^ TOP BACK

Statistik Online

We have 28 guests and no members online

Pengunjung

Flag Counter

Statistik Situs

2401827
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
798
414
2217
2393714
2217
28799
2401827

Your IP: 13.58.207.196
Server Time: 2024-12-03 17:26:00

Live Traffic

Live Website Traffic

Login Form

Choose Language

English French German Italian Portuguese Russian Spanish

2.6 Keberlanjutan

a.      Upaya untuk peningkatan animo calon mahasiswa:

Upaya peningkatan animo calon mahasiswa dilaksanakan dengan mengacu SK Rektor Nomor : 15/SK/2014 tanggal 25 Maret 2014 tentang Syarat-Syarat Penerimaan Mahasiswa baru Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda tahun akademik 2014/2015, dijabarkan melalui SOP Nomor Dokumen : UNTAG-PM-11/19 tentang Prosedur Mutu Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) dan bisa dilihat pada website spm.untag-smd.ac.id

 

 

UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 SAMARINDA

Jl. Ir. H. Juanda No.80 SamarindaTelp. (0541) 743390

Kalimantan Timur 75124, Indonesia http://untag-smd.ac.id

 

 

No. Dokumen:

UNTAG-PM-11/19

Prosedur Mutu

PENERIMAAN

MAHASISWA BARU (PMB)

DOKUMEN

 ISO 9001:2008/IWA 2

TERINTEGRASI DENGAN

AIPT BAN PT

 

Tgl Berlaku:

17-08-2014

Revisi :

00

Hal

3 dari 5

             

 

Alur Proses Penerimaan Mahasiswa Baru

 

Rapat Koordinasi

 

1.     Rektor, Para Pembantu Rektor, Para Dekan dan BAAKmengadakan Rapat koordinasi penerimaan Mahasiswa baru

 

 

 

Pembentukan Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru

 

2.     Pembentukan Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru, dengan SK Rektor dibawah koordinasi Pembantu Rektor I Bidang Akademik dan BAAK.

 

 

Publikasi

 

3.     Publikasi penerimaan Mahasiswa Baru.

 

 

Pendaftaran Mahasiswa

 

4.     Pendaftaran Mahasiswa, dengan persyaratan :

1)     Mengisi dan menandatangai formulir pendaftaran.

2)     Lulus dan berijasah SLTA.

3)     Pas Photo

 

-        Calon mahasiswa datang untuk mengisi formulir pendaftaran di Kantor BAAK Untag.

-        Calon mahasiswa membayar uang pendaftaran ke Bank

-        Calon mahasiswa menyerahkan slip pembayaran pendaftaran dan kelengkapan persyaratan ke Panitia untuk mencetakkan Kartu Peserta Ujian yang harus dibawa pada saat mengikuti seleksi ujian masuk.

 

 

Sistem Seleksi

Tes/Ujian Masuk

 

5.     Sistem Seleksi (tes/ujian masuk)

-        Panitia PMB mempersiapkan soal ujian dan menggandakan sesuai jumlah peserta ujian.

-        Panitia PMB menyiapkan ruang ujian sesuai dengan jumlah peserta.

-        Panitia menetapkan pengawas ujian sesuai dengan jumlah ruangan yang digunakan.

 

 

Penentuan Kelulusan dan Pengumuman

 

6.     Panitia PMB bersama pimpinan melakukan rapat penentuan kelulusan bagi peserta ujian. Bagi calon mahasiswa yang mempunyai rekomendasi, maka Panitia mempertimbangkan kemungkinan kelulusannya dengan tetap memperhatikan kriteria kelulusan yang telah ditetapkan.

 

Panitia PMB mengumumkan hasil keputusan rapat tentang calon mahasiswa yang diterima

 

 

 

Registrasi Ulang Calon Mahasiswa yang Lulus / Diterima

 

 

7.     Calon mahasiswa yang dinyatakan lulus wajib membayar kewajiban keuangan Herregristasi, SPP dan Pembangunan pada Bank dan copi bukti pembayaran diserahkan kepada Panitia PMB dengan melampirkan persyaratan lainnya.

 

Bagi mahasiswa baru, yang mengundurkan diri oleh karena diterima di Perguruan Tinggi Negeri / Swasta lain dengan melampirkan persyaratan yang telah ditetapkan dapat mengajukan surat permohonan tertulis untuk mengambil kembali uang pembayaran SPP, BPP yang telah dibayar dengan pemotongan sesuai yang berlaku.

 

 

Pendataan mahasiswa

 

8.     BAAK Kemahasiswaan mendata Mahasiswa yang masuk,

 

 

Orientasi

 

9.     Setelah mahasiswa baru diterima maka dilakukan orientasi sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

 

Gambar 6 (lanjutan). Sosialisasi Peningkatan Animo Mahasiswa Baru

 

 

 

 

Gambar 7. Brosur Pendaftaran Mahasiswa Baru

 

 

-   Promosi melalui media cetak/elektronik, website dan alumni

-   Menjalin kerjasama pendidikan dan pelatihan dengan beberapa perusahaan dan instansi pemerintah (job fair)

-   Memberikan beasiswa dan stimulan bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi, Dikti

-   Memberikan pelayanan akademik yang baik (KRS-KHS Online)

-   Program sosialisasi program studi melalui pameran, brosur/leaflet, sosialisasi ke sekolah-sekolah SMU/SMK dan lembaga-lembaga yang terkait

-   Menyediakan fasilitas yang dibutuhkan untuk kegiatan akademik dan kemahasiswaan (Wifi, sarana olahraga, dll)

 

b.   Upaya peningkatan mutu manajemen :

Upaya peningkatan manajemen dilaksanakan dengan mengacuSK Yayasan Nomor : 10/SK/2010 tanggal 11 Oktober 2010tentang Kepegawaiandijabarkan melalui SOP Nomor Dokumen : UNTAG-PM-12.2/02 tentang  Prosedur Mutu Perencanaan Dosen dan Tenaga Kependidikan. Upaya peningkatan mutu manajemen antara lain berupa :

-   Rekrutmen secara selektif dan profesional

-   Secara berkelanjutan melakukan audit internal untuk meningkatkan pelayanan

-   Studi banding (benchmarking) pada perguruan tinggi yang maju

-   Mengikutsertakan dalam pelatihan pengelolaan manajemen perguruan tinggi, (SPMPT-AMAI), Pekerti, AA, pelatihan pengisian borang, pelatihan metodologi penelitian, Jurnal ilmiah)

 

 

Field Ttrip ke Perkebunan di Malang

Seminar Nasional di Univ. Tadulako Palu Sulawesi Tengah

 

    Pelatihan Pekerti

 

Pelatihan Microteaching kerjasama dengan UTEP

Gambar 9. Upaya Peningkatan Manajemen

 

c.    Upaya untuk peningkatan mutu lulusan mengacupadaSOP Nomor Dokumen: UNTAG-RM-02tentang Strategi Perencanaan Mutu Lulusan:

-   Peninjauan kurikulum secara regular 4 tahun sekali, sesuai dengan kebutuhan pengguna lulusan

-   Meningkatkan sumberdaya dosen melalui pendidikan S3

-   Seleksi mahasiswa baru yang lebih selektif

-   Meningkatkan kualitas sarana dan prasarana belajar dan mengajar

-   Mengadakan pelatihan kewirausahaan, e-learning, e-luntas, e-jurnal dan program-program hibah Dikti

-   Meningkatkan keterampilan dosen mengajar melalui pelatihan-pelatihan

-   Magang/ PKL sebagai mata kuliah wajib yang dilaksanakan di perusahaan-perusahaan yang relevan dan instansi teknis kehutanan lainnya

-   TOEFL dengan score 400 sebagai persyaratan kelulusan

-   Melatih dan mengikutsertakan mahasiswa dalam kegiatan ilmiah (seminar, workshop, asistensi dosen, pelatihan penyusunan karya ilmiah, pelatihan kewirausahaan dan ketrampilan menejemen)

 

 

d.     Upaya untuk pelaksanaan dan hasil kerjasama kemitraan mengacupada SOP Nomor Dokumen: UNTAG-PM-08/04 tentang Kerjasama Dalam Dan Luar Negeri:

-   Menjalin kerjasama dengan instansi pemerintahan (Kerjasama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah, Universitas Mulawarman, Balai Pemantau dan Peredaran Hasil Hutan Produksi Wilayah XIII Samarinda,Balai Pendidikan dan LatihanKehutanan Samarinda, Politeknik Pertanian NegeriSamarinda, Fakultas Kehutanan Unmul, Fakultas Pertanian Unmul.

-   Menjalin kerjasama dengan perusahan swasta (Kerjasama yang sudah terjalin yaitu PT Sawit Kaltim Lestari, IUPHHK-HA PT Balikpapan Forest Industries, IUPHHK-HT PT.Intraca Hutani Lestari, IUPHHK-HA PT Roda Mas Timber, IUPHHK-HA PT Karya Jaya Parakawan dan Asosiasi  lingkup Kehutanan).

-   Wujud kerjasama dengan instansi pemerintah dan pihak swasta/perusahaan dalam Bentuk : Kerjasama pada Penelitian, pengembangan dan kajian Ilmu-ilmu Kehutanan, lokasi Penelitian dan pemagangan, memperkaya topik penelitian dosen dan mahasiswa.

-   Partisipasi aktif dalam berbagai forum konsultasi, kepakaran, sosial kemasyarakatan serta pendampingan masyarakat

-   Penelitian ke instansi terkait atau ke perusahaan perkayuan dan kehutanan swasta

-   Praktek Kerja Lapangan (PKL) dan Magang

-   Praktek di laboratorium dan di lapangan.

 

e.     Upaya dan prestasi memperoleh dana hibah kompetitif:

a.   Upaya

-   Mengadakan pelatihan penyusunan proposal hibah kompetetif.

-   Meningkatkan nilai akreditasi ke nilai yang lebih baik

-   Mengikuti berbagai pelatihan dan sosialisasi yang diadakan oleh Kopertis dan  Dirjen Pendidikan Tinggi

-   Bekerjasama dengan Perguruan Tinggi lain yang telah berpengalaman mendapatkan hibah

-   Selalu memantau perkembangan dan informasi yang berkaitan dengan hibah melalui media cetak maupun elektronik

 

b. Prestasi

-   PHP-PTS tahun 2010

-   Kewirausahaan tahun 2010 dan 2011

-   Penelitian Dosen dari Dikti dan Balitbangda tahun 2011, 2012 dan 2013

-   Bansos dari Pemprov dan Pemkot tahun 2010, 2011 dan 2012

-   Modul Kewirausahaan dari Bank Mandiri tahun 2012

-   Bantuan Sarana dan prasarana Lab. Bahasa Inggris tahun 2011 (dari PT Bukit Baiduri Enterprice)

-   Bantuan pembangunan Musollah Bankaltim

Semua bukti Standar 2 dapat dilihat di www.spm.untag-smd.ac.id