Choose Language Select LanguageEnglishAfrikaansAlbanianArabicArmenianAzerbaijaniBasqueBelarusianBulgarianCatalanChinese (Simplified)Chinese (Traditional)CroatianCzechDanishDutchEstonianFilipinoFinnishFrenchGalicianGeorgianGermanGreekHaitian CreoleHebrewHindiHungarianIcelandicIndonesianIrishItalianJapaneseKoreanLatvianLithuanianMacedonianMalayMalteseNorwegianPersianPolishPortugueseRomanianRussianSerbianSlovakSlovenianSpanishSwahiliSwedishThaiTurkishUkrainianUrduVietnameseWelshYiddish
Standar 1.2. Tonggak-Tonggak Capaian (Milestones) Tujuan yang Dinyatakan dalam Sasaran-Sasaran yang Merupakan Target Terukur, dan Tahapan Pencapaian StrategiPublished on Tuesday, 26 January 2016 06:26 | Written by jumani | | | Hits: 8461 1.2 Pernyataan mengenai tonggak-tonggak capaian (milestones) tujuan yang dinyatakan dalam sasaran-sasaran yang merupakan target terukur, dan penjelasan mengenai strategi serta tahapan pencapaiannya. Sasaran dan Strategi Pencapaiannya Sasaran : Terciptanya SDMUNTAG 1945 Samarinda yang mandiri, unggul dan profesional dalam penyelenggaraan pendidikan; Tersedianya sarjana yang mampu bekerja dan berwirausaha sesuai dengan kompetensinya. Menghasilkan Penelitian dengan kearifan lokal dan berjiwa kebangsaan. Strategi pencapaianya : 1. Membekali mahasiswa untuk menguasai teori dan praktek sesuai dengan bidang ilmu secara mandiri dan kreatif sesuai kebutuhan masyarakat (stakeholder). 2. Melaksanakan kegiatan penelitian dan pengembangan secara inovatif, kreatif dan unggul di sesuai dengan bidang ilmu untuk kepentingan masyarakat. 3. Melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan bidang ilmu dalam upaya mengembangkan jiwa kebangsaan secara profesional. 1. Strategi dibidang Pendidikan a. Mengupayakan studi lanjut S3 bagi dosen secara berkala pada semua program studi dan studi lanjut S2 bagi tenaga kependidikan sampai mencapai 50 % dari jumlah tenaga pendidik dan kependidikan pada tahun 2019. b. Meningkatkan mutu pelayanan (Service Excelent Programme) secara berkelanjutan mulai tahun 2014. c. Mengevaluasi dan menyesuaikan kurikulum (peninjauan) secara periodik setiap 2-4 tahun sekali untuk menjaga kualitas pendidikan. d. Mengadakan dan mengikutsertakan dosen dan mahasiswa pada acara seminar, kuliah umum, workshop, dan pertemuan asosiasi keilmuan setiap semester baik di tingkat nasional dan regional, sedangkan untuk skala internasional diupayakan setiap tahun. e. Melakukan sinergi antara kegiatan akademik dengan kegiatan ekstrakurikuler di luar akademik setiap semester. 2. Strategi dibidang Penelitian a. Menerbitkan jurnal ilmiah pada setiap fakultas sebagai sarana publikasi penelitian dosen dan akan menuju terakreditasi padatahun 2019. b. Berlangganan jurnal terakreditasi dan publikasi internasional dalam rangka menambah wawasan pengetahuan teraktual secara berkelanjutan. c. Memperluas kerjasama dengan lembaga-lembaga pemerintah dan swasta dalam mengembangkan riset-riset aplikatif dan berorientasi teoritik setiap tahun. 3. Strategi dibidang Pengabdian Masyarakat a. Setiap dosen tetap Program Studi wajib melakukan minimal satu kegiatan pengabdian tiap semester baik secara perorangan maupun tim. b. Kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan oleh dosen Program Studi dengan mengikutsertakan mahasiswa tiap semester. c. Mahasiswa Program Studi wajib melakukan kegiatan sosial sebagai kepedulian terhadap masyarakat seperti bantuan dan konsultasi, pendampingan, serta kepakaran. 4. Strategi di bidang organisasi kelembagaan a. Mengumpulkan data-data yang mendukung proses penjaminan mutu internal dalam rangka peningkatan kualitas akademik dosen dan tenaga kependidikan secara berkelanjutan. b. Menyiapkan SOP pada setiap lini organisasi dan selalu dilakukan evaluasi secara berkelanjutan. c. Melaksanakan audit manajemen dan keuangan secara berkala untuk menjamin pelaksanaan organisasi yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel setiap tahun. d. Mengembangkan sumberdana berbasis pada potensi akademik dan non-akademik secara berkelanjutan. Untuk mencapai sasaran yang telah ditentukan, dilakukan dengan sebelumnya menyusun rencana pengembangan universitas sampai tahun 2022 dengan mengacu pada SK Rektor No.73/SK/2012 tanggal 15 Nopember 2012 tentang Pengangkatan Panitia Pembuatan Renstra Sasaran Universitas danSOP Nomor Dokumen : UNTAG-PM-05/02tentang Prosedur Mutu Penyusunan Renstra yang bisa dilihat pada website spm.untag-smd.ac.id. UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 SAMARINDA Jl. Ir. H. Juanda No.80 SamarindaTelp. (0541) 743390 Kalimantan Timur 75124, Indonesia http://untag-smd.ac.id No. Dokumen: UNTAG-PM-05/02 Prosedur Mutu PENYUSUNAN RENSTRA DOKUMEN ISO 9001:2008/IWA 2 TERINTEGRASI DENGAN AIPT BAN PT Tgl Berlaku: 17-8-2014 Revisi : 00 Hal : 3 dari 5 Alur Proses Penyusunan Dokumen Rencana Strategi Rapat Koordinasi Team 1. Rapat koordinasi Team Renbang untuk: review kemutakhiran isue; identifikasi dan analisis permasalahan; pemetaan kondisi, situasi, dan posisi organisasi; capaian indikator kinerja sebagai baseline perencanaan program dan kegiatan serta rencana capaian kinerja ▼ Penyusuanan Draft Renstra 2. Tim Perencanaan dan pengembangan menyusunan draft renstra ▼ Validasi dan Pengesahan 3. Validasi dan pengesahan oleh Rektor ▼ Pengumpulan Data 4. Pengumpulan data untuk melengkapi/ menyempurnakan data capaian kinerja untuk ditetapkan sebagai baseline perencanaan kinerja ▼ Perumusan Draft Renstra 5. Berdasarkan proses 1, 2, 3 dan 4 Team perumus menyusun Draft Renstra, diawali dengan :latar belakang, penetapan landasan hukum dan metodologi dan sistematika penyajian; selanjutnya adalah gambaran umum kondisi saat ini sebagai bahan pemetaan situasional dengan metode SWOT, dari analisis SWOT ini ditetapkan strategi pengembangan terhadap bidang-bidang keunggulan yang selanjutnya dibreakdown ke dalam perencanaan strategis 5 tahun ke depan ▼ Verifikasi Draft 6. Rapat Pleno memverifikasi data dan mengkaji draft yang telah tersusun ▼ Revisi Draft 7. Tim Perumus merumuskan kembali/merevisi draft Renstra berdasarkan proses 6 ▼ Penggandaan dan pengiriman draft 8. Rumusan draft Renstra digandakan dan 8. dikirimkan oleh staf perencanaan dan pengembangan kepada pimpinan unit kerja untuk mendapatkan masukan ▼ Presentasi draft 9. Draftrenstra dipresentasikan di rapat tim ▼ Masukan dari Pimpinan 10. Pimpinan memberikan masukan berdasarkan proses 8 dan 9 ▼ Verifikasi Masukan 11. Tim Perumus memverifikasi dan klasifikasi masukan ▼ Merevisi draft renstra 12. Tim Perumus merevisi draft renstra berdasarkan proses 10. ▼ Presentasii draft renstra 13. Tim Rencana dan Pengembangan merevisi Draft Renstradan dipresentasikan di hadapan pleno Senat untuk mendapatkan masukan dan persetujuan ▼ Revisi Draft 14. Tim Rencana dan Pengembangan merevisi Draft Renstra berdasarkan masukan senat. ▼ Review Draft 15. Pimpinan Senat mereview Draft Renstra berdasarkan 15.masukan senat. ▼ Pengesahan Draft 16. Pengesahan Renstra oleh Rektor ▼ Penggandaan dan Distribusi 17. Penggandaan dan distribusi Renstra Fase perjalanan (milestones) menuju pencapaian visi UNTAG1945 Samarinda sebagai : Pusat Pendidikan yang “Unggul, mandiri dan berjiwa kebangsaan di Kalimantan”, digambarkan dalam diagram sebagai berikut; Gambar 1.2. Diagram Milestones Pencapaian Visi UNTAG1945 Samarinda Pelaksanakan Visi, Misi, dan Tujuan, diimplementasikan melalui Sasaran dan Strategi Pencapaian Program Universitas sebagai berikut. : Tabel 1.2. Pelaksanaan Visi, Misi, Tujuan, Strategi, Program dan Indikator Kinerja Tujuan Sasaran Strategi Program Indikator Kinerja 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 I II III IV I II III IV I II III IV 1.Tersedia- nya sum-ber daya manusia yang mandiri, unggul dan profesional dalam penyelenggaraan pendidikan Terciptanya SDM yang mandiri, unggul dan profesional dalam penyeleng-garaan pendidikan Membekali mahasiswa untuk menguasai teori dan praktek ilmu pengetahuan, teknologi dan seni secara mandiri dan kreatif sesuai kebutuhan masyarakat (stakeholder). 1. Mengada-kan Pelatihan di bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan seni untuk pengembangan kompetensi 1. Mahasiswa Memahami kompetensi sesuai bidang ilmu 30% 2. Mahasiswa Memahami kompetensi sesuai bidang ilmu 60 % 3. Mahasiswa Memahami kompetensi sesuai bidang ilmu 100 % 2. Mengada-kan Latihan menjadi Entrepreneur di Tingkat Nasional 1. Mahasiswa Memahami Menjadi Entrepreneur 40 % 2. Mahasiswa Memahami Menjadi Entrepreneur 100% Mahasiswa Memahami Menjadi Entrepreneur Secara Global 3. Mengada-kan Loka-karya/ Seminar/ Diskusi sesuai kompetensi bidang ilmu di Tingkat Nasional 1. Mahasiswa Memahami permasalahan dan isu-isu sesuai kompetensi bidang ilmunya di tingkat nasional 30 % 2. Mahasiswa Memahami permasalahan dan isu-isu sesuai kompetensi bidang ilmunya di sesuai kompetensi bidang ilmunya di sesuai kompetensi bidang ilmunya di tingkat nasional 60 % 3. Mahasiswa Memahami permasalahan dan isu-isu sesuai kompetensi bidang ilmunya di sesuai kompetensi bidang ilmunya di tingkat nasional 100 % 4. Mengada-kan Loka-karya/ Seminar/ Diskusi bidang sesuai kompetensi bidang ilmunya di Tingkat Internasional dalam Bahasa Inggris 1. Mahasiswa Memahami permasalahan dan isu-isu sesuai kompetensi bidang ilmunya di tingkat Internasional dalam bahasa Inggris 30 % 2. Mahasiswa Memahami permasalahan dan isu-isu sesuai kompetensi bidang ilmunya di tingkat Internasional dalam bahasa Inggris 60 % 3. Mahasiswa Memahami permasalahan dan isu-isu sesuai kompetensi bidang ilmunya di tingkat Internasional dalam bahasa Inggris 80 % 2.Mengha-silkan sarjana yang mampu bekerja dan berwi-rausaha sesuai dengan kompe-tensinya. Tersedianya sarjana yang mampu bekerja dan berwirausa-ha sesuai dengan kompetensi-nya. 1.1. Membekali mahasiswa untuk menguasai teori dan praktek bidang ilmu secara mandiri dan kreatif sesuai kebutuhan masyarakat (stakeholder). 2. 2. Melibatkan mahasiswa dalam pelak-sanaan program pengabdian kepada masyarakat bidang ilmu dalam upaya mengembang-kan jiwa kebangsaan di bidang ilmunya 1. Mengada-kan Latihan Kewirausaha an bagi Mahasiswa 1. Mahasiswa memahami kewirausahaan 50% 2. Mahasiswa memahami kewirausahaan 75% 3. Mahasiswa memahami kewirausahaan 100% 2. Mengada-kan praktek kerja lapang bekerjasama dengan perusahaan swasta, BUMN dan instansi terkait. 1. Mahasiswa mampu melaksanakan praktek kerja lapang di tempat kerja 40% 2. Mahasiswa mampu melaksanakan praktek kerja lapang di tempat kerja 75% 3. Mahasiswa mampu melaksanakan praktek kerja lapang di tempat kerja 100% 1. Mengikuti Kerjasama Pengabdian Kepada Masyarakat 1. Mahasiswa Mampu Bekerjasama dalam Pengabdian Kepada Masyarakat 50 % 2. Mahasiswa Mampu Bekerjasama dalam Pengabdian Kepada Masyarakat 75 % 3. Mahasiswa Mampu Bekerjasama dalam Pengabdian Kepada Masyarakat 100 % 3.Terben-tuknya pusat penelitian di bidang ilmunya sesuai dengan kearifan lokal dan berjiwa kebangsa-an Menghasil-kan Peneli-tian di bidang ilmunya sesuai dengan kearifan lokal dan berjiwa kebangsaan Melaksanakan kegiatan penelitian dan pengembangan secara inovatif, kreatif dan unggul di bidang ilmunya untuk kepentingan masyarakat. 1. Mengikuti Pelatihan Pembuatan Proposal Penelitian yang diadakan oleh Kopertis 1. Dosen Mampu melakukan Penulisan Ilmiah Bidang Penelitian di tingkat Nasional 30 % 2.Dosen Mampu melakukan Penulisan Ilmiah Bidang Penelitian di tingkat Nasional 75 % 3. Dosen Mampu melakukan Penulisan Ilmiah Bidang Penelitian di tingkat Nasional 100 % 2. Mengikuti Kerjasama Penelitian dengan Program Studi Sejenis 1. Dosen Mampu Bekerjasama dalam melaksanakan Penelitian dengan Prodi sejenis 50 % 2. Dosen Mampu Bekerjasama dalam melaksanakan Penelitian dengan Prodi Sejenis 75 % 3. Dosen Mampu Bekerjasama dalam melaksanakan Penelitian dengan Prodi Sejenis 100 % 3.Mengada-kan Pelatihan dan Seminar Kebangsaan 1. Dosen dan Mahasiswa mampu Memahami dan menerapkan Nilai-nilai luhur kebangsaan 50 % 2. Dosen dan Mahasiswa mampu Memahami dan menerapkan Nilai-nilai luhur kebangsaan 75 % 3. Dosen dan Mahasiswa mampu Memahami dan menerapkan Nilai-nilai luhur kebangsaan 100 % Rapat Tim Visi dan Misi FGD Dosen, Alumni, dan Mahasiswa FGD dengan Asosiasi Rapat Pleno tentang visi dan misi Gambar 1.3. Kegiatan Rapat dan FGD LAMPIRAN : renstra_untag-pdf Add new comment