^ TOP BACK

Statistik Online

We have 44 guests and no members online

Pengunjung

Flag Counter

Statistik Situs

313235
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
69
229
1936
309403
5958
6989
313235

Your IP: 54.198.52.8
Server Time: 2017-09-23 05:25:39

Live Traffic

Login Form

Choose Language

English French German Italian Portuguese Russian Spanish

3.4 Himpunan Alumni

3.4.   Himpunan Alumni

Jelaskan apakah lulusan program studi memiliki himpunan alumni.  Jika memiliki, jelaskan aktivitas dan hasil kegiatan dari himpunan alumni untuk kemajuan program studi dalam kegiatan akademik dan non akademik, meliputi sumbangan dana, sumbangan fasilitas, keterlibatan dalam kegiatan, pengembangan jejaring, dan penyediaan fasilitas.

Lulusan Program Studi memiliki himpunan alumni (IKA Faperta Untag 1945 Samarinda). Hasil kegiatan dari himpunan alumni untuk kemajuan program studi dalam kegiatan akademik dan non akademik, meliputi sumbangan dana, sumbangan fasilitas, keterlibatan dalam kegiatan, pengembangan jejaring, dan penyediaan fasilitas. Prosedur penerimaan sumbangan alumni  mengacu pada SOP Nomor Dokumen: UNTAG-PM-11/15tentangSumbangan dari Alumni:

 

UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 SAMARINDA

Jl. Ir. H. Juanda No.80 SamarindaTelp. (0541) 743390

Kalimantan Timur 75124, Indonesia http://untag-smd.ac.id

No. Dokumen:

UNTAG-PM-11/15

Prosedur Mutu

SUMBANGAN DARI ALUMNI

DOKUMEN

 ISO 9001:2008/IWA 2

TERINTEGRASI DENGAN

AIPT BAN PT

Tgl Berlaku:

17-8-2014

Revisi :

00

Hal :

4 dari 4

 

Alur Proses Sumbangan dari Alumni

 

Distribusi formulir

 

1.   Program tracer study yang dilaksanakan oleh Bagian Kemahasiswaan melampirkan formulir sumbangan alumni   

 

 

Bentuk sumbangan

 

2.    Alumni yang akan memberikan sumbangannya, melengkapi formulir sumbangan dan menyerahkan dana melalui bank atas nama kampus, atau memberikan sumbangan berupa barang, tenaga dan pemikiran melalui Bagian Kemahasiswaan

 

 

Pemberian sumbangan

 

3.   Bagian Kemahasiswaan  mengakomodir pemberian sumbangan dan membuat laporan penerimaan sumbangan. Sumbangan berupa barang atau prasarana diserahkan ke Bagian Umum dan Sarpras, laporan diserahkan ke Bagian Keuangan

 

 

Laporan

 

4.   Bagian Keuangan mencatat penambahan asset yang berasal dari sumbangan, jika sumbangan berupa uang tunai, maka bagian keuangan membuat laporan penerimaan sumbangan dari mahasiswa.

 

a. Sumbangan  untuk kegiatan Akademik :

1.      Sumbangan Dana : Dana seminar danPelatihan mahasiswa.

2.      Sumbangan Fasilitas : Buku, jurnal, majalah ilmiah

3.      Keterlibatan dalam Kegiatan : Pembahasan kurikulum, berperan sebagai pelaksana dan narasumber pada pelatihan dan seminar.

4.      Pengembangan Jejaring : Ikatan Alumni, Himpunan Alumni Jurusan kehutanan, web dinamis.

5.      Penyediaan Fasilitas : Penyediaan tempat penelitian,  pengabdian masyarakat, dan pelatihan. Telah memberikan fasilitas akademik berupa izin penelitian, peminjaman alat-alat praktek kepada mahasiswa aktif

b. Sumbangan untuk kegiatan Non Akademik :

1.      Sumbangan Dana : Sumbangan kegiatan mahasiswa berupabantuan pendanaan ke Fakultas/PS dalam setiap pertemuan alumni berupa bantuan dana spontan Rp. 3 juta,- sampai Rp. 5 juta,- (olahraga, musik, dan pengabdian masyarakat).

2.      Sumbangan Fasilitas : Penunjang PBM berupa fasilitas kerja seperti 3 unit komputer, 3 unit printer, untuk membantu  kemudahan proses kerja pada  tanggal  23 Agustus 2011.

3.      Keterlibatan dalam Kegiatan : Olah raga, kegiatan keagamaan, bakti sosial, penghijauan.

2.      Pengembangan Jejaring : Facebook, twitter , BBM , Whatsapp (informasi tentang peluang pekerjaan). Ikut terlibat dalam kegiatan-kegiatan untuk mensosialisasikan dan membangun  jejaring Program Studi Kehutanan keberbagai daerah baik kota dan kabupaten di wilayah Kalimantan Timur, Ikut terlibat dalam kegiatan-kegiatan untuk mensosialisasikan dan membangun  jejaring Program Studi Kehutanan keberbagai daerah baik kota dan kabupaten di wilayah Kalimantan Timur.

2.      Penyediaan Fasilitas : Magang/pelatihan kerja, mensosialisasikan Program Studi kepada Instansi tempat bekerja maupun kepada masyarakat umum. Ikut terlibat dalam kegiatan-kegiatan untuk mensosialisasikan dan membangun  jejaring Program Studi Kehutanan keberbagai daerah baik kota dan kabupaten di wilayah Kalimantan Timur.

 

 

Gambar 16. Himpunan Alumni

Dokumentasi dan SOP No. UNTAG-PM-11/15 tentang Sumbangan dari Alumni dapat dilihat di spm.untag-smd.ac.id.