^ TOP BACK

Statistik Online

We have 27 guests and no members online

Pengunjung

Flag Counter

Statistik Situs

2401826
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
797
414
2216
2393714
2216
28799
2401826

Your IP: 3.135.205.26
Server Time: 2024-12-03 17:25:37

Live Traffic

Live Website Traffic

Login Form

Choose Language

English French German Italian Portuguese Russian Spanish

2.5 Umpan Balik

2.5. Umpan Balik

 

Apakah program studi telah melakukan kajian tentang proses pembelajaran melalui umpan balik dari dosen, mahasiswa, alumni, dan pengguna lulusan mengenai harapan dan persepsi mereka?  Jika Ya, jelaskan isi umpan balik dan tindak lanjutnya.

 

Kajian umpan balik dari Dosen sesuaiSOP Nomor Dokumen : UNTAG-PM-06/05tentang Prosedur Mutu Pengukuran Kepuasan Dosen Dan Tenaga Kependidikandan bisa dilihat pada website spm.untag-smd.ac.id

 

 

 

UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 SAMARINDA

Jl. Ir. H. Juanda No.80 SamarindaTelp. (0541) 743390

Kalimantan Timur 75124, Indonesiahttp://untag-smd.ac.id

 

No. Dokumen:

UNTAG-PM-06/05

Prosedur Mutu

PENGUKURAN KEPUASAN DOSEN DAN TENAGA KEPENDIDIKAN

DOKUMEN

 ISO 9001:2008/IWA 2

TERINTEGRASI DENGAN

AIPT BAN PT

Tgl Berlaku:

17-8-2014

Revisi :

00

Hal :

4 dari 5

             

 

Alur Proses Pengukuran Kepuasan Dosen dan Tenaga Kependidikan

 

PersiapanKuesioner Kepuasan Dosen

 

1.     Sesuai jadwal/periode pengukuran kepuasan dosen dan tenaga kependidikan, Sekretariat Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) mempersiapkan kuesioner kepuasan Dosen dan Tenaga Kependidikan

 

 

Penyebaran Kuesioner

 

2.     Sekretariat LPM menyebarkan kuesioner pengukuran kepuasan Dosen dan Tenaga Kependidikan.

 

 

Pengisian Kuesioner

 

3.      Dosen dan Tenaga Kependidikan mengisi kuesioner dan menyerahkan kembali ke Sekretariat LPM

 

 

Data Kuesioner

 

4.     Sekretariat BPM mengolah data kuisioner kepuasan Dosen dan Tenaga Kependidikan. yang telah terisi

 

 

Penyajian Data

 

5.     Sekretariat BPM menyajikan data hasil pengolahan kuisioner kepuasan pelanggan kepada Wakil Manajemen Mutu (Ketua LPM)

 

 

Verifikasi Tindakan Perbaikan

 

6.     Sekretariat BPM mengarsipkan kuisioner kepuasan Dosen dan Tenaga Kependidikan. dan data hasil olahannya

 

 

Tindak Lanjut Kuesioner Kepuasan Pelanggan

 

7.     Wakil Manajemen Mutu (Ketua LPM) menyerahkan data hasil pengolahan kuisioner pada pihak-pihak terkait untuk ditindak lanjuti melalui pengisian formulir Permintaan Tindakan Perbaikan &  Pencegahan 

 

 

Tindakan Perbaikan sesuai dengan Prosedur Tindakan Pencegahan dan Perbaikan

 

8.     Wakil Manajemen Mutu (Ketua LPM) memantau tindak lanjut yang dilakukan pihak terkait sesuai Prosedur Mutu Permintaan Tindakan Pencegahan dan perbaikan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Umpan Balik dari

Isi Umpan Balik

Tindak Lanjut

(1)

(2)

(3)

Dosen

 

Berdasarkan hasil rapat dosen dengan Ketua Program Studi pada tanggal 21 Agustus 2012 diusulkan sebagai berikut:

 

1.  Dosen memberikan deskripsi perkuliahan, handout, literatur, diktat disetiap perkuliahan.

 

 

2.  Setiap ruangan dilengkapi dengan  gorden sehingga penggunaan LCD jadi cerah dan efektif.

 

Hasil rapat pimpinan Fakultas tanggal 3 September 2012 atas usulan hasil rapat dosen, maka realisasi usulan tersebut sebagai berikut:

1.Deskripsi perkuliahan, handout, memberitahukan literatur, diktat, telah direalisasikan pada tiap awal semester

2.Seluruh ruangan kuliah telah dilengkapi dengan  gorden sehingga penggunaan LCD jadi cerah dan efektif pada tanggal 20 November 2010

 

Berdasarkan hasil rapat dosen dengan Ketua Program Studi pada tanggal 5 Februari 2013 diusulkan sebagai berikut:

 

1.   Dosen meminta ruangan dosen diperluas sehingga proses konsultasi lebih efektif.

 

2.   Untuk menambah kenyamanan ruangan laboratorium diusulkan pembelian AC.

Hasil rapat pimpinan fakultas tanggal 11 Februari 2013 atas usulan hasil rapat dosen maka realisasi usulan tersebut sebagai berikut:

1. Beberapa ruangan telah didesain sesuai keinginan dosen pada tanggal 6 Maret 2013.

2. Pembelian Gorden, AC untuk laboratorium direalisasikan pada tanggal 2 Maret 2013, Alat Lab. 2 Juli 2013.

 

 

Kajian umpan balik dari Mahasiswa sesuaiSOP Nomor Dokumen : UNTAG-PM-06/04 tentang  Prosedur Mutu Pengukuran Kepuasan Mahasiswadan bisa dilihat pada web site spm.untag-smd.ac.id

 

 

UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 SAMARINDA

Jl. Ir. H. Juanda No.80 SamarindaTelp. (0541) 743390

Kalimantan Timur 75124, Indonesia http://untag-smd.ac.id

 

No. Dokumen:

UNTAG-PM-06/04

Prosedur Mutu

PENGUKURAN KEPUASAN MAHASISWA

DOKUMEN

 ISO 9001:2008/IWA 2

TERINTEGRASI DENGAN

AIPT BAN PT

 

Tgl Berlaku:

17-8-2014

Revisi :

00

Hal :

4 dari 5

           

 

Alur Proses Pengukuran Kepuasan Mahasiswa

 

Persiapan Kuesioner Kepuasan Mahasiswa

 

1.        Sesuai jadwal/periode pengukuran kepuasan mahasiswa, Sekretariat LPM mempersiapkan kuisioner kepuasan Mahasiswa

 

 

Penetapan Sample Pelanggan Mahasiswa

 

2.         Sekertariat LPM menentukan dan menetapkan Sample Mahasiswa

 

 

Penyebaran Kuesioner

 

3.        Sekretariat LPM menyebarkan kuesioner pengukuran kepuasan Mahasiswa.

4.       

 

Pengisian Kuesioner

5.       

1.        Mahasiswa mengisi kuesioner dan menyerahkan kembali ke Sekretariat LPM

 

 

Data Kuesioner

 

2.        SekretariatLPM mengolah data kuisioner kepuasan mahasiswa yang telah terisi

 

 

Penyajian Data

 

3.        Sekretariat LPM menyajikan data hasil pengolahan kuisioner kepuasan Mahasiswa kepada Wakil Manajemen Mutu (Ketua LPM)

 

 

Verifikasi Tindakan Perbaikan

 

4.        Sekretariat LPM mengarsipkan kuisioner kepuasan pelanggan dan data hasil olahannya

4.

 

 

Tindak Lanjut Kuesioner Kepuasan Pelanggan

 

5.        Wakil Manajemen Mutu (Ketua LPM) menyerahkan data hasil pengolahan kuisioner pada pihak-pihak terkait untuk ditindak lanjuti melalui pengisian formulir Permintaan Tindakan Perbaikan &  Pencegahan 

 

 

 

indakan Perbaikan sesuai dengan Prosedur Tindakan Pencegahan dan Perbaikan

 

9.        Wakil Manajemen Mutu (Ketua LPM) memantau tindak lanjut yang dilakukan pihak terkait sesuai Prosedur Mutu Permintaan Tindakan Pencegahan dan perb

9.ikan.

         

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Umpan Balik dari

Isi Umpan Balik

Tindak Lanjut

(1)

(2)

(3)

Mahasiswa

 

Berdasarkan hasil rapat antara mahasiswa dengan Ketua Program Studi pada tanggal 14 Januari 2012. Sebagai wujud upaya peningkatan kualitas belajar mengajar, beberapa hal yang menjadi perhatian dari mahasiswa diantaranya adalah sebagai berikut:

1.    Semua materi perkuliahan lebih fokus ke materi yang lebih implementatif.

2.     Kegiatan praktikum lebih difokus-kan pada kegiatan kunjungan lapangan, baik ke instansi teknis terkait, PPL dan instansi  kehu-tanan, serta perusahaan swasta  IUPHHK-HA/HT.

 

 

Program studi menindaklanjuti tanggapan dari mahasiswa yang sifatnya untuk meningkatkan kinerja, berdasarkan hasil rapat dosen dengan Ketua Program Studi pada tanggal 21 Maret 2012, dengan langkah-langkah sebagai berikut :

1.   Memberikan materi kuliah dengan informasi terkini mulai semester ganjil.

2.   Beberapa instansi teknis terkait kehutanan, PPL, istansi kehutanan dan perusahaan swasta IUPHHK-HA/HT  merespon untuk bisa melaksa-nakan praktek dan magang/ PKL, serta memberikan peluang untuk kerjasama dalam hal penelitian dan pemberian informasi terkini dalam bidang Kehutanan

 

Berdasarkan hasil pertemuan antara mahasiswa dengan Ketua Program Studi pada tanggal 25 Juni 2012. Sebagai wujud untuk memanfaatkan sarana teknologi di bidang IT, mahasiswa mengusulkan agar:

 

1.     Dosen dalam setiap memberi perkuliahan selalu membekali mahasiswa dengan  keterampilan penggunaan multimedia.

 

Program studi menindaklanjuti tanggapan dari mahasiswa yang sifatnya untuk meningkatkan kinerja, berdasarkan hasil rapat dosen dengan Ketua Program Studi pada tanggal 23 Juli 2012, dengan langkah-langkah sebagai berikut :

1.     Memberikan pelatihan e-learning (e-luntas) bagi dosen pada tanggal 3-4 September 2012 dan mahasiswa pada tanggal 8 November 2012.

 

Kajian umpan balik dari Alumni sesuaiSOP Nomor Dokumen : UNTAG-PM-06/04.1tentang Prosedur Mutu Pengukuran Kepuasan Alumnidan bisa dilihat pada website spm.untag-smd.ac.id

 

 

 

UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 SAMARINDA

Jl. Ir. H. Juanda No.80 SamarindaTelp. (0541) 743390

Kalimantan Timur 75124, Indonesia http://untag-smd.ac.id

No. Dokumen:

UNTAG-PM-06/04.1

Prosedur Mutu

PENGUKURAN KEPUASAN ALUMNI

DOKUMEN

 ISO 9001:2008/IWA 2

TERINTEGRASI DENGAN

AIPT BAN PT

 

Tgl Berlaku:

17-8-2014

Revisi :

00

Hal :

4 dari 5

 

             

 

  Alur Proses Pengukuran Kepuasan Alumni

 

Persiapan Kuesioner Kepuasan Alumni

 

1.      Sesuai jadwal/periode pengukuran kepuasan alumni, Sekretariat LPM mempersiapkan kuisioner kepuasan Alumni

 

 

Penetapan Sample Pelanggan Alumni

 

2.      Sekertariat LPM menentukan dan menetapkan Sample Alumni

 

 

Penyebaran Kuesioner

 

3.      Sekretariat LPM menyebarkan kuesioner pengukuran kepuasan Alumni.

 

 

Pengisian Kuesioner

 

4.      Alumni mengisi kuesioner dan menyerahkan kembali ke Sekretariat LPM

 

 

Data Kuesioner

 

5.     SekretariatLPM mengolah data kuisioner kepuasan alumni yang telah terisi

 

 

Penyajian Data

 

6.      Sekretariat LPM menyajikan data hasil pengolahan kuisioner kepuasan Alumni kepada Wakil Manajemen Mutu (Ketua LPM)

 

 

Verifikasi Tindakan Perbaikan

 

7.      Sekretariat LPM m

7.      ngarsipkan kuisioner kepuasan Alumni dan data hasil olahannya

 

 

Tindak Lanjut Kuesioner Kepuasan Pelanggan

 

8.      Wakil Manajemen Mutu (Ketua LPM) menyerahkan data hasil pengolahan kuisioner pada pihak-pihak terkait untuk ditindak lanjuti melalui pengisian formulir Permintaan Tindakan Perbaikan &  Pencegahan 

 

 

Tindakan Perbaikan sesuai dengan Prosedur Tindakan Pencegahan dan Perbaikan

9.       

9.  Wakil Manajemen Mutu (Ketua LPM) memantau tindak lanjut yang dilakukan pihak terkait sesuai Prosedur Mutu Permintaan Tindakan Pencegahan dan perbaikan.

 

         

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Umpan Balik dari

Isi Umpan Balik

Tindak Lanjut

(1)

(2)

(3)

Alumni

 

Pada rapat pertemuan alumni dengan program studi tanggal 24 Agustus 2013 telah merencanakan memberikan beberapa bantuan untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar.

 

 

Tindaklanjut dari hasil pertemuan pada tanggal 20 September 2013 maka telah direalisasikan bantuan-bantuan sebagai berikut:

1.  Sumbangan berupa dana:

-   Pembelian 3 (tiga) unit komputer

-   Pembelian 3 (tiga) unit printer

2.   Sumbangan fasilitas berupa bantuan pembuatan Green House dan pengadaan AC lab.

3.   Keterlibatan dalam kegiatan akademik seperti peninjauan kurikulum dan seminar.

4.   Pengembangan jejaring sosial seperti Facebook, Blackberry Messager, Twiteer.

5.   Penyediaan fasilitas untuk kegiatan akademik seperti penyediaan tempat PKL, praktek, penelitian.

 

Kajian umpan balik dari Alumni sesuaiSOP Nomor Dokumen : UNTAG-PM-06/04.2tentang  Prosedur Mutu Pengukuran Kepuasan Pengguna Lulusandan bisa dilihat pada web site spm.untag-smd.ac.id

 

 

UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 SAMARINDA

Jl. Ir. H. Juanda No.80 SamarindaTelp. (0541) 743390

Kalimantan Timur 75124, Indonesia http://untag-smd.ac.id

 

 

No. Dokumen:

UNTAG-PM-06/04.2

Prosedur Mutu

PENGUKURAN KEPUASAN PENGGUNA LULUSAN

DOKUMEN

 ISO 9001:2008/IWA 2

TERINTEGRASI DENGAN

AIPT BAN PT

 

Tgl Berlaku:

17-8-2014

Revisi :

00

Hal :

4 dari 5

             

 

 Alur Proses Pengukuran Kepuasan Pengguna Lulusan

 

Persiapan Kuesioner Kepuasan Pengguna Lulusan

 

1.        Sesuai jadwal/periode pengukuran kepuasan Pengguna Lulusan, Sekretariat LPM mempersiapkan kuisioner kepuasan Pengguna Lulusan

 

 

Penetapan Sample Pelanggan Pengguna Lulusan

 

2.        Sekertariat LPM menentukan dan menetapkan Sampel Pengguna Lulusan

 

 

Penyebaran Kuesioner

 

3.      Sekretariat LPM menyebarkan kuesioner pengukuran kepuasan Pengguna Lulusan.

 

 

Pengisian Kuesioner

 

4.      Pengguna Lulusan mengisi kuesioner dan menyerahkan kembali ke Sekretariat LPM

 

 

Data Kuesioner

 

5.     SekretariatLPM mengolah data kuisioner kepuasan Pengguna Lulusan yang telah terisi

 

 

Pe

yajian Data

 

6.      Sekretariat BPM menyajikan data hasil pengolahan kuisioner kepuasan Pengguna Lulusan kepada Wakil Manajemen Mutu (Ketua LPM)

 

 

Verifikasi Tindakan Perbaikan

 

7.      Sekretariat LPM mengarsipkan kuisioner kepuasan Pengguna Lulusan dan data hasil

7.

7.lahannya

 

 

Tindak Lanjut Kuesioner Kepuasan Pelanggan

 

8.      Wakil Manajemen Mutu (Ketua LPM) menyerahkan data hasil pengolahan kuisioner pada pihak-pihak terkait untuk ditindak lanjuti melalui pengisian formulir Permintaan Tindakan Perbaikan &  Pencegahan 

 

 

Tindakan Perbaikan sesuai dengan Prosedur Tindakan Pencegahan dan Perbaikan

10.    

9.  Wakil Manajemen Mutu (Ketua LPM) memantau tindak lanjut yang dilakukan pihak terkait sesuai Prosedur Mutu

Permintaan Tindakan Pencegahan dan perbaikan.

         

 

 

 

Umpan Balik dari

Isi Umpan Balik

Tindak Lanjut

(1)

(2)

(3)

Pengguna Lulusan

 

Melalui kuisioner yang telah disebar-kan ke pengguna lulusan secara periodik pada dua tahun terakhir. Para pengguna lulusan menekankan untuk:

1.    Perlunya peningkatan kualitas lulusan baik dari skill maupun pengetahuan, penguasaan teknologi komputer dan multimedia.

 

2.    Menciptakan lulusan yang berwawasan kewirausahaan dan kepemimpinan.

Program Studi menindaklanjuti tanggapan dari para pengguna lulusan melalui:

 

1.Memperbanyak kegiatan praktikum di lapangan.

   Mengadakan pelatihan penggunaan computer dan multimedia.

2.Mengikutsertakan mahasiswa dalam pelatihan kewirausahaan dan kepemimpinan.