^ TOP BACK

Statistik Online

We have 9 guests and no members online

Pengunjung

Flag Counter

Statistik Situs

2421544
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
296
557
8028
2406435
21934
28799
2421544

Your IP: 18.220.94.189
Server Time: 2024-12-22 09:39:25

Live Traffic

Live Website Traffic

Login Form

Choose Language

English French German Italian Portuguese Russian Spanish

Standar 1.2. Tonggak-Tonggak Capaian (Milestones) Tujuan yang Dinyatakan dalam Sasaran-Sasaran yang Merupakan Target Terukur, dan Tahapan Pencapaian Strategi

 

1.2  Pernyataan mengenai tonggak-tonggak capaian (milestones) tujuan yang dinyatakan dalam sasaran-sasaran yang merupakan target terukur,  dan penjelasan mengenai strategi serta tahapan pencapaiannya. 

Sasaran dan Strategi Pencapaiannya

 

Sasaran :

  1. Terciptanya SDMUNTAG 1945 Samarinda yang mandiri, unggul dan profesional dalam penyelenggaraan pendidikan;
  2. Tersedianya sarjana yang mampu bekerja dan berwirausaha sesuai dengan kompetensinya.
  3. Menghasilkan Penelitian dengan kearifan lokal dan berjiwa kebangsaan.

 

 Strategi pencapaianya :

1.     Membekali mahasiswa untuk menguasai teori dan praktek sesuai dengan bidang ilmu  secara mandiri dan kreatif sesuai kebutuhan masyarakat (stakeholder).

2.    Melaksanakan kegiatan penelitian dan pengembangan secara inovatif, kreatif dan unggul di sesuai dengan bidang ilmu untuk kepentingan masyarakat.

3.    Melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan bidang ilmu dalam upaya mengembangkan jiwa kebangsaan secara profesional.

 

1.  Strategi dibidang Pendidikan

a.     Mengupayakan studi lanjut S3 bagi dosen secara berkala pada semua program studi dan studi lanjut S2 bagi tenaga kependidikan sampai mencapai 50 % dari jumlah tenaga pendidik dan kependidikan pada tahun 2019.

b.     Meningkatkan mutu pelayanan (Service Excelent Programme) secara berkelanjutan mulai tahun 2014.

c.     Mengevaluasi dan menyesuaikan kurikulum (peninjauan) secara periodik setiap 2-4 tahun sekali untuk menjaga kualitas pendidikan.

d.     Mengadakan dan mengikutsertakan dosen dan mahasiswa pada acara seminar, kuliah umum, workshop, dan pertemuan asosiasi keilmuan setiap semester baik di tingkat nasional dan regional, sedangkan  untuk skala internasional diupayakan setiap tahun.

e.     Melakukan sinergi antara kegiatan akademik dengan kegiatan ekstrakurikuler di luar akademik setiap semester.

2.  Strategi dibidang Penelitian

a.     Menerbitkan jurnal ilmiah pada setiap fakultas sebagai sarana publikasi penelitian dosen dan akan menuju terakreditasi padatahun 2019.

b.     Berlangganan jurnal terakreditasi dan publikasi internasional dalam rangka menambah wawasan pengetahuan teraktual secara berkelanjutan.

c.     Memperluas kerjasama dengan lembaga-lembaga pemerintah dan  swasta dalam mengembangkan riset-riset aplikatif dan berorientasi teoritik setiap tahun.

 

3.  Strategi dibidang Pengabdian Masyarakat

a.     Setiap dosen tetap Program Studi wajib melakukan  minimal satu kegiatan pengabdian tiap semester baik secara perorangan maupun tim.

b.     Kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan oleh dosen Program Studi dengan mengikutsertakan mahasiswa tiap semester.

c.     Mahasiswa Program Studi wajib melakukan kegiatan sosial sebagai kepedulian terhadap masyarakat seperti bantuan dan konsultasi, pendampingan, serta kepakaran.

 

4.  Strategi di bidang organisasi kelembagaan

a.     Mengumpulkan data-data yang mendukung proses penjaminan mutu internal dalam rangka peningkatan kualitas akademik dosen dan tenaga kependidikan secara berkelanjutan.

b.     Menyiapkan SOP pada setiap lini organisasi  dan  selalu dilakukan evaluasi secara berkelanjutan.

c.     Melaksanakan audit manajemen dan keuangan secara berkala untuk menjamin pelaksanaan organisasi yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel setiap  tahun.

d.     Mengembangkan sumberdana berbasis pada potensi akademik dan non-akademik secara berkelanjutan.

 

Untuk mencapai sasaran yang telah ditentukan, dilakukan dengan sebelumnya menyusun rencana pengembangan universitas sampai tahun 2022 dengan mengacu pada SK Rektor No.73/SK/2012 tanggal 15 Nopember 2012 tentang Pengangkatan Panitia Pembuatan Renstra Sasaran Universitas danSOP Nomor Dokumen : UNTAG-PM-05/02tentang Prosedur Mutu Penyusunan Renstra yang bisa dilihat pada website spm.untag-smd.ac.id.

 

 

UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 SAMARINDA

Jl. Ir. H. Juanda No.80 SamarindaTelp. (0541) 743390

Kalimantan Timur 75124, Indonesia http://untag-smd.ac.id

No. Dokumen:

UNTAG-PM-05/02

Prosedur Mutu

PENYUSUNAN RENSTRA

DOKUMEN

 ISO 9001:2008/IWA 2

TERINTEGRASI DENGAN

AIPT BAN PT

Tgl Berlaku:

17-8-2014

Revisi :

00

Hal :

3 dari 5

Alur Proses Penyusunan Dokumen Rencana Strategi

 

Rapat Koordinasi Team

 

1.      Rapat koordinasi Team Renbang untuk: review kemutakhiran isue; identifikasi dan analisis permasalahan; pemetaan kondisi, situasi, dan posisi organisasi; capaian indikator kinerja sebagai baseline perencanaan program dan kegiatan serta rencana capaian kinerja

 

 

Penyusuanan Draft Renstra

 

2.      Tim Perencanaan dan pengembangan menyusunan draft renstra

 

 

Validasi dan Pengesahan

 

3.      Validasi dan pengesahan oleh Rektor

 

 

Pengumpulan Data

 

4.      Pengumpulan data untuk melengkapi/ menyempurnakan data capaian kinerja untuk ditetapkan sebagai baseline perencanaan kinerja

 

 

Perumusan Draft Renstra

 

5.      Berdasarkan proses 1, 2, 3 dan 4 Team perumus menyusun Draft Renstra, diawali dengan :latar belakang, penetapan landasan hukum dan metodologi dan sistematika penyajian; selanjutnya adalah gambaran umum kondisi saat ini sebagai bahan pemetaan situasional dengan metode SWOT, dari analisis SWOT ini ditetapkan strategi pengembangan terhadap bidang-bidang keunggulan yang selanjutnya dibreakdown ke dalam perencanaan strategis 5 tahun ke depan

 

 

Verifikasi Draft

 

6.      Rapat Pleno memverifikasi data dan mengkaji draft yang telah tersusun

 

 

Revisi Draft

 

7.      Tim Perumus merumuskan kembali/merevisi draft Renstra berdasarkan proses 6

 

 

Penggandaan dan pengiriman draft

 

8.      Rumusan draft Renstra digandakan dan

8.      dikirimkan oleh staf perencanaan dan pengembangan kepada pimpinan unit kerja untuk mendapatkan masukan

 

 

Presentasi draft

 

9.      Draftrenstra dipresentasikan di rapat tim

 

 

Masukan dari Pimpinan

 

10.  Pimpinan memberikan masukan berdasarkan proses 8 dan 9

 

 

Verifikasi Masukan

 

11.  Tim Perumus memverifikasi dan klasifikasi masukan

 

 

Merevisi draft renstra

 

12.  Tim Perumus merevisi draft renstra berdasarkan proses 10.

 

 

Presentasii draft renstra

 

13.  Tim Rencana dan Pengembangan merevisi Draft Renstradan dipresentasikan di hadapan pleno Senat untuk mendapatkan masukan dan persetujuan

 

 

Revisi Draft

 

14.  Tim Rencana dan Pengembangan merevisi Draft Renstra berdasarkan masukan senat.

 

 

Review Draft

 

15.  Pimpinan Senat mereview Draft Renstra berdasarkan

15.masukan senat.

 

 

Pengesahan Draft

 

16.  Pengesahan Renstra oleh Rektor

 

 

Penggandaan dan Distribusi

 

17.  Penggandaan dan distribusi Renstra

 

 

Fase perjalanan (milestones) menuju pencapaian visi UNTAG1945 Samarinda sebagai : Pusat Pendidikan yang “Unggul, mandiri dan berjiwa kebangsaan di Kalimantan”, digambarkan dalam diagram sebagai berikut;

 

 

Gambar 1.2. Diagram Milestones Pencapaian Visi UNTAG1945 Samarinda

 

Pelaksanakan Visi, Misi, dan Tujuan, diimplementasikan melalui Sasaran dan Strategi Pencapaian Program Universitas sebagai berikut. :

Tabel 1.2. Pelaksanaan Visi, Misi, Tujuan, Strategi, Program dan Indikator Kinerja

Tujuan

Sasaran

Strategi

Program

Indikator Kinerja

11

12

13

14

15

16

17

18

19

20

21

22

I

II

III

IV

I

II

III

IV

I

II

III

IV

1.Tersedia- nya sum-ber daya manusia  yang mandiri, unggul dan profesional dalam penyelenggaraan pendidikan

Terciptanya SDM  yang mandiri, unggul dan profesional dalam penyeleng-garaan pendidikan

Membekali mahasiswa untuk menguasai teori dan praktek ilmu  pengetahuan, teknologi dan seni secara mandiri dan kreatif sesuai kebutuhan masyarakat (stakeholder).

1. Mengada-kan Pelatihan di bidang  ilmu pengetahuan, teknologi dan seni untuk pengembangan kompetensi

1. Mahasiswa Memahami kompetensi sesuai bidang  ilmu   30%

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2. Mahasiswa Memahami  kompetensi sesuai bidang ilmu    60 %

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3. Mahasiswa Memahami kompetensi sesuai bidang ilmu  100 %

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2. Mengada-kan Latihan menjadi Entrepreneur di Tingkat Nasional

1. Mahasiswa Memahami Menjadi Entrepreneur 40 %

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2. Mahasiswa Memahami   Menjadi Entrepreneur 100%

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mahasiswa Memahami   Menjadi Entrepreneur  Secara Global

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3. Mengada-kan Loka-karya/ Seminar/ Diskusi sesuai kompetensi bidang  ilmu di Tingkat Nasional

1. Mahasiswa Memahami permasalahan dan isu-isu  sesuai kompetensi bidang ilmunya di tingkat nasional   30 %

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2. Mahasiswa Memahami permasalahan dan isu-isu sesuai kompetensi bidang ilmunya di sesuai kompetensi bidang ilmunya di sesuai kompetensi bidang ilmunya di tingkat nasional   60 %

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3. Mahasiswa Memahami permasalahan dan isu-isu  sesuai kompetensi bidang ilmunya di sesuai kompetensi bidang ilmunya di tingkat nasional   100 %

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4. Mengada-kan Loka-karya/ Seminar/ Diskusi bidang sesuai kompetensi bidang ilmunya di  Tingkat Internasional dalam Bahasa Inggris

1. Mahasiswa Memahami permasalahan dan isu-isu sesuai kompetensi bidang ilmunya di tingkat Internasional  dalam bahasa Inggris 30 %

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2. Mahasiswa Memahami permasalahan dan isu-isu sesuai kompetensi bidang ilmunya di tingkat Internasional  dalam bahasa Inggris 60 %

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3. Mahasiswa Memahami permasalahan dan isu-isu sesuai kompetensi bidang ilmunya di tingkat Internasional  dalam bahasa Inggris 80 %

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.Mengha-silkan sarjana  yang mampu bekerja dan berwi-rausaha sesuai dengan kompe-tensinya.

Tersedianya sarjana yang mampu bekerja dan berwirausa-ha sesuai dengan kompetensi-nya.

1.1.  Membekali mahasiswa untuk menguasai teori dan praktek bidang ilmu  secara mandiri dan kreatif sesuai kebutuhan masyarakat (stakeholder).

2. 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2. Melibatkan mahasiswa dalam pelak-sanaan program pengabdian kepada masyarakat bidang ilmu dalam upaya mengembang-kan jiwa kebangsaan di bidang  ilmunya

1. Mengada-kan Latihan Kewirausaha an bagi Mahasiswa

 

1. Mahasiswa  memahami kewirausahaan  50%

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2. Mahasiswa  memahami kewirausahaan  75%

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3. Mahasiswa  memahami kewirausahaan  100%

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2. Mengada-kan praktek kerja lapang bekerjasama dengan perusahaan swasta, BUMN dan instansi terkait.

1. Mahasiswa  mampu melaksanakan praktek kerja lapang di tempat kerja 40%

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2. Mahasiswa  mampu melaksanakan praktek kerja lapang di tempat kerja 75%

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3. Mahasiswa  mampu melaksanakan praktek kerja lapang di tempat kerja 100%

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1. Mengikuti Kerjasama Pengabdian Kepada Masyarakat

1. Mahasiswa Mampu Bekerjasama dalam Pengabdian Kepada Masyarakat  50 %

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.  Mahasiswa Mampu Bekerjasama dalam Pengabdian Kepada Masyarakat 75 %

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3. Mahasiswa Mampu Bekerjasama dalam Pengabdian Kepada Masyarakat 100 %

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.Terben-tuknya pusat penelitian di bidang ilmunya sesuai dengan kearifan lokal dan berjiwa kebangsa-an

Menghasil-kan Peneli-tian di bidang  ilmunya sesuai dengan kearifan lokal dan berjiwa kebangsaan

Melaksanakan kegiatan penelitian dan pengembangan secara inovatif, kreatif dan unggul di bidang ilmunya untuk kepentingan masyarakat.

1. Mengikuti Pelatihan Pembuatan Proposal Penelitian yang diadakan oleh Kopertis

1. Dosen Mampu melakukan Penulisan Ilmiah Bidang Penelitian di tingkat Nasional  30 %

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.Dosen Mampu melakukan Penulisan Ilmiah Bidang Penelitian di tingkat Nasional  75 %

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3. Dosen Mampu melakukan Penulisan Ilmiah Bidang Penelitian di tingkat Nasional  100 %

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2. Mengikuti Kerjasama Penelitian dengan Program Studi Sejenis

1. Dosen Mampu Bekerjasama dalam melaksanakan Penelitian dengan Prodi sejenis  50 %

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2. Dosen Mampu Bekerjasama dalam melaksanakan Penelitian dengan Prodi Sejenis  75 %

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3. Dosen Mampu Bekerjasama dalam melaksanakan Penelitian dengan Prodi Sejenis 100 %

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.Mengada-kan Pelatihan dan Seminar Kebangsaan

1. Dosen dan Mahasiswa mampu Memahami dan menerapkan Nilai-nilai luhur kebangsaan  50 %

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2. Dosen dan Mahasiswa mampu Memahami dan menerapkan Nilai-nilai luhur kebangsaan  75 %

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3. Dosen dan Mahasiswa mampu Memahami dan menerapkan Nilai-nilai luhur kebangsaan  100 %

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rapat Tim Visi dan Misi

FGD Dosen, Alumni, dan Mahasiswa

 

FGD dengan Asosiasi

Rapat Pleno tentang visi dan misi

Gambar 1.3. Kegiatan Rapat dan FGD

 

 LAMPIRAN :

 

 

 

Add comment


Security code
Refresh