prodi Akuntansi)

l)        This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. (Fakultas Isipol)

m)    This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. (Fakultas Hukum)

n)      This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. (Fakultas Teknik)

o)      This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. (Prodi Teknik Sipil)

p)      This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. (Prodi Arsitektur)

q)      This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. (Fakultas Psikologi)

r)       This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. (LPPM)

s)      This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. (Lembaga Infokom)

t)       This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. (Lembaga Penjaminan Mutu)

u)      This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. (Biro BAAKPSI)

v)      This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. (Biro BAU)

w)     This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. (Biro Keuangan)

x)      This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. (Perpustakaan)

y)      This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. (Pusat Kajian Bahasa)

 

3.   Fasiltas Internet

 

Fasilitas internet yang disediakan bagi sivitas akademika secara umum dapat dibedakan menjadi:

a)   Mahasiswa dan dosen dapat memanfaatkan fasilitas komputer  yang dilengkapi dengan jaringan internet yang disediakan oleh UNTAG 1945 Samarinda yang berada di UPT Lab Komputer dan Komputer umum di BAAKPSI.

b)  Untuk memudahkan akses internet untuk sivitas akademika di sekitar kampus dilengkapi dengan Wireless Fidelity (Wifi) dibeberapa tempat yang strategis seperti di taman, auditorium, perpustakaan, ruang rapat, BAAKPSI, BAU, Lab komputer, gedung psikologi, gedung sospol, ruang dosen ekonomi, ruang yayasan.

 

4.   Jaringan Nirkabel

 

Jaringan nirkabel di lingkungan UNTAG 1945 Samarinda dipergunakan untuk fasilitas hotspot yang dapat diakses di beberapa titik di lingkungan kampus. Dengan demikian fleksibilitas akses data dan informasi dapat dilakukan dengan mudah oleh sivitas akademika dan ada beberapa wifi yang tidak di password untuk umum.

 

 

6.3.6  Jelaskan kapasitas internet yang tersedia dan bandwidth per mahasiswa.

 

 

Setiap Sistem Informasi memiliki batasan dan level aksebilitas. Setiap dosen memiliki akses yang berbeda dengan ketua jurusan. Begitu pula level pimpinan fakultas memiliki akses ke SIM Untag yang berbeda pula dengan pimpinan universitas. Hal ini dilakukan untuk menjamin hak akses dan tanggungjawab atas pekerjaan yang dilakukan.

Seorang dosen yang merangkap sebagai pejabat struktural dalam lingkungan Untag akan mendapatkan dua akses. Satu akses yang melekat pada dirinya sebagai dosen, dan satu akses lagi sebagai pejabat struktural. Akses pejabat struktural akan berakhir pada saat dosen bersangkutan mengakhiri tugas dan fungsinya sebagai pejabat struktural.

Pengaturan akses ditangani oleh admin SIM Untag dengan mengacu kepada surat keputusan resmi. Artinya, admin SIM Untag tidak akan mengubah suatu akses, manakala Surat Keputusan pemberian tugas dan fungsi tambahan itu resmi dikeluarkan oleh pimpinan universitas.

Bandwith yang tersedia saat ini adalah 50 Mbps dengan jumlah mahasiswa sebanyak 7399. dengan demikian kapasistas bandwith adalah 6,91 Kbps/mahasiswa.

 

 

6.3.7   Aksesibiltas Data

 

Beri tanda pada kolom yang sesuai (hanya satu kolom) dengan aksesibilitas tiap jenis data pada tabel berikut.

 

No.

Jenis Data

Sistem Pengelolaan Data

Secara Manual

Dengan Komputer Tanpa Jaringan

Dengan Komputer Jaringan Lokal (Intranet)

Dengan Komputer Jaringan Luas (Internet)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

 

 

 

 

 

 

1

Mahasiswa

 

 

 

2

Pembayaran SPP

 

 

 

3

Kartu Rencana Studi (KRS)

 

 

 

4

Jadwal mata kuliah

 

 

 

5

Nilai mata kuliah

 

 

 

6

Transkrip akademik

 

 

 

7

Lulusan

 

 

 

8

Tenaga pendidik

 

 

 

9

Tenaga kependidikan

 

 

 

10

Tenaga pendukung lainnya

 

 

 

11

Keuangan

 

 

 

12

Inventaris

 

 

 

13

Perpustakaan

 

 

 

Jumlah tanda

NA=

NB=

NC =

ND =13

 

 

6.3.8  Blue print sistem informasi.

Jelaskan blue print pengembangan, pengelolaan, dan pemanfaatan sistem informasi.

 

         

Visi dan Misi Lembaga Infokom (Bagian ICT)

Visi

Menjadi institusi pendidikan tinggi  yang unggul, mandiri dan berjiwa kebangsaan yang berbasis TIK.

 

Misi

1.        Pemantapan Infrastruktur TeknologiInformasi.

2.        Meningkatkan layanan dalam bidang akademik berbasis teknologi informasi (cybercampus).

3.        Meningkatkan layanan fasilitas penunjang proses belajar mengajar dengan menggunakane-learning.

4.        Meningkatkanlayananfasilitasemail, dan bloguntuk sivitasakademik.

5.        Memberikan lulusan yang terbaik dengan pembekalan dalam bidang teknologi informasi melalui pelatihan, seminar, d a n   kursus.

6.        Mengadakan kerjasama dengan vendor teknologi informasi (seperti Google, Microsoft,Ciscodanvendorlainnyayangterkaitdenganteknologiinformasi).

 

Tujuan

  Tujuan dari penyusunan dokumen ini adalah sebagai pedoman untuk memberikan arah bagi penataan, pengembangan, penerapan  dan pelayanan teknologi informasi dan komunikasi Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda Tahun 2013-2017 untuk kepentingan sivitas akademika UNTAG  1945 Samarinda dan masyarakat secara umum.

 

Manfaat Program Pelayanan Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda

 

     Program pelayanan teknologi informasi dan komunikasi dirancang, disusun dan dilaksanakan agar dapat memberikan manfaat bagi semua pihak, khususnya sivitas akademika UNTAG 1945 Samarinda.

 

  Pimpinan :

 

1.   Teknologi informasi dan komunikasi dapat menjadi alat bantu pengambil keputusan yang akurat, cepat, cermat danterpercaya.

2.   Teknologi informasi dan komunikasi memberikan kemudahan dalam berinteraksi dan berkomunikasi dengan segenap sivitasakademik di lingkungan UNTAG 1945 Samarinda dan pihak luar UNTAG 1945 Samarinda.

 

Dosen :

 

1.   Teknologi informasi dan komunikasi digunakan sebagai penunjang proses belajar mengajar di kelas maupun di luarkelas.

2.   Dosen  dapat  berinteraksi  langsung  dengan  mahasiswa  melalui    e-mail, teleconference, blog maupun voice chat.

3.   Layanan Internet dapat dimanfaatkan dosen guna menunjang penelitian, melaksanakan proses belajar mengajar jarak jauh, pencarian informasi studi lanjut maupun komunikasi dan interaksi dengan dunialuar.

 

Mahasiswa :

 

1.    Teknologi informasi dan komunikasi dapat menjadi salah satu sarana penunjang proses belajar-mengajar yang efektif danefisien.

2.    Mahasiswa dapat berinteraksi dengan dosen maupun dengan ilmuwan lain melalui e-mail, website, teleconference, blog maupun voicechat.

3.    Mahasiswa dapat memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi  untuk mengakses sumber informasi dan pangkalan pengetahuan guna menunjang proses belajarnya di UNTAG1945 Samarinda.

 

Pegawai :

 

1.   Teknologi informasi dan komunikasi dapat menjadi sarana bagi pekerjaan-pekerjaan administratif yang memberikan efisiensi dan produktivitas kerja yangtinggi.

2.   Memudahkan pelayanan kepada sivitas akademika UNTAG1945 Samarinda.

 

 Alumni :

    1.     Teknologi informasi dan komunikasi menjadi suatu sarana interaksi dan komunikasi alumni dengan almamaternya.

    2.     Teknologi informasi dan komunikasi memudahkan untuk penelusuran alumni.

    3.     Dapat meningkatkan kebanggaan terhadap almamater sehingga secara langsung maupun tidak langsung dapat meningkatkan nilai tambah dan nilai jual alumni UNTAG 1945 Samarinda.

 

Kondisi Terkini UPT.  Infokom (Bagian ICT)

 

(1)   Prasarana dan Sarana yang dimiliki

Sarana dan prasarana yang dimiliki oleh Untag 1945 Samarinda dalam pengembangan, pengelolaan, dan pemanfaatan sistem informasi saat ini dapat dikatakan sangat memadahi untuk mendukung sistem IT hal ini dikarenakan memiliki bandwidth sebesar 40 Mbps dan laboratorium komputer terpadu yang didukung oleh 80 unit komputer yang terintegrsi serta perangkat hardware dan software yang lengkap  

 

Tabel 6.2  Kapasitas Bandwidth Universitas 17 Agustus 1945 Tahun 2018

 

NO

PENYEDIA JASA LAYANAN INTERNET

BESAR (MBPS)

MEDIA (FO/KABEL/WIRE LESS)

KETERANGAN

1

Astinet dedicated (Telkom)

50Mbps

Fiber Optic

 Baik

2

spedy gold

5Mbps

Fiber Optic

 Rusak

putus

 

 

Tabel 6.3 Jumlah Router di Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda

NO.

MEREK

SPESIFIKASI

JUMLAH

KETERANGAN

1.     

Routerboard RB450G

Routerboard RB450G (680MHz Atheros CPU, 256MB DDR RAM, 512MB NAND Storage) dengan RouterOS (Level 5) dalam kemasan kotak indoor yang ringkas, 5 (lima) buah port gigabit 10/100/1000, dan slot mikro-SD. Tidak bisa dipasangkan wireless card. Sudah termasuk 1 buah adaptor 24 Volt.

4

Ruang server

2.     

Routerboard RB450G

Routerboard RB450G (680MHz Atheros CPU, 256MB DDR RAM, 512MB NAND Storage) dengan RouterOS (Level 5) dalam kemasan kotak indoor yang ringkas, 5 (lima) buah port gigabit 10/100/1000, dan slot mikro-SD. Tidak bisa dipasangkan wireless card. Sudah termasuk 1 buah adaptor 24 Volt.

1

Fakultas Ekonomi

3.     

Routerboard RB450G

Auditorium

2

BAAKPSI

4.     

Routerboard RB450G

Routerboard RB450G (680MHz Atheros CPU, 256MB DDR RAM, 512MB NAND Storage) dengan Router OS (Level 5) dalam kemasan kotak indoor yang ringkas, 5 (lima) buah port gigabit 10/100/1000, dan slot mikro-SD. Tidak bisa dipasangkan wireless card. Sudah termasuk 1 buah adaptor 24 Volt.

2

Lab Komputer

5.     

Routerboard RB450G

Routerboard RB450G (680MHz Atheros CPU, 256MB DDR RAM, 512MB NAND Storage) dengan RouterOS (Level 5) dalam kemasan kotak indoor yang ringkas, 5 (lima) buah port gigabit 10/100/1000, dan slot mikro-SD. Tidak bisa dipasangkan wireless card. Sudah termasuk 1 buah adaptor 24 Volt.

1

Auditorium

 

 

Tabel 6.4  Jumlah Switch Jaringan Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda

 

No.

MEREK

SPESIFIKASI

KECEPATAN

JUMLAH

KETERANGAN

1.

TP-LINK

48 port RJ45

1000 Mbps.

1

Ruang Server

2.

TP-LINK

24 port RJ45

100 Mbps

2

Ruang Server

3.

TP-LINK

24 port RJ45

100 Mbps

1

Fakultas Ekonomi

4.

TP-LINK

24 port RJ45

100 Mbps

1

Fakultas Sospol

5.

TP-LINK

24 port RJ45

100 Mbps

1

Fakultas Hukum

6.

TP-LINK

24 port RJ45

100 Mbps

1

Fakultas Teknik Lt.2

7.

TP-LINK

24 port RJ45

100 Mbps

1

Fakultas Pertanian Lt.2

8.

TP-LINK

24 port RJ45

100 Mbps

2

Ruang BAAKPSI

9.

TP-LINK

24 port RJ45

100 Mbps

1

Ruang BAU

10.

TP-LINK

16 port RJ45

100 Mbps

1

Ruang PR.II

11.

TP-LINK

16 port RJ45

1000 Mbps

1

Ruang Perpustakaan

12.

TP-LINK

16 port RJ45

100 Mbps

1

Ruang Keuangan

13.

TP-LINK

48 port RJ45

100 Mbps

1

Ruang Lab. Komputer

14.

TP-LINK

16 port RJ45

100 Mbps

1

Ruang Lab Komputer

15.

TP-LINK

24 port RJ45

100 Mbps

1

Ruang Lab. Bahasa

16.

TP-LINK

24 port RJ45

100 Mbps

1

Ruang TU Fakultas Teknik

17.

TP-LINK

24 port RJ45

100 Mbps

1

Ruang Fakultas Sospol Gedung F

18.

TP-LINK

24 port RJ45

100 Mbps

1

Ruang Fakultas Psikologi

19.

TP-LINK

16 port RJ45

100 Mbps

1

Ruang Rapat Utama 1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tabel 6.5 Jumlah Access Point di Lingkungan Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda

No.

MEREK

SPESIFIKASI

KECEPATAN

JUMLAH

KETERANGAN

1.

TL-A901ND

Indoor 2,4 GHZ

300Mbps

1

Ruang Yayasan

2.

TL-WA500G

Indoor 2.4-2.4835GHz

54 Mbps

1

Rektorat

3.

TL-WA500G

Indoor 2.4-2.4835GHz

54 Mbps

1

BAU

4.

TL-WA500G

Indoor 2.4-2.4835GHz

54 Mbps

1

Ruang Rapat II

5.

TL-901ND

Indoor 2,4 GHZ 8

300Mbps

1

Ruang Rapat I

6.

TL-WA500G

Indoor 2.4-2.4835GHz

54 Mbps

1

Ruang BAAKPSI

7.

TL-WA500G

Indoor 2.4-2.4835GHz

300Mbps

1

Fakultas Ekonomi

8.

TL-WA500G

Indoor 2.4-2.4835GHz

300Mbps

1

Perpustakaan

9.

TL-WA500G

Indoor 2.4-2.4835GHz

54 Mbps

1

Ruang Lab Komputer

10.

TL-WA500G

Indoor 2.4-2.4835GHz

300Mbps

1

Auditorium

11.

TL-WA500G

Indoor 2.4-2.4835GHz

300Mbps

1

Fakultas Psikologi

12.

TL-WA500G

Indoor 2.4-2.4835GHz

54 Mbps

1

Ruang Sospol Gedung F

 

 

Tabel 6.6  Jumlah Server Jaringan Universitas 17 Agustus 1945  Samarinda

 

No.

MEREK

SPESIFIKASI

JUMLAH

KETERANGAN

1.

IBM XEON 650

Prosesor : Intel Xeon Processor E5-2600 v2

Harddisk : 300GB

RAM : 2GB

3

Baik

2.

Super Micro Super Server 5018D - MTF

 

Processor QUAD CORE Intel XEON E3 - 1220 V3 ( Xeon 3.1 GHz )

FSB 1600 MHz ; 8 MB ; Xeon with QPI 5.8 GT/s Haswell

 224 Chipset Express PCHâMB/ X10SCLM - F w/ Intel

Memory 32 GB ( 4 X 8 GB DDR-3 ECC UDIMM Up to 32 GB )

Harddisk 2 x 2 TB SATA-3 ; 7200 RPM 3.5 " Enterprise

4 x 3.5 " Hot Swap SATA Drive Bays

Intel SATA Controller for 6 SATA-2 ( 3 Gbps )

Support RAID 0, 1, 5, 10

QUAD LAN with Intel i217LM & AT Gigabit Fast Ethernet Controller

+ AOC SGP-i2 Gigabit Fast Ethernet Card

Integrated Nuvoton Graphics Controller

Expansion Slots 1 PCI Express 3.0 x8

IPMI 2.0 + KVM With Dedicated LAN For Remote

DVD RW Slim ; Keyboard + Mouse

Chassis SC 813MTQ - 350CB

Chassis 1 U Rackmount + Railkit

350 WATT High Efficiency Power Supply

 

3

Baik

 

 

(2)   Unit Pengelola di Tingkat Institusi

Pengembangan, pengelolaan, dan pemanfaatan sistem informasidi lingkungan UNTAG 1945 Samarinda dikelola oleh UPT. Infokom yang memiliki visi ” Menjadi institusi pendidikan tinggi  yang unggul, mandiri dan berjiwa kebangsaan yang berbasis TIK”. Dalam mengemban tugasnya UPT. Infokom didukung oleh struktur organisasi yang telah ditetapkan oleh Rektor yang telah diatur dan termuat dalam dokumen SPMI denganNomor Dokumen : UNTAG-SO-16tentangStruktur Organisasi IT dengan rencana mutu dan sasaran mutu sesuai dengandokumen SPMI denganNomor Dokumen : UNTAG-RM-16tentangRancangan Mutu IT dan Nomor Dokumen : UNTAG-SM-16tentangSasaran Mutu IT.

 

(3)  Sistem Aliran Data dan Otorisasi Akses Data

Pada tahun 2013/2014 adalah tahun revitalisasi sistem informasi dan infrastruktur jaringan yang ada di UNTAG 1945 Samarinda dimana sistem informasi dan  infrastruktur dasar jaringan komputer yang ada di UNTAG 1945 Samarinda akan dirubah sesuai dengan blue print dasar yang dibangun mulai dari awal. Infrastruktur  jaringan computer  adalah sesuatu yang dasar yang harus dibangun dengan baik karena merupakan pondasi utama untuk dapat melaksanakan seluruh kegiatan berdasarkan sistem informasi. Secara umum layanan yang telah dilakukan meliputi :

        a.  Layanan prasarana jaringan dan komputer, yang meliputi :

-       Kampus local area nerwork

-       Wide area network

-       Data center

-       Internet connection

-       Students computer services

-       Data security sistem

-       Computer dan network technical support

        b.  Layanan komunikasi dan internet, yang meliputi :

-       Web

-       Email service

-       Logger sistem

-       Official web site

-       Messenger sistem

-       Portal service

-       Video conference sistem

        c.  Layanan sistem informasi manajemen, yang meliputi :

-       Sisitem informasi akademik (siakad)

-       Sistem informasi perpustakaan (pusaka)

-       Sistem informasi tata usaha(situ)

-       Sistem informasi keuangan

-       Sistem informasi penelitian

-       Sistem informasi kemahasiswaan

-       Sistem informasi alumni

-       Sistem informasi pengabdian

-       Sistem informasi kepegawaian

        d.  Layanan teknologi instruksional pembelajaran, yang meliputi :

-       E-learning sistem

-       Distance learning sistem

-       Training center

-       Pelatihan dan kursus

        e.  Layanan bisnis dan pengguna, yang meliputi :

-       Helpdesk/call center

-       Legal software

-       Manajemen proyek

 

Secara umum otorisasi penggunaan layanan jaringan informasi sebagai berikut :

a.  Pengguna internal kampus, yang meliputi :

-       Pimpinan Universitas

-       Dosen

-       Karyawan/staff

-       Mahasiswa

-       Fakultas

-       Jurusan

-       Program studi

-       Lembaga

-       Biro

-       Unit pelaksana teknis

-       Himpunan kemahasiswaan

-       Kepanitian

b. Pengguna eksternal kampus, yang meliputi :

-       Tamu resmi universitas

-       Rekanan universitas

c. Aturan Hak akses user, yang meliputi :

-       Pengembang

-       Supervisor

-       Super administrator

-       Administrator

-       Pengguna khusus

-       Pengguna biasa

-       Tamu

 

 

 

Gambar 6.1. Topologi Jaringan Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda

 

(4)   Sistem Disaster Recovery.

Untuk menjaga keamanan dan pemulihan system informasi yang telah terbangun dilakukan kerjasama dengan vendor seperti PT. Suteki, PT Beon Intermedia dan Telkom sehingga diharapkan system yang ada aman dari gangguan yang dapat merusak bahkan menghancurkan software yang ada.

 

(5)   Rancangan Pengembangan Struktur Organisasi Infokom

Struktur organisasi  yang  ada  sekarang  harus  ditata ulang  dan  disesuaikan dengan kebutuhan saat ini dan masa datang serta mampu menjadi  penerapan  konsep  pelayanan  teknologi  informasi dan  komunikasi yang telah dirumuskan. Struktur organisasi ini diharapkan dapat memenuhi harapan pimpinan dan sivitas akademika UNTAG 1945 Samarinda, pihak luar kampus atau masyarakat, tidak bertentangan dengan peraturan yang berlaku,  ramping, transparan, efektif dan  akuntabel  serta fleksibel. Struktur Organisasi UPT. Infokom terdiri dari antara lain :

-       Bagian Networking

-       Bagian Perawatan dan Pengadaan

-       Bagian Pengembangan Sistem Informasi Manajemen

-       Bagian Pendidikan

-       Bagian Usaha

Adapun rancangan struktur organisasi seperti di bawah ini :

 

 

Gambar 6.2. Rancangan Struktur Organisasi

 

 

 

 

LAMPIRAN :

6.3.8. Blue print. Pdf

Add comment


Security code
Refresh