^ TOP BACK

Statistik Online

We have 10 guests and no members online

Pengunjung

Flag Counter

Statistik Situs

2222753
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
592
1227
9518
2207231
19902
28417
2222753

Your IP: 3.137.161.222
Server Time: 2024-04-19 16:53:10

Live Traffic

Live Website Traffic

Login Form

Choose Language

English French German Italian Portuguese Russian Spanish

Standar 3.2. Lulusan

3.2  Lulusan

 

3.2.1a Tuliskan jumlah mahasiswa dan lulusan program pendidikan sarjana (S-1) tujuh tahun terakhir dengan mengikuti format tabel berikut.

Tahun Masuk

Jumlah Mahasiswa per Angkatan pada Tahun*

Jumlah Lulusan s.d. TS

TS-6

TS-5

TS-4

TS-3

TS-2

TS-1

TS

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

(9)

TS-6

(a)=1002

1002

1002

823

560

475

(b)=440

(c)=179+263+85+36 = 562

TS-5

 

1061

1061

1061

813

467

408

248+346+59=653

TS-4

 

 

1212

1212

1212

880

503

332+377=709

TS-3

 

 

 

(d) =1371

1371

1371

(e) =1015

(f) = 356

TS-2

 

 

 

 

1819

1819

1819

 

TS-1

 

 

 

 

 

1255

1255

 

TS

 

 

 

 

 

 

1408

 

 Catatan : * Tidak termasuk mahasiswa transfer.

Huruf-huruf a1, b1, c1, d1, e1 dan f1 harus tetap tercantum pada tabel di atas.

TS = Tahun akademik penuh yang terakhir.  TS-1 = Satu tahun sebelum TS.

 

3.2.1b Tuliskan data jumlah mahasiswa dan lulusan program pendidikan magister (S-2)  lima tahun terakhir dengan mengikuti format tabel berikut.

Tahun Masuk

Jumlah Mahasiswa per Angkatan pada Tahun*

Jumlah Lulusan

s.d. TS

TS-4

TS-3

TS-2

TS-1

TS

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(9)

TS-4

(a2)=

 

 

 

(b2)=

(c2)=

TS-3

 

 

 

 

 

 

TS-2

 

 

 

 

 

 

TS-1

 

 

 

(d2) =

(e2) =

(f2) =

TS

 

 

 

 

 

 

Catatan : * Tidak termasuk mahasiswa transfer.

Huruf-huruf a2, b2, c2, d2, e2 dan f2 harus tetap tercantum pada tabel di atas.

 

3.2.1c Tuliskan data jumlah mahasiswa dan lulusan program pendidikan doktor (S-3) enam  tahun terakhir dengan mengikuti format tabel berikut.

Tahun Masuk

Jumlah Mahasiswa per Angkatan

Jumlah Lulusan s.d. TS

TS-5

TS-4

TS-3

TS-2

TS-1

TS

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

TS-5

(a3)=

 

 

 

 

(b3)=

(c3)=

TS4

 

 

 

 

 

 

 

TS-3

 

 

 

 

 

 

 

TS-2

 

 

 

(d3) =

 

(e3) =

(f3) =

TS-1

 

 

 

 

 

 

 

TS

 

 

 

 

 

 

Catatan : * Tidak termasuk mahasiswa transfer.

Huruf-huruf a3, b3, c3, d3, e3 dan f3 harus tetap tercantum pada tabel di atas.

 

3.2.1d Tuliskan data jumlah mahasiswa dan lulusan program pendidikan diploma IV (D-4)  tujuh tahun terakhir dengan mengikuti format tabel berikut.

Tahun Masuk

Jumlah Mahasiswa per Angkatan

pada Tahun*

Jumlah Lulusan s.d. TS

TS-6

TS-5

TS-4

TS-3

TS-2

TS-1

TS

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

(9)

TS-6

(a4)=

 

 

 

 

 

(b4)=

(c4)=

TS-5

 

 

 

 

 

 

 

 

TS-4

 

 

 

 

 

 

 

 

TS-3

 

 

 

(d4) =

 

 

(e4) =

(f4) =

TS-2

 

 

 

 

 

 

 

 

TS-1

 

 

 

 

 

 

 

 

TS

 

 

 

 

 

 

 

 

Catatan : * Tidak termasuk mahasiswa transfer.

Huruf-huruf a4, b4, c4, d4, e4 dan f4 harus tetap tercantum pada tabel di atas.

 

3.2.1e Tuliskan data jumlah mahasiswa dan lulusan program pendidikan diploma III (D-3)

            lima tahun terakhir dengan mengikuti format tabel berikut.

Tahun Masuk

Jumlah Mahasiswa per Angkatan pada Tahun*

Jumlah Lulusan

s.d. TS

TS-4

TS-3

TS-2

TS-1

 

TS

 

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

TS-4

(a5)=

 

 

 

(b5)=

(c5)=

TS-3

 

 

 

 

 

 

TS-2

 

 

(d5) =

 

(e5) =

(f5) =

TS-1

 

 

 

 

 

 

TS

 

 

 

 

 

 

Catatan : * Tidak termasuk mahasiswa transfer.

Huruf-huruf a5, b5, c5, d5, e5 dan f5 harus tetap tercantum pada tabel di atas.

 

3.2.1f  Tuliskan data jumlah mahasiswa dan lulusan program pendidikan diploma II (D-2)

           tiga tahun terakhir dengan mengikuti format tabel berikut.

 

Tahun Masuk

Jumlah Mahasiswa per Angkatan pada Tahun*

Jumlah Lulusan pada T.S

TS-2

TS-1

TS

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

TS-2

(a6)=

 

(b6)=

(c6)=

TS-1

 

(d6)=

(e6)

(f6) =

TS

 

 

 

 

Catatan : * Tidak termasuk mahasiswa transfer.

Huruf-huruf a6, b6, c6, d6, e6 dan f6 harus tetap tercantum pada tabel di atas.

 

3.2.1g Tuliskan data jumlah mahasiswa dan lulusan program pendidikan diploma I (D-1)

           dua tahun terakhir dengan mengikuti format tabel berikut.

Tahun Masuk

Jumlah Mahasiswa per Angkatan pada Tahun*

Jumlah Lulusan pada T.S

TS-1

TS

 (1)

(2)

(3)

(4)

TS-1

(a7)=

(b7)=

(c7) =

TS

 

(d7)=

(f7) =

Catatan : * Tidak termasuk mahasiswa transfer.

Huruf-huruf a7, b7, c7, d7, e7 dan f7 harus tetap tercantum pada tabel di atas.

 

1.2.2      Tuliskan rata-rata masa studi mahasiswa dan IPK lulusan dalam tabel berikut.

 

No.

Program Pendidikan

Rata-rata Masa Studi Lulusan (Tahun) pada

Rata-rata IPK Lulusan pada

TS-2

TS-1

TS

TS-2

TS-1

TS

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Doktor (S-3)

-

-

-

-

-

-

2

Magister (S-2)

-

-

-

-

-

-

3

Sarjana (S-1)

4.8

4.6

4.5

3.19

3.20

3.19

4

Sarjana Sains Terapan (D-4)

-

-

-

-

-

-

5

Ahli Madya  (D-3)

-

-

-

-

-

-

6

Ahli Muda    (D-2)

-

-

-

-

-

-

7

Ahli Pratama (D-1)

-

-

-

-

-

-

 

3.2.3 Jelaskan kebijakan institusi terkait dengan studi pelacakan baik dari lulusan maupun dari pengguna lulusan, berikut keberadaan pedoman. Informasi mencakup: (1) kebijakan dan strategi, (2) instrumen, (3) monitoring dan evaluasi, dan (4) tindak lanjut.

 

 

Sistem pelacakan lulusan dan pengguna lulusan di UNTAG 1945 Samarinda dilakukan dengan menerapkan  Kebijakan dan strategi melalui komitmen institusi untuk mendorong seluruh program studi melakukan proses pelacakan alumni secara online, offline dan evaluasi lulusan berdasarkan Surat Keputusan Rektor nomor : 88 / SK/2015 tentang sistem dan mekanisme pelacakan dan Evaluasi alumni di lingkungan UNTAG 1945 Samarinda. Sedang metode, proses dan mekanisme kegiatan studi pelacakan mengacu pada dokumen SPMI dengan Nomor Dokumen: UNTAG-PM-07/21 tentang Tracer Study:

 

Kebijakan dan Strategi

Kebijakan dan Strategi Pelacakan alumni secara umum dilakukan secara  online dengan laman:https://siakad.untag-smd.ac.id/logintracer.php atau dengan cara mengirim kuesioner yang telah terisi lewat email masing-masing Fakultas untuk memudahkan lulusan atau alumni memberikan informasi tentang keberadaan dan pekerjaannya. Pelaksanaan pelacakan juga dilakukan secara langsung melalui wawancara kepada para alumni pada saat acara reuni lulusan pada masing-masing fakultas serta melakukan temu langsung dengan para lulusan pada tempat pelaksanaan pelacakan lulusan. Jumlah responden ditentukan secara sederhana yakni dengan memilih lembaga/instansi yang memanfaatkan atau memperkerjakan tenaga dari alumni. Pelaksanaan pelacakan alumni dilakukan oleh para staf terkait dibawah koordinasi wakil Dekan III dan hasilnya dilaporkan ke Rektor melalui Wakil Rektor III untuk ditindaklanjuti.

 

Metode, proses dan mekanisme kegiatan studi pelacakan mengacu pada dokumen SPMI Nomor Dokumen: Nomor Dokumen: UNTAG-PM-07/21 tentang Tracer Study:

 

 

 

 

UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 SAMARINDA

Jl. Ir. H. Juanda No.80 SamarindaTelp. (0541) 743390

Kalimantan Timur 75124, Indonesia http://untag-smd.ac.id

No. Dokumen:

UNTAG-PM-07/21

Prosedur Mutu

TRACER STUDY

DOKUMEN

 ISO 9001:2008/IWA 2

TERINTEGRASI DENGAN

AIPT BAN PT

Tgl Berlaku:

17-8-2014

Revisi :

01

Hal :

3 dari 3

 

 

 

 

 

Alur Proses Tracer Study

Pengumuman 

 

1.         Bagian Kemahasiswaan mengumumkan waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan kepada alumni melalui berbagai media

 

 

Pelaksanaan 

 

2.         Lulusan mendaftarkan diri dan mengikuti kegiatan yang diselenggarakan dan mengisi angket penelusuran alumni

 

 

Entry data

 

2.         Angket penelusuran alumni diserahkan kepada Bagian Kemahasiswaan untuk dientri ke dalam database lulusan

 

 

Laporan

 

3.         Bagian Kemahasiswaan menyerahkan rekapitulasi data lulusan kepada Rektor melalui Pembantu Rektor III

 

 

Tindak lanjut

 

4.         Setelah diotorisasi Pembantu Rektor III, rekapitulasi data lulusan diserahkan kepada Dekan untuk di tindaklanjuti.

 

Instrumen

Instrumen yang digunakan dalam pelaksanaan pelacakan lulusan yaitu berupa kuesioner seperti terdapat di website universitas dan fakultas. Instrumen berupa kuesioner terlebih dahulu diuji validitas dan reabilitasnya sebelum disebarkan ke para alumni sehingga diharapkan sahih dan andal disesuaikan dengan kondisi empirik para alumni.

 

Monitoring dan Evaluasi

Setiap tahun di semua fakultas  melakukan kegiatan monitoring dan evaluasi kepada seluruh alumni dan pengguna yang tersebar di luar dan di dalam Provinsi Kalimantan Timur. Hal ini dilakukan untuk memberi wawasan peluang kerja dan pengembangan karir bagi mahasiswa, dalam menghadapi kendala baik di dalam mencari lowongan kerja, menciptakan lapangan pekerjaan atau mengembangkan karirnya dalam suatu institusi. Kuesioner yang dibagikan kepada pengguna lulusan dan para alumni berbeda, bagi pengguna lulusan kuesioner yang dibagikan berisi pertanyaan yang berupa penilaian pengguna terkait dengan karakter dan kepribadian, relevansi kompetensi lulusan dengan bidang pekerjaannya, komitmen dan integritas lulusan, pengembangan wawasan keilmuan dan keterampilan yang mendukung pekerjaannya, misalnya penguasaan bahasa asing, khususnya bahasa Inggris, serta keterampilan lainnya, seperti kemampuan mengoperasikan komputer dan pendukung kerja lainnya.

 

Tindak Lanjut

Hasil dari pelacakan lulusan, kemudian dianalis dan selanjutnya disampaikan kepada program studi terkait untuk dijadikan sebagai bahan masukan dalam penyesuaian atau perbaikan kurikulum dan peningkatan kemampuan softskill serta perbaikan pelayanan administrasi, sehingga sasaran yang telah ditentukan dapat tercapai.  Tindak lanjut yang sudah dilakukan oleh Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda yang sudah dilaksanakan :

(1)    Proses pembelajaran:

a)  Penggunaan sarana PBM (teknologi informasi) lebih ditingkatkan,

b)  peninjauan dan perbaikan kurikulum

c)  peningkatan kemampuan  softskill untuk mengembangkan karakter mahasiswa  dengan melakukan pelatihan yang relevan

d)  Pemanfaatan IT yang lebih optimal

e)  Mengoptimalkan pengunaan laboratorium bahasa dan komputer

f)   keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan ilmiah lebih ditingkatkan,

g)  lebih meningkatkan frekuensi magang/PKL di tempat yang relevan.

(2)    Penggalangan dana:

a)  Beasiswa dan stimulan untuk mahasiswa dan dosen, beasiswa ini berasal dari Universitas, Pemerintah Provinsi (Kaltim Cemerlang), Dikti, Pemkot, dan Pemkab yang ada di Kaltim.

b)   Menjalin kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

 

3.2.4 Jelaskan pelaksanaan studi pelacakan, hasil evaluasi dalam lima tahun terakhir, dan tindak lanjut dari evaluasi terhadap peningkatan mutu lulusan.

 

 

Hasil    Pelaksanaan studi pelacakan lulusan dilaksanakan secara berkala setiap tahun oleh Bagian Kemahasiswaan  UNTAG 1945 Samarinda,  Wakil Dekan III semua fakultas  dan  ikatan alumni UNTAG 1945 Samarinda

Evaluasi kegiatan pada lima tahun terakhir menunjukkan bahwa terbangunnya jaringan  alumni UNTAG 1945 Samarinda   membantu pelacakan alumni, pengelolaan regitrasi alumni dan pengguna alumni.  Dari studi pelacakan ini universitas mendapatkan masukan dari alumni dan penguna alumni mengenai kompentensi lulusan, pengembangan kurikulum secara berkelanjutan, maupun pengembangan soft skill sebagai sarana untuk pengembangan karakter atau kepribadian mahasiswa Untag yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.

Sebagai contoh dari hasil studi pelacakan tersebut seperti pengguna lulusan masih mengeluhkan kurangnya kemampuan penguasaan bahasa asing oleh lulusan. Untuk merespon hasil evaluasi tersebut, maka dilakukan kegiatan pelatihan TOEFL dan TPA (Tes Potensi Akademik) secara berkala. Demikian halnya dengan pengembangan kepribadian atau karakter.

 

-            Metode: Pelacakan alumni dilakukan dengan metode kuesioner, reuni, visitasi ke tempat alumni bekerja;  jumlah responden ditentukan secara sederhana yakni dengan memilih lembaga/instansi yang memanfaatkan/memperkerjakan tenaga dari alumni.

-            Proses : Penyusunan dan penggalian data melalui kuesioner  bertujuan untuk merekam data dan informasi terkait dengan kinerja lulusan yang bekerja di instansi atau lembaganya, upaya pelacakandilakukan secara hati-hati diawali dengan inventarisasi sebaran alumni, hal ini dianggap penting untuk mendapatkan informasi yang benar dan akurat terkait dengan  alumni, pengguna alumni, kinerja alumni dan lain-lain. Sebagai tindak lanjutnya didapatkan informasi-informasi penting dan akurat terkait bobot dari pengisian kuesioner.

-            Mekanisme Pelaksanaan: Pengambilan data secara dilakukan dengan melakukan kunjungan ke pimpinan, direktur atau atasan dari lembaga yang menggunakan tenaga kerja dari alumni pada setiap program studi untuk melakukan pendataan dan diskusi melalui pengisian kuesioner yang telah disusun sesuai sasaran dan keperluan sedang secara tidak langsung melalui online baik lewat email maupun website. Tindak lanjutnya akan diperoleh data-data terkait penggunaan tenaga dari alumni, sehingga dapat diketahui bagaimana kinerja, kualitas lulusan, kelemahan lulusan, penguasaan keilmuan dan sebagainya sehingga dapat digunakan sebagai pedoman program studi dalam peningkatan kualitas pendidikan.

 

 

Tabel 3.5. Jumlah Lulusan yang Memberi Respon Kegiatan Studi Pelacakan

 

No.

Tahun

Jumlah Lulusan

pada Tahun

Jumlah Lulusan yang Memberi Respon

(1)

(2)

(3)

(4)

1

TS-4 / 2012

254

243

2

TS-3 / 2013

495

351

3

TS-2 / 2014

609

611

4

TS-1 / 2015

811

574

5

TS / 2016

827

679

Total

2996

2458

 

3.2.5  Himpunan Alumni

 

Jelaskan apakah lulusan memiliki himpunan alumni di tingkat institusi perguruan tinggi.

        tidak memiliki

    memiliki

Jika memiliki, jelaskan aktivitas dan hasil kegiatan dari himpunan alumni untuk kemajuan institusi perguruan tinggi dalam kegiatan akademik dan non akademik, meliputi sumbangan dana, sumbangan fasilitas, keterlibatan dalam kegiatan, pengembangan jejaring, dan penyediaan fasilitas.

 

 

Universitas dan fakultas di lingkungan UNTAG 1945 Samarinda telah  memiliki Ikatan Alumni (IKA) yang dilengkapi dengan lembaga/organisasi kepengurusannya. Setiap Ikatan Alumni tersebut mempunyai program masing-masing dan dilaksanakan secara terstruktur, diantaranya program kerja yang telah dilaksanakan berupa pertemuan alumni atau silaturahim/reuni setiap tahun. adapun kegiatan yang dilakukan antara lain penerimaan anggota baru, melaksanakan seminar, donor darah, olahraga (jalan sehat, tarik tambang, perlombaan lain)  bersama serta memberikan bantuan kepada anak yatim dan fakir miskin, beasiswa dan fasilitas penunjang  lainnya.

Adapun prosedur penerimaan sumbangan alumni  mengacu pada dokumen SPMI dengan Nomor Dokumen: UNTAG-PM-07/30.tentangSumbangan dari Alumni:

 

 

UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 SAMARINDA

Jl. Ir. H. Juanda No.80 SamarindaTelp. (0541) 743390

Kalimantan Timur 75124, Indonesia http://untag-smd.ac.id

No. Dokumen:

UNTAG-PM-07/30

Prosedur Mutu

SUMBANGAN DARI ALUMNI

DOKUMEN

 ISO 9001:2008/IWA 2

TERINTEGRASI DENGAN

AIPT BAN PT

Tgl Berlaku:

17-8-2014

Revisi :

01

Hal :

4 dari 4

 

 

 

 

 

Alur Proses Sumbangan dari Alumni

Distribusi formulir

 

1.   Program tracer study yang dilaksanakan oleh Bagian Kemahasiswaan melampirkan formulir sumbangan alumni   

 

 

Bentuk sumbangan

 

2.    Alumni yang akan memberikan sumbangannya, melengkapi formulir sumbangan dan menyerahkan dana melalui bank atas nama kampus, atau memberikan sumbangan berupa barang, tenaga dan pemikiran melalui Bagian Kemahasiswaan

 

 

Pemberian sumbangan

 

3.   Bagian Kemahasiswaan  mengakomodir pemberian sumbangan dan membuat laporan penerimaan sumbangan. Sumbangan berupa barang atau prasarana diserahkan ke Bagian Umum dan Sarpras, laporan diserahkan ke Bagian Keuangan

 

 

Laporan

 

4.   Bagian Keuanganmencatat penambahan asset yang berasal dari sumbangan, jika sumbangan berupa uang tunai, maka bagian keuangan membuat laporan penerimaan sumbangan dari mahasiswa.

 

Bentuk partisipasi lulusan dan alumni dalam mendukung pengembangan program Fakultas dan Universitas, yaitu sumbangan dalam bentuk:

a. Sumbangan  untuk kegiatan Akademik :

1.    Sumbangan Dana : Dana seminar danPelatihan mahasiswa.

2.    Sumbangan Fasilitas : Buku, jurnal, majalah ilmiah

3.    Keterlibatan dalam Kegiatan : Pembahasan kurikulum, berperan sebagai pelaksana dan narasumber pada pelatihan dan seminar.

4.    Pengembangan Jejaring : Ikatan Alumni, Himpunan Alumni Jurusan kehutanan, web dinamis.

5.    Penyediaan Fasilitas : Penyediaan tempat penelitian,  pengabdian masyarakat, dan pelatihan. Telah memberikan fasilitas akademik berupa izin penelitian, peminjaman alat-alat praktek kepada mahasiswa aktif

   b. Sumbangan untuk kegiatan Non Akademik :

1.    Sumbangan Dana : Sumbangan kegiatan mahasiswa berupa bantuan pendanaan ke Fakultas/PS dalam setiap pertemuan alumni berupa bantuan dana spontan (olah raga, musik, dan pengabdian masyarakat).

2.    Sumbangan Fasilitas : Penunjang PBM berupa fasilitas kerja seperti komputer, printer, untuk membantu  kemudahan proses kerja.

3.    Keterlibatan dalam Kegiatan : Olah raga, kegiatan keagamaan, bakti sosial, penghijauan.

 4.  Pengembangan Jejaring : Facebook, twitter , BBM , Whatsapp, line, Instagram, Path (informasi tentang peluang pekerjaan). Ikut terlibat dalam kegiatan-kegiatan untuk mensosialisasikan dan membangun  jejaring Program Studi keberbagai daerah baik kota dan kabupaten di wilayah Kalimantan Timurdan Utara (khususnya)

5.      Penyediaan Fasilitas : Magang/pelatihan kerja, mensosialisasikan Program Studi kepada Instansi tempat bekerja maupun kepada masyarakat umum.

 

 

 

Pertemuan Alumni

 

Serah Terima Bantuan Alumni Fakultas Pertanian

 

Serah Terima Bantuan Alumni Fakultas Teknik

Serah Terima Bantuan Alumni Fakultas Hukum

Gambar 3.4. Himpunan Alumni

Dokumentasi dan SOP No. UNTAG-PM-07/30 tentang Sumbangan dari Alumni dapat dilihat di spmi.untag-smd.ac.id.

 

LAMPIRAN :

3.2.1. Daftar lulusan dan IPK

·         TOTAL SK YUDISIUM GANJIL GENAP_2013_2014. Pdf

·         TOTAL SK YUDISIUM GANJIL GENAP_2014_2015. Pdf

·         TOTAL SK YUDISIUM GANJIL GENAP_2015_2016. Pdf

·         TOTAL SK YUDISIUM GANJIL GENAP_2016_2017. Pdf

·         TOTAL SK YUDISIUM GANJIL GENAP_UPDATE. Pdf